Honda All New City Dapat Skor 5 Bintang saat Diuji Tabrak

31/03/2020

Mobil baru

5 menit

Honda All New City Dapat Skor 5 Bintang saat Diuji Tabrak
Rekan kami di Malaysia memberi kabar bahwa Honda All New City dapat skor 5 bintang di ASEAN NCAP. Skor total 86,54 poin diperoleh City dengan percaya diri

Honda All New City baru saja mendapat skor 5 bintang saat melakoni uji tabrak di ASEAN NCAP (New Car Assessment Program). Ini adalah penilaian ketiga yang dilakukan ASEAN NCAP pada model yang pertama dilakukan pada 2012 sedangkan yang kedua pada 2014.

Gambar menunjukkan Honda All New City 2020 di Thailand

Honda City terbaru pertama kali melenggang di Thailand

Kabar mengenai Honda City terbaru ini dapat skor 5 bintang di ASEAN NCAP tentunya adalah hasil yang luar biasa. Sedan ini mampu memperoleh skor keseluruhan 86,54 poin dan pantas dianugerahi Bintang 5 ASEAN NCAP. Hal tersebut didapat untuk setiap kategori yang dinilai dari akumulasi skor ini, Honda All New City menerima 44,83 poin untuk Dewasa.

Gambar menunjukkan Honda All New City Crash Test

All New Honda City dengan percaya diri mendapatkan total skor 86,54 poin

Kategori Adult Occupant Protection (AOP) diperoleh skor 22,82 poin dan untuk Child Occupant Protection (COP) sebanyak 18,89 poin. Untuk kategori Safety Assist Technologies (SATs) sedan kompak Honda ini memiliki standar empat airbag, Seatbelt Reminder System (SBR) untuk keduanya penumpang depan dan Electronic Stability Control (ESC) di semua tipe Honda All New City.

>>> Review All New Honda City 2020: Evolusi sebuah sedan perkotaan

Gambar menunjukkan Mesin P10A2 Honda All New City 2020

City terbaru ini menggendong mesin berkode P10A2 yang bertenaga dan efisien

Emergency Stop Signal juga tersedia di semua tipe Honda City yang saat ini dijual di Thailand. Meskipun demikian, semua teknologi yang ada pada sedan kompak ini sangat membantu keselamatan. Hal itu pula yang dinilai positif oleh ASEAN NCAP. Kabar baiknya semua fitur ini juga akan tersedia pada Honda City yang akan segera diluncurkan di beberapa negara di Asia Tenggara.

Gambar menunjukkan teknologi internal mesin Honda All New City

Mesin P10A2 All New City juga kaya akan pengembangan di sektor internal kendaraan

Selain itu, City terbaru  juga menawarkan teknologi Blind Spot Visualization (BSV) dalam varian yang nantinya akan tersedia di Asia Tenggara. Tak heran Honda City teranyar ini dapat skor 5 bintang di ASEAN NCAP dengan meyakinkan. Namun, pada beberapa negara tertentu BSV mungkin akan tersedia tapi sebagai perangkat opsional yang dipasang pada kendaraan.

>>> Perhatikan 4 Tips Modifikasi Honda Jazz yang Simpel dan Nyaman

TANGGAPAN PIHAK ASEAN NCAP

“Kami sangat senang memiliki mobil bintang 5 lainnya di jajaran kendaraan yang dinilai pada ASEAN NCAP. Meskipun City dinilai dua kali sebelum ini, kita dapat melihat ada peningkatan yang signifikan dalam sejumlah teknologi keselamatan yang ada dalam model baru ini sebagai pelengkap standar,” papar Siti Zaharah Ishak, selaku Direktur Jenderal MIROS dan Ketua ASEAN NCAP.

Gambar menunjukkan Honda All New City Thailand

All New City memiliki segudang fitur keselamatan aktif maupun pasif

Selain itu ia juga menambahkan bahwa ia merasa senang sebab selain teknologi yang ada di mobil ini dapat membantu keselamatan. Ia juga menilai beberapa fitur yang tersedia dalam Honda All New City yang diprediksi akan segera meluncur di Malaysia, juga terdapat fitur Emergency Stop Signal. Dengan adanya teknologi ini konsumen akan mendapat manfaat dalam mengurangi setiap tabrakan yang tidak diinginkan.

>>> Model Lama Masih Menggiurkan, Ini 5 Tips Membeli Honda City Modifikasi

Gambar menunjukkan Honda All New City Hatchback

Honda All New City nantinya juga akan jadi basis Honda Jazz terbaru

“Honda City terbaru telah tampil baik dan mendapat predikat bintang 5 yang konsisten sejak dinilai pada tahun 2012. Prasyarat ASEAN NCAP yang ditetapkan dalam penilaian 2014-2016 di mana varian yang dilengkapi dengan ESC dan SBR untuk kedua penumpang depan memenuhi syarat untuk mendapat peringkat 5-bintang di kategori AOP. Asalkan model tersebut berhasil mencetak bintang 5, model tersebut telah memberikan dampak signifikan terhadap pengembangan model yang akan datang. Honda telah melengkapi teknologi keselamatan pasif dan aktif yang penting ini pada model mereka. Sehingga membuat mobil mereka lebih aman untuk kepentingan pengguna jalan." terang Profesor (Ajun) Ir. Khairil Anwar Abu Kassim, selaku Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP.

Gambar menunjukkan launching All New Honda City di Thailand

All New City ini meneruskan hegemoni bintang 5 Honda di ASEAN NCAP

Sebagai informasi selama fase I penilaian ASEAN NCAP pada 2012, Honda City telah dianugerahi dengan peringkat 5-Bintang untuk AOP dengan skor 15,44 lebih dari 16,00 poin dan kepatuhan 81% untuk kategori COP. ASEAN NCAP kembali menilai City pada tahun 2014 di mana ia menerima dua peringkat (Bintang 4 dan Bintang 5) untuk AOP dengan skor 15,80 poin lebih dari 16,00 dan 4-Bintang untuk kategori COP dengan skor 83%.

>>> Modifikasi Honda City 2020 buatan NKGarage ini Tampil Agresif Dengan Balutan Carbon Fiber

INILAH HASIL ASEAN NCAP UNTUK HONDA CITY TERBARU

Gambar menunjukkan All New Honda City Crash Test

Keamanan Honda City baru ini tidak perlu diragukan lagi

Gambaran hasil ASEAN NCAP kedua untuk Q1 2020 adalah sebagai berikut: Honda City teranyar dengan mengesankan berhasil meraih 5-Bintang pada pengetesan ASEAN NCAP dengan skor keseluruhan 86,54 poin. Di bawah setiap kategori yang dinilai City menerima 44,83 poin untuk AOP, 22,82 poin untuk COP dan 18,89 poin untuk SAT.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang hot lainnya

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top