Hebat! Truk Listrik Ini Ngecas Lebih Cepat Dari Laptop

17/07/2021

Mobil baru

3 menit

Siapa kira ngecas truk listrik itu butuh waktu lama? Truk Mitsubishi Fuso eCanter ini ternyata bisa mengalahkan waktu pengisian daya peranti elektronik lainnya

Era kendaraan listrik memang sudah di depan mata, tak terkecuali dengan sepeda motor, mobil hingga truk listrik. Namun, sebenarnya masih ada momok tersendiri terhadap penggunaan kendaraan listrik. Selain charging station (tempat ngecas) yang masih terbatas, juga lama pengisian daya jadi masalah tersendiri.

Gambar Mitsubishi Fuso eCanter sedang dicas

Charging station masih terbatas jadi momok tersendiri

Tapi, zaman kini sudah berubah. Teknologi membuat lama pengisian daya lebih cepat. Siapa bilang ngecas truk bertenaga listrik itu butuh waktu lama? Truk Mitsubishi Fuso eCanter ini ternyata bisa mengalahkan waktu pengisian daya peranti elektronik lainnya!

Format Tantangan

Yes, truk lansiran Jepang ini 'menantang' peranti elektronik lainnya dalam hal kecepatan waktu pengisian daya. Terdapat tiga alat elektronik yang 'ditantang' adu cepat pengisian daya dalam waktu 90 menit.

Gambar truk listrik vs laptop

Mitsubishi eCanter melawan tiga peranti elektrik ini

Ketiga alat tersebut adalah alat cukur elektronik, sikat gigi elektronik, dan laptop sebagai peserta terakhir. Sebelum memulai tantangan, semua baterai dari ketiga kontestan ini dikosongkan terlebih dahulu kemudian diadu cepat melawan truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter.

Foto Mitsubishi Fuso eCanter

Mitsubishi Fuso eCanter pernah bersolek di Indonesia tahun lalu

Truk listrik yang juga sempat mampir ke Indonesia dan 'mejeng' di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 lalu ini dengan gagah berani menantang ketiga kontestan tersebut.

Gambar truk listrik vs laptop

Truk bertenaga elektrik ini melawan laptop

Pertama alat cukur elektronik yang kalah telak dengan truk listrik Mitsubishi ini, dalam waktu 90 menit baterai truk listrik yang ini terisi penuh. Sekadar informasi baterai dengan kapasitas total 82,8 kWh ini merupakan hasil kerja sama dengan Mercedes-Benz telah terisi penuh, sementara alat cukur elektronik baru terisi setengahnya.

Gambar truk listrilk vs laptop

Hasilnya, Fuso eCanter mampu unggul telak!

Begitu pula dengan kontestan kedua dan ketiga yakni sikat gigi elektronik dan laptop. Dengan mudah truk listrik ini melibasnya. Dalam waktu 90 menit keenam baterai truk yang disebar peletakannya tersebut telah terisi penuh. Hebat bukan?

>>> Drag Race Truk Yogyakarta Didominasi Mitsubishi FUSO Canter

Sekilas Tentang Powertrain Mitsubishi Fuso eCanter

Berdasarkan info yang dikumpulkan tim Cintamobil.com, diketahui bahwa motor listrik yang digunakan oleh Mitsubishi Fuso eCanter 2020 ini berjenis AC Synchronous Electric Motor. Tenaga yang dihasilkan oleh motor listrik ini adalah 135 KW atau setara dengan 180 Hp, serta torsinya 380 Nm.

Gambar motor listrik Mitsubishi Fuso eCanter

Truk ini pakai dinamo jenis AC Synchronous Electric Motor

Sedangkan kapasitas baterainya adalah 82,8 kWh yang tersebar pada 6 buah baterai pack pada di truk ini. Mitsubishi mengklaim 66 kWh-nya dapat digunakan untuk melajukan truk ini sejauh 100 kilometer dalam satu kali pengecasan.

Foto baterai Mitsubishi eCanter

Baterai disebar di enam titik untuk mendapat komposisi bobot yang pas

Energi dari baterai tersebut lantas dikirim ke motor listrik untuk menghasilkan tenaga. Tenaga dan torsi tersebut lalu tersalur ke inverter transmisi otomatis single gear reduction dan diteruskan via kopel ke roda belakang.

Foto ban dan velg Mitsubishi Fuso eCanter

Tenaga dan torsi disalurkan ke roda belakang

Meski tenaga dan torsi yang dihasilkan cukup besar, namun ada potensi panas akibat pemakaian yang harus dikontrol. Oleh sebab itu truk ini punya 3 buah radiator, 3 buah radiator ini masing-masing bertugas mendinginkan motor listrik, inverter, dan baterainya.

Gambar Mitsubishi Fuso eCanter

Truk ini sangat efisien, mau tahu lebih lanjut? Nantikan bahasan kami selanjutnya ya...

Jarak 100 kilometer itu didapat dari asumsi jika muatan terisi mencapai 75% dari rekomendasi pabrikan. Muatan maksimum truk ini adalah 4 ton berarti 75% nya sekitar 3 ton. Baterai yang digunakan oleh Fuso listrik ini berjenis Lithium-ion battery pack hasil kolaborasi dengan Mercedes-Benz. Baterai ini punya tegangan listrik 360 volt.

>>> Kupas Tuntas Teknologi Truk Listrik Mercedes-Benz eActros

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top