Honda NSX Type R dan Convertible Dikabarkan Launching 2021

16/09/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Honda NSX Type R dan Convertible Dikabarkan Launching 2021
Honda dikabarkan tengah menyiapkan dua buah varian baru untuk supercar NSX, yakni varian performa Type R dan model Convertible. Keduanya dikabarkan akan hadir Oktober 2021 nanti.

Sejak generasi kedua diperkenalkan tahun 2016, Honda NSX Type R menjadi salah satu model yang paling dinantikan. Namun setelah empat tahun diluncurkan, sepertinya Honda siap meluncurkan varian Type R untuk sportscar jagoannya.

>>> Sejarah Honda NSX, Sportscar Jepang dengan cita rasa Italia

Hadir 2021, tenaga naik 70 HP

Menurut majalah asal Jepang, Best Car, Honda NSX Type R akan debut pada Oktober 2021 dengan kombinasi powertrain V6 3.5L twin-turbo dengan tiga buah motor SH-AWD yang diupgrade performanya.

Honda NSX generasi kedua berkode NC

NSX Type R akan lebih bertenaga 70 HP dibandingkan varian normal

Rumornya, tenaga mesin meningkat sekitar 68 HP dari yang sebelumnya 573 HP menjadi 641 HP. Selain itu, torsi mobil juga naik dari angka standar 645 Nm. Namun, belum diketahui besarannya, berapa, kemungkinan 700 Nm.

Selain powertrain, NSX Type R juga akan mendapatkan upgrade lain yang tak kalah pentingnya. Kemungkinan akan sama seperti NSX-R dari gen 1 yang bobotnya dikurangi sampai 120 kg. Penggunaan karbon fiber bisa jadi solusi pengunrangan bobot mobil, yang standarnya berada di 1.759 kg.

>>> Komparasi Tesla Model 3 VS Honda NSX, Adu Kencang Mobil Listrik Lawan Supercar Hybrid

Acura NSX yang dipakai untuk gelaran Pikes Peak

Honda NSX jadi mobil hybrid tercepat di Pikes Peak

Selain itu, desain bodykit yang lebih agresif juga bisa diterapkan, begitu juga dengan upgrade rem dan sasis untuk kemampuan menikung lebih mumpuni, meski semuanya baru spekulasi sampai saat ini.

Meski terdengar mustahil, bukan tidak mungkin Honda NSX Type R akan dimodifikasi layaknya NSX GT3 dengan layout Rear-wheel Drive dan tanpa teknologi hybrid. Konsep seperti ini juga bisa diterapkan dengan bobot mobil berkurang 485 kg tanpa powertrain elektrik.

>>> Honda NSX jadi mobil terkencang di Pikes Peak

NSX Convertible dari film Avengers akan diproduksi?

Masih ingat film Avengers tahun 2012? Saat itu, Tony Stark mengendarai sebuah Honda NSX concept model Spyder. Memang, itu cuma modifikasi dari NSX generasi pertama tahun 1991 dengan body prototype NSX NC1 yang rilis di North American International Auto Show 2015.

Mobil konsep Acura NSX Spyder

Mobil konsep NSX Spyder yang hadir di film Avengers tahun 2012

Namun, model tersebut setidaknya bisa jadi bayangan untuk Honda NSX Convertible yang kemungkinan dirilis bersamaan dengan NSX Type R. Di prototype ini, terlihat mobil menggunakan model Spyder, tapi kira-kira akan pakai konep apa ya nanti, soft-top, hard-top, atau targa?

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Minat Koleksi Mobil Pintu 2 Honda? Ini Pilihannya

12/09/2020

Jual beli

8 menit

Mobil pintu 2 entah mengapa lebih banyak diincar para kolektor dibanding mobil berpintu 4. Ini membuat mobil 2 pintu harganya juga lebih tinggi. Padahal beberapa produsen otomotif di Indonesia pernah memperkenalkan mobil-mobil berpintu 2, diantaranya Honda.

Lihat juga

Mesin Honda F1 Antar Albon Cicipi Podium Pertama Kalinya

15/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Mesin Honda F1 yang digunakan tim Aston Martin Red Bull Racing mengantar Alex Albon raih podium pertama kalinya pada seri balap Grand Prix Formula Satu Tuscany

Lihat juga

First Drive Honda Civic Turbo Sedan: Tak Hanya Kencang Sedan ini Juga Irit

12/09/2020

Mobil baru

7 menit

Pada kesempatan kali ini, Cintamobil.com melakukan First Drive Honda Civic Turbo Sedan, sebuah sedan kencang namun irit dan asyik diajak plesiran ke luar kota

Lihat juga

Tim Scuderia AlphaTauri yang Disokong Honda F1 Pakai HondaJet

11/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Salah satu tim balap Formula Satu yang disokong Honda F1 yakni Scuderia AlphaTauri gunakan HondaJet Elite sebagai alat transportasi udara untuk timnya

Lihat juga

Gandeng Gameloft, Honda Rilis Game Brio Virtual Drift Challenge

10/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Setelah sukses menyelenggarakan kejuaraan balap simulator, Honda melanjutkan pendekatan di dunia virtual dengan game Brio Virtual Drift Challenge yang menggandeng Gameloft.

Lihat juga