Harga Lebih Mahal dari Avanza, Siapa Sasaran Toyota Veloz Terbaru?

16/11/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Veloz kini berdiri terpisah dari Avanza dan dibanderol dengan harga lebih mahal serta fitur lebih canggih. Lalu siapa yang tengah disasar Veloz?

Low MPV di Indonesia belakangan ini bisa dibilang naik kelas. Sejumlah pabrikan yang menghadirkan mobil Low MPV berlomba-lomba menyajikan mobil dengan fitur nomor wahid guna kepada konsumennya.

Tak terkecuali bagi PT Toyota Astra Motor yang belum lama ini meluncurkan All New Avanza dan juga All New Veloz dengan perubahan radikal disertai penyematan ragam fitur canggih pada tipe tertingginya. 

All New Veloz

All New Veloz

Wajah Veloz terbaru menyerupai Corolla Cross

>>> Ini Alasan Toyota All New Avanza Pakai FWD Ikuti Jejak Ertiga-Xpander

Siapa yang Disasar Veloz?

Seperti diketahui bersama, Toyota Veloz tak lagi bergabung menjadi varian tertinggi pada mobil sejuta umat tersebut. All New Veloz kini berdiri sendiri dan diproduksi langsung oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sedangkan Avanza masih digarap oleh PT Astra Daihatsu Motor.

All New Veloz

Veloz satu tingkat di atas Avanza

Bila melihat fitur-fitur yang tersemat dan juga banderolan harganya, Veloz berada satu tingkat di atas Avanza. Selisihnya bahkan hampir Rp 50 jutaan. Lalu siapa yang disasar oleh Toyota Veloz bila harganya lebih mahal dari Avanza dan masih berada di segmen Low MPV? 

"Kita rasa dengan adanya Avanza dan Veloz ini bisa memenuhi kebutuhan di segmen ini karena kebutuhannya cukup berbeda. Desainnya di veloz generasi kedua ini pun kita buat lebih beda signifikan. Ini adalah masukan dari konsumen. Banyak konsumen yang tetap butuh utilitynya di MPV, tapi desainnya lebih SUV oriented," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy belum lama ini. 

Dijelaskan Anton, sejak Toyota perdana meluncurkan Veloz tahun 2011 sudah terlihat adanya perbedaan segmen yang diisi dengan Avanza. Artinya, konsumen Veloz sesungguhnya membutuhkan Low MPV yang lebih dari Avanza. 

All New Veloz
Wujud Veloz menyerupai SUV bukan lagi Low MPV

Ya, Veloz hadir dengan desain yang lebih modern dan premium. Bahkan tampilan depannya menyerupai Toyota Corolla Cross. Pun demikian dengan desain interiornya yang telah ditingkatkan untuk menunjang para pengendara dan penumpang sepanjang perjalanan. 

Ide dasar untuk dapat menghadirkan MPV yang lengkap dengan tampilan yang stylish dan canggih, menjadi dasar arah pengembangan All New Veloz untuk menciptakan salah satu nilai jual utama yang unik yaitu desain “grande” pada mobil berkapasitas 7-seater yang cukup kompak. 

"Berdasarkan survei, desain-desain seperti ini dibutuhkan oleh segmen yang harganya di atas Rp 250-260 juta ke atas. Fitur-fitur lengkap, desainnya lebih berani," tegas Anton. 

>>> Jurus Toyota Avanza Bisa Jadi Mobil Sejuta Umat

Harga Toyota Veloz Mulai Rp 250 Jutaan

All New Veloz

Interior Toyota Veloz terbaru lebih premium

Selain itu, Toyota Veloz dilengkapi dengan fitur pertama dikelasnya yang dibalut dalam Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All New Veloz terdiri dari empat fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan. 

Lalu ada fitur Pedal Misoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

All New Veloz

Toyota Veloz tampak belakang

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Dan yang terakhir namun tidak kalah penting adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Toyota Veloz terbaru tersedia dalam tiga 3 pilihan tipe yaitu Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS dengan rincian harga sebagai berikut. 

1. All New Veloz M/T Rp 251.200.000
2. All New Veloz Q CVT Rp 272.100.000
3. All New Veloz Q CVT TSS Rp 291.500.000

>>> Review Toyota All New Veloz 2022: Buat Pecinta Avanza yang Lebih Mapan

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top