Honda City Hatchback Dipakai Balap di Thailand, Seperti ini Tampilannya

12/04/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Penasaran dengan sosok City Hatchback balap yang akan ngaspal di Sentul tahun depan? Mungkin prototype mobil balap milik Honda Thailand ini bisa jadi referensi.

Baru saja diperkenalkan ke publik Indonesia beberapa saat lalu, Honda City Hatchback belum mengaspal di Sirkuit Sentul tahun ini. Honda Racing Indonesia masih akan mengandalkan Jazz, yang mungkin jadi musim terakhirnya.

Masih dalam pengembangan, mungkin kita langsung menerka bagaimana tampilan Honda City Hatchback balap spesifikasi ITCR yang akan mengaspal tahun depan. Tapi sebagai referensi, model ini bisa dijadikan preview armada terbaru HRI tahun depan.

>>> Ini Alasan HRI Tetap Andalkan Jazz Ketimbang Honda City Hatchback

Dipakai one-make race di Thailand

Di Thailand, City Hatchback balap akan memulai debutnya tahun ini. Honda Thailand menurunkan hatchback terbarunya dengan menghadirkan kejuaraan one-make race musim ini, dan jadi yang ketiga setelah Brio dan Jazz.

Tampilan belakang Honda City Hatchback balap

City Hatchback akan jadi model ketiga yang digelar one-make race setelah Jazz dan Brio

Selain livery balap, Honda City Hatchback ini akan memiliki bodykit custom, velg alloy Enkei yang dibalut ban Yokohama, tow hook buatan Sparco di depan dan belakang, serta rear spoiler belakang yang lebih besar.

Masuk ke dalam, hatchback balap terbaru Honda ini memangkas sebagian besar panel dan bagian interior untuk memangkas bobot mobil.  Mobil juga dipasangi roll-cage yang sudah sesuai dengan standar FIA, serta racing seat dan setir Sparco. Sementara itu, bagian instrument cluster konvensional digantikan oleh digital data logger yang ditaruh tepat di depannya.

Tampilan kokpit Honda City Hatchback

Selain girboks CVT, City Hatchback balap juga dilengkapi fitur seperti head unit dan USB

Menariknya, beberapa fitur kenyamanan masih dipertahankan City Hatchback balap ini. Mulai dari AC, port USB, sampai head unit layar sentuh. Mungkin bisa dipakai untuk mendengarkan lagu favorit saat kualifikasi? Bisa jadi.

>>> Dapat Diskon PPnBM Harga City Hatchback RS Di Bawah Rp 300 Juta

Mesin 1.0L turbo, pertahankan girboks CVT

Bagian paling menarik tentu membahas apa yang ada di balik kap mesin. Untuk versi Thailand, City Hatchback balap memakai mesin bawaan 1.0L turbo dengan modifikasi ECU. Meski tidak diketahui angka pastinya, namun akan lebih besar dari performa standarnya, yang berkisar di 120 HP dan torsi 173 Nm.

Menariknya, transmisi yang dipakai adalah CVT, bukan manual seperti mobil balap lain pada umumnya. Selain mesin, City Hatchback balap ini juga mendapatkan perombakan di sektor lain. Mulai dari transmission oil cooler, knalpot racing, damper kit dari Tein, dan rem cakram yang lebih baik.

Mesin Honda City hatchback balap

Untuk spesifikasi Indonesia, City Hatchback akan memakai mesin 1.500cc Naturally Aspirated

Lalu, bagaimana spesifikasi Honda City Hatchback balap milik HRI? Menarik untuk ditunggu, namun mesin yang dipakai jelas berbeda dari milik Thailand, di mana mesin DOHC L15B 1.500cc dengan teknologi i-VTEC akan jadi andalan.

Selain itu, City Hatchback Indonesia juga memiliki opsi girboks manual 6-percepatan, yang sepertinya akan jadi preferensi Honda Racing Indonesia untuk mobil balapnya musim depan.

>>> Berita mobil terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top