Cintamobil TV: Calon Mobil Idaman Kawula Muda, Honda City Hatchback RS 2021

28/04/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Honda City Hatchback 2021 disebut akan menggeser posisi Jazz. Mobil berdesain sporty ini mengusung konsep “Elevate Your Move”, untuk memberikan level baru dalam berkendara.

PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali meramaikan pasar hatchback dengan merilis City Hatchback RS (Road Sailing) 2021. Mengusung konsep “Elevate Your Move”, yang artinya memasuki level baru dalam berkendara, kendaraan ini digadang-gadang dapat menggeser takhta Honda Jazz sebagai mobil idaman kawula muda.

Honda City Hatchback RS menghadirkan segudang fitur unggulan, desain sporty terbukti dari lekuk bodi yang dinamis, kabin yang luas, serta mesin paling bertenaga di kelasnya. Harga yang ditawarkan juga lebih murah dibanding Jazz yakni Rp 289.000.000 untuk transmisi manual 6 percepatan, dan Rp 299.000.000 untuk transmisi CVT. 

Sebagai salah satu mobil yang paling dinanti-nantikan kemunculannya tahun ini, apa saja kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS 2021 yang harus Anda ketahui? Berikut informasi yang dirangkum oleh tim Cintamobil.com

Eksterior Honda City Hatchback RS

Salah satu kelebihan utama Honda City Hatchback RS terletak pada desain eksteriornya yang lebih sporty dan lebih disukai konsumen tanah air. Mobil ini memiliki dimensi  panjang 4.349 mm panjang, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm dengan jarak sumbu roda 2.600 mm. Honda City Hatchback RS mempertahankan bahasa desain “solid wing face” pada bagian depan dengan aksen hitam glossy yang menyambung ke samping.

Kap mesin pun dibuat lebih landai. Perihal lampu, mobil ini dibekali headlamp dengan Day Running Light yang full LED untuk meningkatkan mobilitas saat siang maupun malam hari. Ada pula foglamp yang juga full LED untuk menghasilkan pencahayaan maksimal saat berkendara di malam hari. Menariknya, grille dengan aksen honeycomb di bagian tengah yang memberikan kesan mewah pada mobil ini. 

tampak belakang honda city hatchback 2021

Honda City Hatchback hadirkan kesan sporty 

Beralih ke bagian samping. City Hatchback RS menghidupkan kembali ciri khas Honda, yaitu spion warna hitam yang menimbulkan aura vintage lengkap dengan tangkai. Velg Alloy-nya memiliki ukuran 16 inci berbalut ban 185/55 R16 serta antena shark fin, yang masing-masing juga berkelir hitam. Warna hitam ini memperkuat image sporty pada Honda City Hatchback RS terbaru. 

Untuk bagian belakang, komponen yang menjadi favorit adalah rear combination stoplamp bermodel 3 dimensi dengan LED light bars, aerokit eksklusif RS, dan desain bumper kekinian, menjadikannya berkelas layaknya mobil premium. Spoiler warna hitam di bagian atas juga sangat minimalis.

Perpaduan aerokit dan bumper mobil ini dikembangkan melalui pengujian pada terowongan angin agar menghasilkan tingkat aerodinamika yang lebih mumpuni. Sebagai informasi, mobil ini masih setia menggunakan rem tromol. Anda tidak perlu khawatir, meski terkesan lawas, kemampuan pengeremannya tetap kuat, tetapi prosesnya lebih halus, sehingga membuat penumpang lebih nyaman.

>>> Irit Dan Kencang, Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS 2021 Seirit Brio!

Interior Honda City Hatchback RS

Tampilan interior Honda City Hatchback RS banyak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan Honda Jazz. Tidak hanya memiliki desain dashboard yang lebih menarik dengan balutan warna hitam dan sedikit aksen merah, ruang kabinnya juga meningkat signifikan. Lingkar kemudi juga  memiliki kualitas yang lebih baik daripada sebelumnya. Selain keren secara visual, setirnya juga enak digenggam dengan ketebalan yang pas. Setir ini disempurnakan dengan pengaturan tilt dan jangkauan, sementara di baliknya terdapat paddle shift untuk mengatur tingkatan gigi di transmisi.

bagian kemudi hatchback city 2021

Bagian dalam pun menawarkan berbagai fitur menarik 

Pada dashboard, terpasang panel instrumen analog dan head unit layar sentuh ukuran 8 inci yang kini tampil cantik, terintegrasi, dan mudah untuk dioperasikan. Jika Anda tipe orang yang suka membawa banyak barang, jangan khawatir. Mobil ini menyediakan cukup banyak tempat penyimpanan dengan kualitas yang cukup baik di sekitar dashboard dan di bagian tengah.

Selain itu, ada pula cup holder yang terletak di bawah dashboard dan di door trim mobil. Untuk kenyamanan, posisi kursi depan dan kemudi bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, sangat akomodatif. Headroom yang tersisa cukup memadai jika posisi duduk diatur menjadi yang paling rendah.

tampilan interior city hatchback

Ada head unit 8.0 inci sebagai inti sistem hiburan

Ukuran dimensi yang sedikit lebih panjang dari Honda Jazz tentunya berpengaruh terhadap kelegaan kabin di baris kedua dan baris ketiga pada Honda City yang berkonsep flat floor. Joknya dilapisi material Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats yang memberikan kenyamanan pada penumpang. Ruang kaki dan ruang kepala cukup mumpuni untuk ukuran sedan kompak hatchback.  

Mobil ini juga dibekali dengan bagasi yang sangat lapang, terutama jika jok baris kedua dan ketiga dilipat menjadi rata lantai. Untuk sebuah hatchback, Anda tidak perlu bukaan otomatis. Bukaan bagasinya masih manual, tetapi ada sistem eleksteris pada mekanisme tuasnya. Sementara itu, di bagian bawah bagasi terdapat space untuk menyimpan ban cadangan utuh dan tool kit 

Fitur Honda City Hatchback RS

Honda City Hatchback RS memiliki segudang fitur terbaik di lini Honda yang bisa diperoleh dengan harga terjangkau.  Untuk fitur hiburan, pada head unit sudah tersedia konektivitas ke gadget/ponsel Anda melalui Apple CarPlay dan Android Auto. Kualitas suara juga semakin baik dengan adanya delapan speaker di bagian depan dan belakang kabin.

Untuk AC otomatis yang menampilkan Red Illumination, sistem pengoperasiannya sangat simple dengan knop yang bisa Anda diputar. Mobil ini dilengkapi dengan Smart Key with Keyless Entry yang memungkinkan Anda membuka dan mengunci pintu dengan memencet tombol pada remote kunci, serta Engine Start Stop Bottom untuk menghidupkan mesin mobil secara otomatis.

Tidak sampai di situ saja, Honda City Hatchback 2021 juga memiliki fitur Remote Engine Start untuk mengoperasikan berbagai fungsi mobil dari jarak jauh, termasuk mendinginkan kabin. Ada pula mode berkendara Econ untuk membantu Anda menghemat bahan bakar saat melakukan perjalanan.

Tak ketinggalan, terdapat fitur Cruise Control yang memungkinkan Anda melaju pada kecepatan stabil tanpa perlu menginjak pedal terus-terusan Selebihnya, ada fitur Rear Parking Sensor, Multi View Parkir Camera untuk mempermudah saat melakukan parkir, serta fitur Hands Free Telephone dengan Voice Recognition.

tampilan ban honda cityt

Ada velg 16 inci dengan tampilan sporty

Bicara soal fleksibilitas akomodasi barang, mobil ini juaranya karena dibekali dengan fitur Ultra Seat. Fitur ini memungkinkan bangku di baris kedua bisa dimaju-mundurkan, dilipat ke atas atau ke bawah guna memuat lebih banyak barang. Terdapat empat mode pada fitur Ultra Seat, yakni Refresh Mode, Tall Mode, Long Mode, dan Utility Mode.

Ada banyak sekali fitur-fitur keselamatan berstandar tinggi yang dimiliki oleh Honda City Hatchback 2021 ini. Seperti kendaraan Honda umumnya, mobil ini dibekali dengan Airbags 6 titik, (dua front SRS airbag, dua i-side airbag, dan dua side curtain airbag) serta G-force Control Technology + ACE yang dapat membantu memberikan perlindungan optimal dan meminimalisir dampak kecelakaan. Fitur keselamatan lainnya yang tersedia antara lain sistem pengereman Anti-lock Brake Distribution, Electronic Brake-Force Distribution, Brake Assist, Brake Override System, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Seatbelt Reminder, Emergency Stop Signal, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), Immobilizer, Alarm System, dan lain sebagainya.

Performa Mesin Honda City Hatchback RS

Selain fitur yang melimpah, performa Honda City Hatchback 2021 juga sangat bertenaga karena dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder segaris DOHC, 16 katup dengan teknologi i-VTEC + DBW. Mesin ini memiliki dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual 6-percepatan dan transmisi otomatis CVT. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut maksimal mencapai 120 Hp pada putaran 6.600 Rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada putaran 4.300 Rpm.

tombol untuk menyalakan mesin honda city

Engine Start Stop berfungsi untuk menyalakan mesin secara otomatis

Kekurangan Honda City Hatchback RS

Di balik semua kelebihan yang disuguhkan di atas, Honda City Hatchback 2021 masih tidak lepas dari kekurangan. Beberapa di antaranya adalah wiper belakang yang tidak memiliki penutup, begitu juga dengan mesinnya yang tampak sedikit berantakan tanpa cover.

Selain itu, panel instrumen di mobil ini tampil cantik tetapi masih mengusung mode analog, belum digital, sehingga terlihat lebih kuno ketimbang Jazz. Lalu, masih belum ada handrest di bagian tengah baris kedua untuk memberi kenyamanan yang lebih pada penumpang. Satu lagi, sayangnya mobil Honda City Hatchback 2021 yang diluncurkan di Indonesia hanya memiliki satu varian dari dua yang tersedia. Padahal, keberagaman varian bisa menjadi nilai tambah karena Anda bisa memilih yang sesuai bujet dan kebutuhan. 

Demikianlah informasi mengenai eksterior, interior, fitur serta kelebihan dan kekurangan yang ada pada Honda City Hatchback RS 2021. Dilihat dari desain dan beragam fitur yang dihadirkannya, mobil ini layak untuk menggeser takhta Honda Jazz sebagai mobil idaman para kawula muda. Kunjungi link ini apabila Anda tertarik untuk membeli mobil Honda City yang baru maupun bekas lainnya.

>>> Paket Bodykit Honda City Hatchback dari Siam

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top