Honda Civic Type OveRland: Ketika Honda Civic Type R FK8 Disulap Menjadi Mobil Reli

28/05/2019
Honda Civic Type R FK8 kini memiliki kaki-kaki lebih jenjang sekaligus bodi lebih lebar layaknya mobil reli dan dinamakan Honda Civic Type OveRland

Melihat Honda Civic Type R FK8 sedang digeber di sirkuit mungkin bukan sesuatu yang aneh bukan? Namun bagaimana jika Honda Civic Type R generasi terbaru ini terlihat sedang melompat panjang atau menikung tajam di lintasan gravel? tentu sangat menarik, terlebih tampilan sports sedan tersebut terlihat lebih garang dengan modifikasi ala mobil reli. Memang, ide untuk membawa Honda Civic Type R FK8 ke arena reli bukanlah hal yang baru, namun proyek hasil kolaborasi Honda UK dan workshop spesialis mobil reli asal Inggris Ralph Hosier Engineering (RHEL) ini patut diacungi jempol.

Foto Honda Civic Type OveRland tampak depan

Suspensi Honda Civic Type OveRland lebih panjang 4 inci dan lebih lebar dari milik Honda Civic Type R FK8

>>> Simak Juga:

Proyek yang dinamakan Honda Civic Type OveRland ini memang fokus untuk mengupgrade kemampuan Honda Civic Type R FK8 agar memiliki kemampuan layaknya sebuah mobil reli. Beberapa modifikasi pun dilakukan oleh RHEL. Fokus modifikasi adalah pada bagian suspensi Honda Civic type R FK8, yang dibuat lebih tinggi lewat penggunaan lift kit berupa satu set arm dan link suspensi depan serta belakang plus penggunaan dual-strut suspension yang kini menggunakan material baja yang lebih kuat. Hasilnya, jarak main atau travel suspensi Honda Civic Type OveRland melar hingga 4 inci. Selain itu, suspensi juga lebih lebih lebar dari spesifikasi standarnya. Sebuah modal berharga untuk menjaga traksi mobil ketika bermanuver di lintasan gravel.

Foto Honda Civic Type OveRland dari samping

Honda Civic Type OveRland hanya ditawarkan dalam satu pilihan warna, yakni Championship White khas Honda

Untuk mengimbangi suspensi Honda Civic Type OveRland yang kini lebih lebar tinggi dan lebar, RHEL juga memasangkan overfender untuk mengakomodasi keempat pelek custom berukuran 18 inci yang dibalut ban BF Goodrich berprofil 255/55R18 bisa bergerak dengan bebas ketika sedang bermanuver. Selain itu, kap bagasi belakang dilepas demi memberikan ruang pada sepasang ban cadangan untuk dipasangkan pada bagasi yang dipasangkan secara vertikal. Penempatan ban cadangan ini juga diramu sedemikan rupa untuk memberikan distribusi bobot yang ideal. Tak hanya itu, RHEL juga memberikan air scoop dan air splitter berukuran besar pada bagian atap, kap mesin dan fender depan.

>>> Info menarik: Ingin membeli mobil baru untuk kegiatan mudik? Simak harga selengkapnya

Foto penempatan ban cadangan di bagasi Honda Civic Type OveRland

Penempatan kedua ban cadangan secara vertikal pada bagasi Honda Civic Type OveRland demi distribusi bobot lebih optimal

Pada bagian mesin, tak ada ubahan berarti yang dilakukan oleh RHEL dan tetap menghasilkan tenaga sebesar 306 hp dan torsi 400 Nm plus penggerak roda depan yang tetap dipertahankan. Namun RHEL melakukan penguatan pada girboks manual 6 percepatan bawaan Honda Civic type R FK8. Sosok sangar dari Honda Civic Type OveRland mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin tampil beda dengan konsep modifikasi ala mobil reli.

>>> Artikel berita dunia otomotif lainnya di Cintamobil.com

Pratomo FJ

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain