Honda Indonesia Tertarik Kelas SUV Murah, Sinyal Buat Honda ZR-V?

19/01/2021

Mobil baru

3 menit

Dengan ketertarikan Honda Indonesia untuk segera bermain di kelas SUV murah, akankah itu akan menjadi sebuah sinyal kehadiran Honda ZR-V di Tanah Air?

SUV murah sepertinya akan segera menjadi tren baru di Indonesia, sesuai prediksi kami pemain di kelas ini semakin banyak, baru-baru ini Nissan memperkenalkan Magnite untuk melawan Sonet yang hadir sebagai pionir, belum lagi beberapa bulan kedepan Toyota dan Daihatsu diprediksi akan 'melempar' Raize dan Rocky di pasar. Nah, sebenarnya Honda punya jagoan juga yakni Honda ZR-V, dan dikabarkan Honda Indonesia tertarik bermain di kelas ini.

Hasil Studi Positif

"Untuk LSUV (Low Sport Utility Vehicle) memang dari hasil studi kami, menyatakan ada pergerakan, tentunya kami akan menunggu timing yang tepat. Yang jelas kami akan memberikan produk yang benar-benar sesuai dengan kemuan konsumen, karakter konsumen (di kelas ini) menginginkan desain yang sporty," tukas ujar Yusak Billy, selaku Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Gambar dokumen rahasia Honda ZR-V

Honda akan benar-benar wujudkan ZR-V?

Pria dengan sapaan akrab Billy ini juga menambahkan, "Kami akan siapkan suatu produk yang benar-benar diinginkan konsumen, kami akan munculkan mobil dengan DNA yang sporty," tambah Billy saat acara Virtual Media Gathering Honda (Senin, 18/1/2021) yang Cintamobil.com ikuti. Sekadar informasi, Honda global kini sedang giat membuat adik dari ketiga model SUV andalan Honda tersebut, yakni Honda ZR-V. 

Alasan ZR-V Dikembangkan

Gambar rekaan Honda ZR-V

ZR-V didedikasikan untuk kawula muda

Ada alasan khusus mengapa Honda mengambil nomenklatur ZR-V yang huruf paling depannya diambil dari generasi Z, atau dengan kata lain SUV kompak ini memang disiapkan untuk menggaet konsumen millenial. Maklum, semakin kesini umur pembeli mobil jadi semakin muda. Honda secara resmi sudah mendaftarkan paten nama untuk Honda ZR-V tepat pada tanggal 17 April 2020 lalu.

>>> Prediksi kami, tahun 2021 ini adalah tahunnya SUV murah

Tren SUV dan crossover yang permintaanya masih meningkat membuat Honda ingin ikut ambil bagian.Honda sendiri sebenarnya sudah mempunyai crossover berbasis Honda Jazz yang bernama Honda WR-V. Namun disinyalir Honda Motor Corporation menilai model tersebut belum tentu cocok untuk semua negara, maka pabrikan asal negeri matahari terbit ini merancang Honda ZR-V.

Gambar Honda Amaze

ZR-V dikabarkan dikembangkan dari Amaze

Menurut analisis dari rekan satu grup kami yakni IndianAutosBlog, SUV kecil ini akan menggunakan platform dari sedan kompak Honda yang dipasarkan di beberapa negara yakni Honda Amaze. Honda Amaze merupakan sedan kecil yang berbasis dari Honda Brio. Sedan kompak ini juga kaya akan teknologi dan terobosan. Sebab, ia merupakan satu-satunya sedan mini buatan Jepang yang telah dilengkapi dengan mesin diesel turbocharger berkapasitas kecil dengan transmisi otomatis CVT.

>>> SUV Honda ini sangat digemari dan punya performa gahar

Pertanyaan Sering Diajukan

Siapa rival Honda ZR-V?
Rival Honda ZR-V adalah Daihatsu Rocky, Toyota Raize, KIA Sonet, dan Nissan Magnite
Berapa harga Honda ZR-V?
Diprediksi harga jual Honda HR-V tidak sampai Rp 350 juta
Apa mesin Honda ZR-V?
Diprediksi Honda ZR-V mengusung mesin berteknologi baru Honda yakni Sport Hybrid e:HEV
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top