Honda Indonesia Ungkap Alasan Tak Boyong Honda CR-V Hybrid Dan Diesel

20/02/2021

Mobil baru

5 menit

Honda Indonesia mengungkapkan alasan mengapa pihaknya sengaja tak memboyong Honda CR-V Hybrid & Diesel ke Indonesia, ternyata berkaitan dengan pasar dan teknis

Versi penyegaran dari Honda CR-V baru saja dirilis hari Rabu (18/2/2021) lalu. Seakan meneruskan tradisi sebelumnya yang selalu hadir dengan dua pilihan mesin, CR-V yang merupakan akronim dari Comfortable Runabout Vehicle ini hadir dalam dua varian mesin yakni 1.500 cc 4-silinder turbo dan 2.000 cc 4-silinder naturally aspirated. Lantas mengapa varian Honda CR-V Hybrid dan Diesel tidak masuk Indonesia? Honda Indonesia beberkan alasannya.

Permintaan Pasar Akan Mesin Turbo Bensin Tinggi

Foto emblem VTEC TURBO pada Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Permintaan mesin VTEC Turbo di CR-V tinggi jadi alasan CR-V Hybrid tak diboyong ke Indonesia

"Permintaan akan varian mesin turbo (bensin) masih tinggi," ujar Yusak Billy, selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) saat ditemui Cintamobil.com di kantornya di bilangan Sunter, Jakarta Pusat. Pria yang gemar berolahraga sepeda ini juga menambahkan, bahwa presentase penjualan Honda CR-V bermesin turbo mendominasi hingga presentase 80% di atas mesin non turbo.

Butuh Riset Mendalam

Foto Honda Brio RS Urbanite 2021

Langkah hati-hati Honda Indonesia di 2020 membuahkan hasil cemerlang, Brio jadi best selling car tahun lalu

"Lagipula kalau mau keluarkan varian (mesin) lain, kan harus riset mendalam (lagi), itu enggak bisa cepat dan kita tak boleh terburu-buru," tambah Yusak Billy yang akrab dipanggil Billy di kalangan media ini. "Lebih baik fokus ke produk yang sudah ada, contoh itu," kata Billy sambil menunjuk mobil Honda Brio yang bulan lalu berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia bulan Januari tahun 2021 ini dengan membukukan penjualan 3.840 unit.

>>> 10 Hal yang Membuat Honda Brio Satya Diminati Kawula Muda

Belum Lagi Soal BBM

Foto Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Honda CR-V Hybrid dan khususnya varian diesel butuh BBM berspesifikasi khusus

Itu baru soal riset yang harus memetakan pasar, karakteristik konsumen, hingga targetnya. Belum lagi soal BBM (Bahan Bakar Minyak) diesel yang belum sesuai dengan spesifikasi mesin-mesin diesel canggih racikan Honda. Contoh mesin diesel turbo yang digunakan Honda CR-V di Thailand yang mewajibkan solar rendah sulfur, agar injektor di masing-masing kepala pistonnya tidak lekas mampet.

Foto mesin L15B7 Honda di Honda CR-V Turbo Prestige 2021

Mesin L15B7 di CR-V terbukti bertenaga dan irit BBM

Hal ini kontras dengan mesin turbo gasoline berkode L15B7 yang digendong Honda CR-V yang dijual di Indonesia. Menurut insinyur Honda Jepang yang meracik mesin ini, bahkan mesin bensin turbo berpasokan bahan bakar PGM-FI (Progammable Fuel Injection) Direct Injection ini mampu bekerja bahkan dengan oktan rendah sekelas Premium yang punya RON (Research Octane Number) 88.

Foto Honda CR-V Turbo isi Premium

Kami sudah buktikan, mesin canggih ini aman tenggak premium...

Meski tekanan turbocharged di mesin ini mencapai 1,14 bar dan tergolong tinggi untuk sebuah mesin harian, namun diklaim mesin ini tetap mampu mengkonsumsi bensin beroktan rendah jika terpaksa. Tak asal menulis saja, kami pernah buktikan di Honda CR-V Turbo kami diisi Premium dan mobil tersebut masih berjalan normal hingga kini, meski hal tersebut tentu tak direkomendasikan sebab bisa bikin boros BBM dan komponen tidak awet dan berpotensi menggugurkan garansi.

>>> Begini rasanya nyetir CR-V versi 'Sedan'

Keunggulan Powertrain Honda CR-V Hybrid Dan Diesel

Gambar Honda HR-V Hybrid e:HEV 2021

Honda CR-V Hybrid punya beragam keunggulan

Powertrain Honda CR-V Hybrid adalah i-MMD 2.0 Liter Atkinson Cycle 16 katup DOHC dikombinasikan dengan motor listrik. Untuk motor listriknya sendiri diadopsi secara langsung dari Honda Accord Hybrid, kombinasi ini diklaim menjanjikan performa 40 persen lebih efisien. O ya, berkat teknologi i-MMD ini pula, mobil ini tak membutuhkan sambungan kopling untuk meneruskan tenaganya ke roda, tapi memanfaatkan motor listrik yang bekerja layaknya CVT.

Foto grafik Honda e:HEV Hybrid 2021

Honda CR-V Hybrid punya gabungan output tenaga 329 PS dan torsi 460 NM

Siklus Atkinson Cycle yang digunakan memungkinkan klep intake (in) membuka lebih lama daripada siklus Otto Cycle saat langkah kompresi. Jadi intinya campuran BBM dan udara yang keluar dari katup ini menjadi lebih sedikit. Sehingga pada mesin Atkinson Cycle jumlah campuran BBM dan udara yang terkompresi lebih minimal jadi lebih irit dan pas dengan karakter mesin hybrid yang efisien karena juga dibantu dengan motor listrik.

Gambar Honda N16 i-DTEC engine

Mesin diesel di Honda CR-V berteknologi tinggi

Sedangkan untuk Honda CR-V diesel menggunakan mesin berkode N16 two stage turbocharger dengan kapasitas bersih 1.597 cc. Mesin tanpa busi ini punya output tenaga 160 PS pada putaran mesin 4.000 rpm serta torsi 350 NM mulai rotasi mesin 2.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 9-percepatan. Mesin diesel ini punya teknologi 2 Stage Turbo dikombinasi katup variabel i-DTEC.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Honda CR-V terbaru?
Harga Honda CR-V terbaru mulai dari Rp 489.000.000,- untuk varian New Honda CR-V 2.0L, dan Rp 577.000.000,- untuk varian New Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige
Ada berapa pilihan warna di Honda CR-V terbaru?
Honda CR-V terbaru kini hanya tersedia dalam empat warna, yakni White Orchid Pearl, Lunar Silver Mettalic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl
Apakah Honda CR-V Hybrid dan Diesel akan masuk Indonesia?
Semua tergantung permintaan pasar dan hasil survey yang dilakukan oleh tim internal dan eksternal Honda Indonesia
Penulis
Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana
 
back to top