Honda N7X Siap Hadang Mitsubishi Xpander Cross Dan Toyota Rush

04/05/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Kemarin (3/5) Honda memperkenalkan Honda N7X yang jadi mobil konsep terbaru Honda, apakah ia akan jadi lawan tangguh Mitsubishi Xpander Cross dan Toyota Rush?

PT Honda Prospect Motor (HPM) kemarin (3/5) telah memperkenalkan ke publik mobil konsep terbaru mereka yakni Honda N7X. Honda N7X punya makna New 7-Seater eXcitement, yang berarti kendaraan 7 penumpang yang mampu mendatangkan kegembiraan, dan unsur fun bagi penggunanya. Honda Indonesia pun menyebut mobil ini akan berlaga di kelas LSUV (Low Sport Utility Vehicle), lantas apakah ia akan jadi lawan tangguh Mitsubishi Xpander Cross dan Toyota Rush?

Bukti Keseriusan Honda

Bisa dibilang, kehadiran Honda N7X ini merupakan bukti keseriusan Honda di Indonesia untuk segera menggempur pasar LSUV di Tanah Air. Menurut kami, tak lama lagi mobil ini akan segera dilepas ke pasar, sebab mobil berbentuk purwarupa yang kini mejeng di Dreams Cafe by Honda yang berlokasi di Lantai Dasar Mall Senayan Park, Jakarta ini sudah mendekati versi produksi.

Gambar Honda BR-V Concept 2015

BR-V generasi pertama konsepnya hadir tahun 2015

Anda ingat konsep Honda Mobilio yang dipajang di pameran tahun 2013 lantas mulai mengaspal setahun kemudian? Atau purwarupa Honda BR-V yang mejeng di tahun 2015 dan dijual tahun 2016? Tak cukup sampai disitu, ada juga Small RS Concept tahun 2018 awal yang akhirnya menjelma menjadi Honda All-new Brio di tahun yang sama. Tiga contoh mobil konsep tadi bisa menjadi indikasi bahwa Honda N7X akan segera mengaspal tak lama lagi.

Gambar Honda N7X Concept

N7X ini juga melibatkan ahli riset asal Indonesia

Apalagi Honda N7X ini diriset oleh Research and Development Honda Asia Pasific Co., Ltd, yang juga turut melibatkan periset asal Indonesia. “Riset di Indonesia, yang memiliki pasar besar. Maka ada potensi besar produk ini dipasarkan secara massal di Indonesia. Tunggu saja di GIIAS mendatang kami akan berikan excitement,” papar  Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor hari Senin (3/5/2021).

Gambar tampak samping Honda N7X

N7X akan bertarung di segmen LSUV

Pria yang akrab dipanggil Billy ini pun tak menampik, bahwa mobil konsep Honda N7X akan masuk di segmen LSUV (Low Sport Utility Vehicle). Dan tentunya bukan tanpa alasan bila Honda mengklaim bahwa sebelum merilis mobil SUV konsep itu pihaknya telah melakukan riset mendalam tentang bagaimana orang Indonesia menggunakan kendaraan. 

Bakal Jadi The Next Gen BR-V?

Honda N7X ini seperti Honda BR-V dan menurut kami juga cocok untuk menjadi generasi kedua dari Honda BR-V. Sebab ia mengadopsi keunggulan dari Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) untuk menciptakan mobil 7-seater yang lengkap untuk digunakan di berbagai kondisi jalan. Mobil ini pun diklaim menawarkan performa berkendara yang menyenangkan, N7X Concept memadukan kenyamanan premium dan kelapangan khas dari MPV dengan ketangguhan dan gaya sebuah SUV.

Gambar Honda N7X Concept

Mobil ini akan mendefinisikan ulang kenyamanan dan rasa fun dari sebuah kendaraan 7-seater

“N7X adalah mobil konsep kami tentang bagaimana seharusnya sebuah mobil 7-seater, yang tidak hanya menawarkan performa berkendara yang menyenangkan, tetapi juga ketenangan dan kenyaman sebuah mobil premium untuk seluruh penumpangnya,” papar Takehiro Watanabe selaku President Director HPM. Dalam presentasinya Watanabe San juga menjelaskan bahwa mobil ini akan mendefinisikan ulang kenyamanan dan rasa fun dari sebuah mobil 7 penumpang.

>>> Kenapa Sih Honda Mau Bikin Mobil 7 Penumpang Lagi untuk Orang Indonesia?

Pakai Mesin Apa?

Karena masih berupa mobil purwarupa, jelas bila belum ada informasi mesin apa yang akan digunakan oleh calon pesaing Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush, dan Suzuki XL7. Cintamobil.com prediksi ia akan menggendong mesin berkode L15ZF seperti yang ada di balik kap mesin Honda City Hatchback RS. Pada hatchback terbaru Honda tersebut mampu menelurkan ouput 121 PS yang bisa diraih pada putaran mesin 6.600 rpm serta torsi 145 NM di putaran mesin 4.300 rpm.

Foto mesin Honda L15ZF

Kemungkinan N7X akan menggendong mesin ini

Mesin ini punya dua noken as (Camshaft) yang bertugas untuk menggerakan keempat katup pada masing-masing pistonnya. Sehingga diharapkan dapat memasukkan udara dan BBM lebih banyak dibandingkan dengan sistem SOHC (Single Over Head Camshaft). Jika diasumsikan sistem elektroniknya sama, output tenaga dan torsi pada mesin ini bisa lebih besar bila dibandingkan dengan mesin lawas yang masih bersistem SOHC.

>>> Tampang Honda N7X Concept, Mobil yang Dikembangkan untuk Orang Indonesia

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top