Harga Daihatsu Ayla D Naik, Tak Ada Lagi LCGC di Bawah Rp 100 Juta

20/03/2020

Mobil baru

3 menit

Harga Daihatsu Ayla D Naik, Tak Ada Lagi LCGC di Bawah Rp 100 Juta
Pada akhir 2019, LCGC termurah tersemat pada Daihatsu Ayla D seharga Rp 98,15 juta sekaligus jadi varian terendah tapi kini sudah tembus Rp 100 juta.

Mobil-mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) harganya terus beranjak naik. Jikalau saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2013, mobil-mobil LCGC yang punya banderolan harga di bawah Rp 100 juta masih banyak pilihannya, sekarang tak ada lagi. 

Sebelumnya tepatnya pada akhir 2019, LCGC termurah tersemat pada Daihatsu Ayla tipe D yang juga sekaligus jadi varian terendah. Kala itu, Ayla tipe D memiliki banderol Rp 98,15 juta. Namun masuk tahun 2020, Ayla tipe D sudah naik harga dan kini ditawarkan dengan harga Rp 101,65 juta. 

>>> Akhirnya,untuk Pertama Kali Daihatsu Ayla Pakai Rem ABS

Minim Fitur 

Tak banyak fitur yang melekat pada Ayla tipe D ini. Misalnya saat kemarin (19/3/2020), Daihatsu melakukan penyegaran pada Ayla, Ayla tipe D hanya mendapatkan sedikit ubahan. Tampak terlihat jelas dari tampilan depan Daihatsu Ayla D masih cukup konvensional dibandingkan dengan varian tertingginya. 

Daihatsu Ayla tipe terendah

Begini wujud Daihatsu Ayla D yang sekaligus menjadi varian terendah

Di bagian lampu misalnya, belum tersemat LED pada Ayla tipe D. Kemudian grille Daihatsu Ayla D juga masih menyatu dengan bemper depan, berbeda dengan Ayla tipe R. Di bagian roda, Ayla tipe D belum mengusung pelek alloy wheel melainkan besi biasa. 

Apabila pada Ayla varian tertinggi sudah memiliki pengaturan AC secara digital tanpa knob, maka ada Daihatsu Ayla D justru belum terdapat AC. 

Bicara fitur keamanan, Ayla tipe D sudah dibekali dengan Seat Belt Warning, Engine Check Warning, Side Impact Beams, Rear Seat Belt, dan Child Safety Locks. Varian Ayla termurah ini menggendong mesin 1KR-DE, DOHC 3 silinder segaris dengan kapasitas 1.000 cc. 

>>> Virus Corona Juga Tunda Penerapan Regulasi F1 2021

Daihatsu Ayla model terbaru

Bisa dilihat perbedaannya dengan Ayla tipe D dari sisi desain

Mobil memiliki tenaga setara 65 PS pada putaran 6.500 rpm dan torsi maksimum 86 Kg.m pada 3.600 rpm. Mesin yang digendong oleh Ayla tipe D dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Daihatsu Ayla D menggunakan ban dengan tipe 155/80 R13. 

>>> Peluncuran SUV MG ZS di Indonesia Ditunda Gara-gara Virus Corona

Masih Ada Peminatnya

Walaupun menjadi tipe terendah dan terbilang minim fitur, Ayla tipe D ini masih ada peminatnya. Mengutip data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Daihatsu mendistribusikan 40 unit Ayla tipe terendah sepanjang tahun 2019.

Sedangkan merujuk pada data yang sama untuk periode Januari 2020, Ayla tipe D terdistribusi sebanyak 5 unit. 

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak berita yang hot lainnya

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top