Hindari Polusi, Prototipe Lightyear One Dapatkan Tenaga dari Sinar Matahari

27/06/2019

Mobil baru

2 menit

Hindari Polusi, Prototipe Lightyear One Dapatkan Tenaga dari Sinar Matahari
Mobil listrik disebut lebih baik dan ramah lingkungan dibandingkan kendaraan dengan bahan bakar fosil. Tapi kali ini, Lightyear One yang baru adalah mobil ramah lingkungan sesungguhnya. Pasalnya, mobil ini mengumpulkan daya untuk berlari hanya dari matahari.

Layaknya Superman yang membutuhkan matahari untuk kekuatannya, prototipe baru Lightyear One juga membutuhkan matahari untuk 'bertahan hidup'. Prototipe One mengungkapkan mobil bertenaga surya yang diprediksi mampu mengurangi polusi serta menekan pemakaian listrik. Dengan desain yang ramping dan ramah pengemudi. Mobil ini memiliki jangkauan hingga 725 kilometer hanya dengan sekali pengisian.

prototipe Lightyear One berwarna putih
Prototipe Lightyear One akan memasuki masa produksi tahun depan

>>> Mitsubishi Luncurkan Pajero Sport Black Series Dengan Bodi Warna Putih, Loh?

Lightyear adalah sebuah startup asal Belanda yang awalnya bernama Stella. Sejak memenangkan penghargaan Crunchie pada tahun 2015, mereka mengembangkan kendaraan Lightyear One yang saat ini diperkirakan siap memasuki masa produksi. Chruncie Award merupakan penghargaan industri yang diberikan dari 2007 hingga 2017 kepada perusahaan-perusahaan bawah Silicon Valley.

Lightyear menyebutkan bahwa mereka telah menjual “lebih dari seratus kendaraan”. Dipersiapkan untuk diproduksi pada tahun 2021 mendatang, pemesanan awal Lightyear One tersedia untuk 500 unit tambahan. Untuk mendapatkan mobil ini, Anda harus membayar € 119.000 (hampir Rp2 miliar) guna mendapatkan reservasi.

>>> Berita mobil baru terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Peluncuran pertama prototipe Lightyear One bertenaga surya

Tidak hanya menggunakan tenaga baterai dan tambahan sel solar pada atap, Lightyear One sepenuhnya memaksimalkan kinerja baterai yang lebih kecil untuk mengambil daya dari sinar matahari dengan sel surya seluas 1.6 m2 yang ditanam di kaca pengaman. Namun Anda tidak perlu takut, karena sistem kaca dibuat seaman mungkin dengan memperhatikan kenyamanan penumpang.

>>> Ingin membeli mobil? Dapatkan informasi mobil baru maupun bekas hanya di sini

Mobil ini juga dapat mengambil daya langsung dari outlet dan stasiun pengisian listrik untuk pengisian cepat. Karena dioptimalkan agar ringan dan hemat daya, One mampu berlayar 400 kilometer hanya dengan satu malam pengisian daya dari stasiun standar 230V di Eropa.

interior Lightyear One berwarna hitam 
Dari dalam, desain interior Lightyear One tampak ‘normal’

Lebih lanjut, Lightyear menyebutkan bahwa mobil harus dilengkapi dengan komponen listrik untuk meyakinkan pengendara yang cemas mengenai jarak tempuh kendaraan. Meskipun Lightyear One akan memasuki masa produksi dengan harga yang cukup mahal, mereka menegaskan bahwa ketika sudah banyak mobil diproduksi, Lightyear One akan dibuat lebih murah dan tersedia untuk khalayak umum.

>>> Informasi terbaru dan terlengkap pasar otomotif Indonesia dan dunia di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top