Honda BR-V Terbaru Siap Meluncur di Indonesia?

03/05/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Honda BR-V terbaru dikabarkan akan meluncur di Indonesia hari ini? Benarkah demikian? Tunggu kepastiannya pada peluncuran yang digelar digital sore ini.

Satu lagi mobil baru bakal meluncur di Indonesia. Mobil itu bakal diboyong Honda dan peluncuran perdana dihelat di Indonesia. Hal tersebut terungkap dalam teaser yang disebar oleh laman instagram Honda Indonesia. 

Dalam unggahan tersebut Honda hanya menampilkan sedikit bagian depan berupa lampu, logo, dan juga grille yang dilapisi krom. Kemudian pada unggahan selanjutnya ditampilkan sisi belakang mobil berupa lampu yang tampak futuristik. Belum diketahui dengan pasti mobil apa yang bakal meluncur. Namun santer disebut ini adalah Honda BR-V terbaru

Mobil Honda

Bocoran tampilan belakang mobil yang diduga Honda BR-V terbaru

>>> Honda Mobilio dan BR-V Laris Manis Dijual Lewat Online

Honda BR-V Sudah Ditunggu Rival Baru

Honda BR-V terbaru memang cukup dinanti. Pasalnya, pembaruan yang dilakukan pada Honda BR-V pada tahun 2019 terbilang minim. Tentunya untuk bersiap menghadapi panasnya persaingan di segmen Low SUV bersama dengan para kompetitor, Honda BR-V harus tampil berbeda dan memenuhi keinginan orang Indonesia. 

Ditambah lagi persaingan di segmen Low SUV juga makin ketat. Belum lama ini Toyota dan Daihatsu kompak merilis Raize dan juga Rocky yang menyasar kaum milenial. Keduanya juga diprediksi akan membuat segmen Low SUV makin 'panas'.

Penjualan Honda BR-V di Indonesia memang tak terlalu cemerlang. Bahkan Honda rela memangkas produksi Honda BR-V agar bisa menggenjot ekspor dari Honda Brio. 

Sekadar informasi, berdasarkan data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda BR-V pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahun 2016. Di tahun pertamanya itu, penjualan Honda BR-V melejit bahkan sanggup membayangi HR-V, maupun Toyota Rush dan juga Daihatsu Terios. 

Honda BR-V Lebih Banyak Digunakan Konsumen Fleet Ketimbang Pribadi

BR-V terakhir dipoles tahun 2019

>>> Indonesia Jadi Negara Kedua Setelah Jepang yang Cicipi Toyota Raize

 

Penjualan BR-V Terus Merosot

Kemudian masuk tahun kedua, penjualannya langsung merosot menjadi 21.932 unit. Ini justru tak dialami oleh kompetitornya yang terbilang masih stabil dari sisi penjualan. Tren penurunan penjualan Honda BR-V terus berlanjut pada 2018. Tercatat distribusi BR-V hanya mencapai 7.741 unit. 

Tahun 2019 pun demikian. Meski tampilan BR-V dipermak nyatanya belum sanggup mendongkrak penjualannya. Tahun 2019 Honda hanya mampu mendistribusikan 4.058 unit BR-V ke seluruh jaringan dealernya di Tanah Air. 

Honda BR-V

Penjualannya kian merosot

Berlanjut ke tahun 2020, distribusi BR-V semasa pandemi pun ikut terjun bebas. Menembus angka 2.000 unit pun rasanya sulit. Tercatat hanya 1.468 unit BR-V yang terdistribusi semasa pandemi melanda Indonesia itu. 

Honda pun tak menampik bahwa BR-V memang memberikan kontribusi yang tak besar terhadap penjualan jenama asal Jepang tersebut secara keseluruhan. 

"BR-V banyak di fleet tapi konsumen private juga ada, jadi kita fokuskan insentif memudahkan konsumen untuk memiliki BR-V. Kontribusinya sih tidak terlalu besar ya 5%, kondisi normal bisa 500 unit ya sekarang di bawah 200 karena pandemi. Tapi growing terus sih ya," ungkap Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy kala itu. 

>>> Komunitas Honda BR-V Sumbang Fasilitas Cuci Tangan Di Dieng 

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top