Honda Perkenalkan Mobil Baru Pekan Depan, Sinyal Kuat BR-V Terbaru

18/09/2021

Mobil baru

4 menit

Melalui berbagai akun media sosialnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan perkenalan mobil baru yang disinyalir sebagai Honda BR-V terbaru pekan depan.

Teka-teki peluncuran Honda BR-V terbaru yang saat ini masih dinamakan N7X Concept sepertinya mulai menemukan titik terang. HPM baru saja mengumumkan jadwal Digital World Premiere mobil baru mereka pada 21 September 2021.

Jika melihat linimasanya, ada kemungkinan besar bahwa mobil tersebut adalah BR-V terbaru yang namanya sudah terdaftar di NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Jakarta.

"Honda sebagai salah satu produsen mobil di dunia terus melakukan inovasi dan mengembangkan teknologi terdepan pada semua barisan mobil yang dimiliki. Pada tahun 2021 ini, kami kembali bersiap meluncurkan mobil terbaru untuk melengkapi portofolio beragam segmen kendaraan Honda," tulis Honda dalam undangan yang dibagikan kepada awak media.

Gambar Lampu N7X

Dari foto yang dibagikan @hondaisme di Instagram, kami bisa melihat siluet lampu DRL milik N7X Concept

Dugaan kami diperkuat saat melihat siluet bodi SUV dan lampu Daytime Running Light N7X yang dibagikan oleh Honda dalam berbagai media sosialnya.

>>> Selain N7X Concept, 3 Mobil Konsep Honda Ini Juga Diluncurkan di Indonesia

Direncanakan Untuk Diluncurkan di GIIAS

Memang HPM tak pernah bicara secara langsung mengenai mobil apa yang akan mereka perkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Namun, mereka kerap memberi 'kode' pada awak media dalam setiap konferensi pers yang diadakan.

"Di GIIAS, kami prioritaskan (meluncurkan) produk terbaru. Tetapi, kami tidak membicarakan produk tertentu. Dulu saya pernah bicara kita saksikan saja di GIIAS, akan ada new excitement. Jadi kami tetap mendukung penyelenggaraan GIIAS meski diundur," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM dalam salah satu konferensi pers virtual.

Gambar Honda N7X

Para konsumen sudah 'berkenalan' dengan sang calon mobil baru melalui ajang Roadshow yang dilakukan HPM

Yusak terus menerus mengulang kata 'New Excitement' dari beberapa konferensi pers virtual yang kami ikuti. Bahkan, di akhir jawaban, ia menyebut bahwa kata tersebut merupakan sebuah petunjuk.

Jika menilik nama N7X sebagai sebuah SUV 7-seater, kami berasumsi bahwa nama tersebut adalah singkatan dari New 7-Seater eXcitement. Bisa jadi, kata tersebut memang ditujukan pada peluncuran mobil ini di GIIAS.

Namun, dengan belum adanya kepastian mengenai penyelenggaraan pameran otomotif tersebut, nampaknya HPM mengambil inisiatif untuk meluncurkan calon kuat Honda BR-V terbaru itu.

>>> Seberapa Jauh Honda N7X Concept Bakal Diterjemahkan ke All New BR-V?

Apa Yang Bisa Diharapkan Dari BR-V Terbaru?

Berkaca pada pengalaman kami, mobil-mobil konsep yang diperkenalkan Honda sebenarnya sangat mendekati versi produksi. Lihat saja Honda Small RS Concept yang akhirnya menjadi versi facelift Honda Brio RS, dengan beberapa pengurangan elemen desain dari versi konsepnya.

Anda bisa berharap bahwa BR-V baru hadir dengan dimensi yang lebih besar dari pendahulunya untuk mengalahkan rival-rival sekelasnya. Sebagai informasi, dummy N7X concept memiliki  panjang 4.520 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.750 mm.

Jika dibandingkan dengan BR-V sebelumnya yang memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm, Anda bisa melihat adanya kenaikan yang cukup signifikan.

Gambar Honda N7X

Dimensi yang lebih besar akan jadi senjata pamungkas Honda BR-V terbaru dibanding para rival

Melalui laman NJKB yang terdaftar, kami berasumsi bahwa tipe tertinggi dari mobil ini akan dibekali dengan fitur keselamatan canggih, Honda Sensing.

Saat diluncurkan, BR-V baru akan langsung disambut oleh rival-rival seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander Cross, dan Suzuki XL7 di segmen Low SUV.

Soal harga, jika berpatokan dengan NJKB dan pajak yang diberikan, kami memprediksi bahwa mobil ini akan ditawarkan pada harga Rp 240 juta hingga Rp 270 juta. Daripada berspekulasi, mari kita tunggu saja kedatangannya pekan depan.

>>> Harga Honda N7X saat Diluncurkan Bakal Lebih Murah Dari BR-V?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top