Honda Civic 2020 Diperkenalkan di Tokyo Auto Salon

10/01/2020

Mobil baru

4 menit

Honda Civic 2020 Diperkenalkan di Tokyo Auto Salon
Mengawali tahun, Honda melakukan pembaruan terhadap line-up Honda Civic 2020 dengan membawa tiga varian sedan ikonik tersebut ke ajang Tokyo Auto Salon. Seperti apa detailnya? Simak berita berikut ini.

Tak ingin berlama-lama, Honda langsung melakukan penyegaran line-up Honda Civic 2020 dengan membawa model sedan, hatchback, serta varian performa Type-R ke Tokyo Auto Salon yang merupakan pameran otomotif bertaraf internasional pertama di tahun 2020.

Ubahan Honda Civic 2020 sedan dan hatchback dibandingkan model pre-facelift tidak terlalu signifikan, paling hanya perubahan interior seperti bumper depan dan belakang, pelek, serta hadirnya sunroof sebagai optional. Hal menarik pada facelift ini adalah hadirnya sistem cerdas Honda Sensing yang lebih dulu disematkan di sedan premium Accord, yang kini jadi standar di Civic.

Honda Civic Type-R 2020 yang mendapat pilihan warna baru Boost Blue

Pada varian facelift, Honda Civic Type-R mendapat warna baru Boost Blue

>>> Jenson Button antar Civic Type-R rajai Bathurst

Selain line-up Honda Civic 2020, varian kencang Civic Type-R 2020 juga memulai debutnya di Tokyo Auto Salon. Merupakan varian facelift dari generasi FK8 yang diperkenalkan 2017 lalu, beberapa ubahan didapatkan Type-R baru untuk meningkatkan kehandalannya, mulai dari aerodinamika, sistem pendingin mesin, sasis, pengereman, sampai penambahan sistem berkendara cerdas Honda Sensing.

Dimulai dari sistem pengereman, Honda Civic Type-R 2020 mendapatkan rotor dan brake pads baru yang didesain khusus untuk meningkatkan performa pengereman, terutama saat kecepatan tinggi. Beralih ke sisi suspensi, damper baru disisipkan untuk meningkatkan kenyamanan, perpaduan bushing belakang yang dibuat lebih kaku serta modifikasi suspensi depan membuat feeling serta grip diklaim lebih baik ketika berkendara.

>>> Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019, Ubahan Minim Beda Harga Rp 10 Jutaan, Worth To Buy?

Di balik kap, Honda Civic Type-R 2020 masih menggunakan mesin VTEC 2.000cc turbo yang menghasilkan tenaga puncak 306 HP dan 400 Nm, dan dihubungkan ke kedua roda depan melalui transmisi manual 6-percepatan close ratio dengan tambahan limited slip differential.

Sama seperti sebelumnya, pengemudi dapat memilih tiga mode berkendara di Civic Type-R 2020, comfort, sport, dan +R. Mode berkendara tersebut mempengaruhi kekerasan suspensi, pengemudian, dan respon gas. Fitur baru pada model ini adalah Active Sound Control, yang dapat mengubah keheningan interior pada mode berkendara yang dipilih.

>>> Ada mobil baru apa saja di 2020 ini? Temukan jawabannya di sini

Beralih ke eksterior, ubahan paling kentara dari Honda Civic Type-R 2020 adalah desain grill depan yang dibuat lebih besar untuk meningkatkan aliran angin yang masuk ke dalam sistem pendingin. Anda juga mendapatkan warna baru dan hanya tersedia untuk Type-R, yakni Boost Blue. Masuk ke dalam, aura sporty khas Type-R diperkuat dengan pemakaian material Alcantara pada setir dan desain shifter baru yang dibuat lebih pendek layaknya mobil balap.

Line-up Honda Civic 2020, sedan dan hatchback

Honda Civic untuk pasar Indonesia sudah mendapatkan facelift

Berbeda dari line-up Civic Facelift yang sudah dijual, bahkan sudah beredar di Indonesia sejak 2019 lalu. Civic Type-R 2020 mulai mengaspal bulan Mei nanti.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top