Hasil Tes Internal: Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Tembus 18 Kilometer Per Liter

30/04/2021

Mobil baru

3 menit

Hasil Tes Internal: Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Tembus 18 Kilometer Per Liter
Berdasarkan hasil tes internal tim research and development PT Astra Daihatsu Motor, didapat konsumsi BBM Daihatsu Rocky tembus 18 kilometer per liter

Daihatsu Rocky hadir untuk menjadi game changer di kelasnya. Ia datang ke pasar SUV kompak berharga terjangkau dengan fitur lengkap, pilihan mesin berturbo, dan bentuk eksterior yang menarik. Tak heran bila PT Astra Daihatsu Motor selaku agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia percaya diri dengan mobil ini. Tapi, tahukah Anda jika hasil tes internal mereka menunjukkan bahwa konsumsi BBM Daihatsu Rocky juga bisa diandalkan?

Konsumsi BBM Rocky

"Berdasarkan hasil tes internal tim research and development PT Astra Daihatsu Motor, konsumsi BBM mobil tersebut ada di angka 17 hingga 18 kilometer per liter," ucap Anjar Rosjadi, selaku Product Planning And Head, Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor. Sebagai informasi, angka tersebut adalah untuk Daihatsu Rocky yang menggunakan mesin berkode 1KR-VET dengan konvigurasi 3-silinder 1.000 cc Turbo.

Gambar launching Daihatsu Rocky

Rocky terbukti irit BBM saat tes internal, apakah ia bisa lebih irit lagi saat kami tes?

Lebih lanjut pria yang sehari-hari berkantor di bilangan Sunter, Jakarta Pusat ini juga menambahkan, "Angka tersebut didapatkan saat uji jalan di lalu lintas normal Indonesia," tambahnya. Seperti yang diketahui sebelumnya, beberapa bulan sebelum Daihatsu Rocky resmi launching pada hari ini (30/4), SUV mungil andalan geng Astra ini sempat terpergok oleh kamera netizen sedang dites jalan. Dan Tim Cintamobil.com pun sudah menjabarkan mengenai hal apa saja yang dites saat itu.

>>> Daihatsu Rocky Turbo Resmi Dijual Seharga Rp 210 Jutaan

Kenapa Konsumsi BBM Rocky Bisa Irit?

Bila mengintip mesin yang digunakan oleh Daihatsu Rocky, untuk unit yang berkode 1KR-VET tersebut, ternyata mampu menelurkan tenaga 97,9 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 15,2 Kgm atau sekitar 149 NM yang sudah mulai dikail sejak putaran mesin 2.400 hingga 4.000 rpm. Nah, torsi mesin yang tinggi dan didapat pada putaran rendah tersebut-lah yang banyak membantu konsumsi BBM Daihatsu Rocky bisa sedemikian irit.

Gambar mesin 1KR-VET Daihatsu

Torsi yang dikail di putaran rendah membuat konsumsi BBM bisa irit

Belum lagi ditambah dengan teknologi material mesin, pelumasan, counter weight, dan engine mounting mutakhir yang dapat menjadi solusi untuk menutupi kelemahan mesin 3-silinder yang punya karakter natural terjadinya vibrasi. Namun jangan khawatir, bila kami sudah mendapatkan unit tesnya, kami akan tes lengkap Daihatsu Rocky Turbo ini untuk Anda, sesuai dengan standar pengetesan di Cintamobil.com.

>>> Daihatsu Rocky Resmi Meluncur, Ini 6 Rival Kuat Sekelasnya

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top