Honda Insight 2019, Mobil Listrik Hybrid Generasi ke Tiga dari Honda

16/01/2018

Mobil baru
Share this post:
Honda Insight 2019, Mobil Listrik Hybrid Generasi ke Tiga dari Honda
Perlombaan mobil listrik dan hybrid sepertinya akan menjadi lebih riuh dengan munculnya mobil hybrid baru dari Honda. Honda Insight 2019 yang mengusung kendaraan hybrid bensin-listrik ini diperkenalkan pada North American International Auto Show di Detroit pada Senin lalu.

Honda menjadi produsen mobil pertama yang menjual mobil hybrid di Amerika pada tahun 1999 dengan Honda Insight. Meskipun, mobil sedan tersebut belum diakui sebagai pemimpin mobil hybrid sejak saat itu.

Honda Insight generasi pertama berwarna biru yang dikeluarkan pada 1999

Tampilan Honda Insight Generasi Pertama

Mobil pertama ini berbentuk peluru yang mengajarkan kombinasi bensin dan listrik dapat menghasilkan kombinasi ekonomi bahan bakar, kinerja dan kesenangan mengemudi yang belum pernah ditemui sebelumnya. Meskipun begitu, mobil sedan dua pintu ini tertutup oleh gemerlapnya Toyota Prius yang menjadi mobil dengan perkembangan paling pesat dan menjadi pemimpin dalam mobil hybrid dan keekonomisan bahan bakar.

Lalu, 19 tahun setelah itu, Honda akhirnya memperkenalkan Honda Insight 2019, kendaraan hybrid 5-kursi untuk menemani pejualan Accord dan Civic. Diperkenalkan pada IAS di Detroit sebagai prototype, Honda menjelaskan model produksinya akan segera dijual pada musim panas ini.

Mobil konsep Honda Insight 2019 yang diperkenalkan pada Detroit Auto Show 2018

Mobil Konsep Honda Insight 2019 yang lebih futuristik

Honda menawarkan efisiensi bahan bakar sampai 52mpg, rating yang cukup mengesankan meskipun masih berada di bawah Prius dengan 56mpg. Namun, hal ini tentu saja menjadi salah satu target Honda untuk memberikan kenyamanan berkendara sekaligus unsur glamor yang diberikan oleh Insight.

>>> Baca juga artikel mobil baru lainnya disini

Honda Insight melaju lebih banyak menggunakan listrik, dengan mesin bensin menyalakan generator untuk mengirimkan tenaga ke roda depan. Untuk lebih efisien, mesin bensin hanya terhubung pada roda insight sesekali, saat mobil melaju dengan kecepatan stabil di jalan raya dan sistem terkunci sehingga mengirimkan mesin ke roda depan.

Bagian interior Honda Insight 2019 yang lebih futuristik

Bagian interior Honda Insight 2019

Fitur yang tersedia pada mobil ini mencakup Cruise Control Adaptif, Lane Departure Warning dan Traffic Sign Recognition. Selain itu, bagian interior dipercantik dengan touchscreen 8 inci di bagian tengah, di atas shifter namun dibawah lubang dashboard. Touchscreen ini mengelola sistem navigasi, audio dan lainnya. Shifter adalah tombol yang sama yang digunakan oleh kendaraan Honda dan Acura.

Unuk bagian eksterior sendiri, mobil ini mempunyai bagian kap yang panjang serta dilengkapi dengan grill dan lampu LED rendah. Bagian baterai berada di bawah kursi belakang. Kursi tersebut terbelah 60/40 dan bisa dilipat untuk menambah ruang kargo.

Lihat juga first look dari Honda Insight pada gelaran Detroit Auto Show 2018

Ini adalah kali ketiga Honda menjual mobil dengan nama Insight. Generasi kedua adalah mobil sedan kompak empat pintu yang terlihat sedikit mirip dengan Prius yang diluncurkan pada 2009. Dipasarkan dengan klaim untuk menjadi mobil hybrid yang tidak terlalu mahal, mobil ini tidak terlalu sukses dipasaran. Semoga Insight 2019 ini bisa mengubah kutukan yang ada pada generasi sebelumnya.

>>> Baca juga berita mobil lainnya disini

Share this post: