Honda Civic Type R 2022 Jadi Edisi Pamungkas Bermesin Bensin

12/01/2021

Mobil baru

5 menit

Honda Civic Type R 2022 Jadi Edisi Pamungkas Bermesin Bensin
Honda sudah memutuskan jika mulai 2022 mereka akan mengganti semua lini produknya jadi mobil hybrid atau kendaraan listrik. Dan Honda Civic Type R generasi berikutnya disebut-sebut akan jadi model Honda terakhir yang pakai mesin bakar murni.

Disaat pabrikan mobil sport lain mulai bergeser dengan memproduksi mobil hybrid atau full elektrik, maka Honda memutuskan yang sebaliknya. Mobil sport legendaris mereka, Civic Type R dipastikan tetap tak akan berubah jadi mobil hybrid atau EV (Electric Vehicle).

Dikutip dari Autocar, Selasa (12/01/2021) jika mereka telah mendapat konfirmasi jika Honda Civic Type R generasi berikutnya tetap akan memakai mesin bensin berteknologi turbo. Namun Civic Type R ini direncanakan bakal diproduksi di Amerika Serkat (AS) menyusul ditutupnya pabrik Honda di Swindon, Inggris akhir tahun lalu.

>>> Honda Siapkan Varian Type R dari Honda E? Bisa Jadi

Akan Jadi Mobil Bermesin Bakar Terakhir Honda

Honda Civic Type R engine

Mulai 2022 seluruh model Honda akan berubah jadi hybrid atau EV

Dibangun berdasarkan Honda Civic generasi ke-11, Civic Type R berikutnya akan mulai diproduksi tahun 2022. Meskipun tetap akan memakai mesin bensin, namun Civic Type R terbaru nantinya akan menjadi mobil bertenaga mesin bakar murni terakhir dari pabrikan Jepang itu.

Karena Honda sudah berjanji jika mereka akan membuat semua lini produknya menggunakan mesin hybrid atau elektrik mulai 2025. Namun karena kondisi global yang terjadi, perusahaan berlogo "H" itu memutuskan untuk memajukan rencana tersebut menjadi start di tahun 2022.

>>> 13 Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Indonesia yang Sudah Bisa Dibeli

Akan Pakai Sistem AWD dan Tenaganya Jadi 400 Hp

Honda Civic Type R 2022 rendering

Rendering Civic Type R generasi berikutnya

>>> Review Honda Civic FD 2006, Salah Satu Generasi Terbaik Civic Berdesain Timeless

Masih dari sumber yang sama, Honda dipastikan akan memasukkan banyak teknologi baru di Civic Type R 2022. Antara lain melakukan peningkatan setingan turbo dan sistem injeksi pada mesin 2.000 cc Turbocharged milik Civic Type R. Fokus pengerjaannya adalah bagaimana untuk bisa semakin menaikkan tenaga mobil tersebut namun sekaligus juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakarnya.

Yang menarik, kabarnya Honda Civic Type R 2022 akan menggunakan sistem penggerak roda All-Wheel Drive (AWD) dan mengalami peningkatan tenaga mesin hingga menjadi 400 hp. Untuk mencapai kondisi tersebut, maka mobil juga mendapatkan suspensi depan baru, komponen limited-slip differential baru yang lebih advance, sistem suspensi belakang multi-link baru, dan adaptive damping baru guna meningkatkan pengendalian.

Dari sisi ekstetika, Civic Type R nantinya akan berwujud menyerupai Civic Sedan generasi ke-11 yang pernah diperkenalkan Honda. Tetapi tentunya ada banyak komponen aerokit yang menempel di mobil ini termasuk pemasangan sayap belakang. Sementara pada bagian interiornya akan lebih sedikit tombol yang muncul. Ini karena semua digeser pada pengaturan headunit touch screen dengan layar yang akan lebih lebar dari Civic Type R saat ini.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top