Honda Accord e:HEV 2021 Bersiap Masuk Indonesia?

20/08/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
PT Honda Prospect Motor (HPM) itu punya beberapa 'amunisi' anyar untuk meramaikan pasar mobil Tanah Air, apakah salah satunya Honda Accord e:HEV 2021?

Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. meluncurkan Honda Accord e:HEV 2021 yang juga tampil semakin mewah dan menghadirkan fitur Honda SENSING. Selain itu, New Honda Accord juga mengubah nama varian hybrid menjadi e:HEV. Seperti apa istimewa dan seberapa besar potensinya masuk Indonesia?

Ubahan Dan Tambah Fitur

Dari sisi eksterior, New Honda Accord menawarkan tampilan yang semakin premium melalui garis-garis tajam yang memadukan kemewahan dan sporty, sementara pada New Accord e:HEV disempurnakan dengan logo H dengan bingkai biru dan emblem e:HEV yang disematkan di bagian belakang.

Honda Accord e:HEV

Honda Accord e:HEV 2021 mau menyusul masuk Indonesia?

Pada sisi interior, New Honda Accord hadir dengan kabin yang luas dan kemewahan desain premium yang dilengkapi dengan Wireless Charger, Auto Dimming Rearview Mirror, Rear Door Window Sunshades, 2 Rear USB Ports, dan Honda CONNECT.

Pilihan Mesin Honda Accord e:HEV 2021

New Honda Accord mendapat 2 pilihan mesin, yaitu unit berkode L15B7 dengan konvigurasi 4-silinder 1.500 cc VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 190 PS dengan torsi maksimal 243 Nm. Mesin yang sama dapat Anda temukan di Honda New CR-V dan juga Honda Civic Turbo. Tim kami sudah membuktikan dengan cara test drive yang proper bahwa mesin ini (sangat) hemat namun tetap powerful.

Mesin Honda Accord Turbo 2021

Sementara pada varian e:HEV, New Honda Accord dibekali dengan mesin berkode LF-Series Hybrid i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive) berteknologi mutakhir. Karena mesin hybrid tersebut dukung oleh Sport Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Secara keluaran tenaga ia mampu menghasilkan tenaga 212 PS dan torsi (motor listrik) 315 NM dipadu dengan klaim kehematan bahan bakar hingga 24,4 kilometer per liter.

Panel instrumen Honda Accord e:HEV 2021

Panel instrumen Honda Accord e:HEV 2021

New Honda Accord juga hadir dengan mode berkendara Sport Drive Mode dan New Honda Accord E;hev menampilkan tiga mode berkendara yang dapat dipilih, EV Drive Mode, Hybrid Drive Mode, and Engine Drive Mode. Selain Honda SENSING, New Honda Accord juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih lainnya pada varian e:HEV, Cross Traffic Monitor (CTM), Multi-view Camera System (MVCS), dan Honda Smart Parking Assist System.

>>> First Drive Honda Accord Turbo 2021: Sedan Besar yang Fun To Drive

Keistimewaan Sistem i-MMD di Honda Accord e:HEV

Mesin dengan sistem i-MMD secara konstruksi mirip mesin L-series Honda lainnya yang naturally aspirated, namun dengan siklus pembakaran Atkinson Cycle. Siklus Atkinson Cycle yang digunakan memungkinkan klep intake (in) membuka lebih lama daripada siklus Otto Cycle saat langkah kompresi. Jadi intinya campuran BBM dan udara yang keluar dari katup ini menjadi lebih sedikit.

Mesin Honda Accord e:HEV 2021

Mesin canggih di balik kap mesin Honda Accord e:HEV 2021

Sehingga pada mesin Atkinson Cycle jumlah campuran BBM dan udara yang terkompresi lebih minimal jadi lebih irit dan pas dengan karakter mesin hybrid yang efisien karena juga dibantu dengan motor listrik. Lantas ia digabung dengan motor listrik plus transmisi khusus. Transmisi ini canggih, sebab sistem penerus daya i-MMD memungkinkan untuk tidak menggunakan belt maupun puli rasio apalagi gear konvensional untuk 'memindahkan gigi', tapi pakai motor listrik yang bekerja layaknya CVT.

Siap Menyusul Ke Indonesia?

Hingga artikel ini diturunkan, belum diputuskan apakah salah satu varian Honda Accord terbaru ini akan masuk Tanah Air. Honda tentunya punya pertimbangan tersendiri dan harus melewati beberapa survey dan studi sebelum meluncurkan suatu produk anyar. "Untuk semua fitur yang akan dikeluarkan dalam peluncuran produk baru, tentunya kami menggunakan beberapa studi," ungkap Yusak Billy selaku Business Innovation & Sales Marketing Director PT HPM kepada tim Cintamobil.com.

Tampilan belakang Honda Accord e:HEV 2021

Honda Accord e:HEV 2021 masuk setelah All-new BR-V dan Civic?

Ditambahkan oleh Billy sapaan akrab Yusak Bily, saat ini seluruh 'calon' produk baru Honda sedang dalam tahap survey untuk menentukan apakah fitur-fitur atau teknologi yang akan dipakai itu sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia atau tidak. "Jadi dapat dipastikan semua produk yang kami luncurkan itu sesuai dengan kebutuhan disini. Jadi kita tunggu saja nanti ya engine yang dipakai apa yah," tutup Billy yang juga gemar bersepeda ini.

>>> Triliuner Jeff Bezos Sehari-hari Cuma Naik Honda Accord

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top