GMC Hummer EV 2022, Reinkarnasi Humvee Yang Ramah Lingkungan

22/10/2020

Mobil baru

10 menit

GMC Hummer EV 2022, Reinkarnasi Humvee Yang Ramah Lingkungan
Masih ingat SUV Hummer? Tepat 10 tahun setelah SUV ikonik ini disuntik mati, GMC kembali menghidupkan mobil ini sebagai SUV EV yang akan rilis tahun 2022.

Berawal dari kendaraan khusus militer HMMV, Hummer menjadi salah satu ikon pop culture di tahun 1990-an dan 2000-an awal saat diproduksi General Motors sebagai SUV mewah, kebanyakan dibeli oleh para artis, sebelum akhirnya berhenti dijual pada 2010.

Seluruh generasi SUV Hummer

Berawal dari kendaraan militer, Hummer menjadi pop culture, khususnya di kalangan selebritis

Lebih dari 10 tahun kemudian, GM coba menghidupkan kembali Hummer. Kali ini sebagai sebuah EV yang akan dijual tahun 2022 lewat merek GMC, dan setelah serangkaian teaser selama beberapa bulan terakhir, GMC Hummer EV 2022 pun resmi diperkenalkan.

>>> Gara-gara pandemi, proyek SUV listrik Ford-Rivian mangkrak

Perpaduan identitas dan desain modern

Secara tampilan, Hummer EV masih mempertahankan identitas khas Hummer yang ikonik, tapi dengan beberapa sentuhan modern. Misal penggunaan lampu depan LED yang memanjang di gril dengan lampu utama ber-pattern H. Grilnya terdapat tulisan Hummer yang terbagi jadi enam bilah.

Seperti yang sudah ditunjukan sebelumnya di teaser, GMC Hummer EV 2022 hadir dengan kaca depan cukup tegak seperti para pendahulunya. Beltline yang tinggi dan desain kaca sampingnya mengikuti model H2, tapi model pillar-C yang sedikit miring sangat unik, dan tidak ada di model Hummer manapun.

Tampilan depan Hummer EV

Hummer EV memadukan identitas dengan teknologi kekinian

Fender yang sangat besar memberikan ruang cukup untuk ban off-road 35 inci, atau bahkan 37 inci jika ingin yang lebih besar. Pindah ke belakang ada bak cukup kecil ala double-cabin yang bisa diakses lewat tailgate yang sama seperti GMC Sierra. Hummer juga menyiapkan cover bak elektronik untuk mengamankan kargo dan meningkatkan aerodinamika mobil.

Sebagai mobil dengan kapabiltas off-road mumpuni, Hummer EV menambahkan plat besi untuk melindungi komponen vital seperti baterai yang ditanam di bagian floor mobil.

Tampilan belakang Hummer EV

Pintu bagasi belakang bisa dibuka setengah atau bahkan penuh

Tak mau kalah dari model lain seperti Ford Bronco atau Jeep Wrangler, Hummer EV memiliki tiga buah panel yang bisa dipasang-copot dan ditaruh di frunk (bagasi depan). Selain itu, kaca belakang mobil juga bisa diturunkan dengan power window untuk memberi kesan lega dalam kabin.

Kabin lapang dengan fitur melimpah

Menegaskan statusnya sebagai SUV flagship, kabin GMC Hummer EV 2022 memadukan kelapangan dan teknologi terkini. Head unit yang dipakai berukuran 13,4 inci dengan instrumen cluster 12,3 inci.

Layout kabin Hummer EV

Kabin Hummer EV memadukan ruang yang sangat lega dengan teknologi kekinian

Salah satu fitur unik di sini adalah kamera underbody UltraVision di depan dan belakang mobil dapat memberi gambaran di bawah mobil, ada juga kamera yang memiliki 18 tampilan berbeda.

Dalam penggunaan non off-road, layar infotainment dan instrument cluster bisa menampilkan informasi penting mobil seperti output tenaga, torsi, status locking diff, tekanan angin, dan lebih banyak lagi. Oiya, ada juga mode drift gauge yang memonitor sudut driting maksimal Hum-EV.

>>> Intip fitur unik GMC Hammer EV 2022, bisa jalan kaya kepiting

Torsi 15.000 Nm? Ah, enggak juga

GMC Hummer EV memakai tiga buah motor elektrik yang menghadirkan tenaga total sekitar 1.000 HP dan torsi 15.592 Nm. Hah, torsi lebih dari 15 ribu Nm, apa-apaan? Bukannya kami skeptis, namun kami sendiri tidak yakin ada motor listrik yang dapat menghasilkan torsi raksasa seperti itu.

Kemungkinan sih ini torsi dari ban ke jalan, yang selalu lebih besar dari torsi asli powertrain. Menurut laporan dari Car and Driver, motor listrik yang dipakai Hummer EV punya torsi sekitar 1.085 Nm, yang lebih masuk akal ketimbang angka 15 ribu Nm lebih yang menurut kami berlebihan.

Aksi off-roading dengan Hummer EV

Bukan cuma mesin yang bertenaga, Hummer EV juga dilengkapi fitur menarik seperti 4-wheel drive steering

Performa ini bisa membuat mobil berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 3 detik dengan mode yang disebut Watts to Freedom. Selain itu, hadir juga mode 4-wheel drive steering yang disebut Crabwalk.

GM tidak mengklaim secara pasti berapa kapasitas baterai Hummer EV, namun baterai 24 modul yang ditumpuk dua ini bisa digunakan untuk berjalan sejauh 563 km dalam satu kali pengisian penuh. Pengisian baterainya sendiri bisa mengakomodasi daya maksimal 350 kW dengan fast charging DC.

GMC Hummer EV 2022 akan dijual mulai musim Gugur 2021, dengan model Edition 1 akan jadi yang pertama dijual dengan banderol $112,595 (setara Rp 1.650 miliar). Lalu dalam kurun waktu 2022-2024, Hummer EV mendapatkan beberapa varian tiga motor dan dua motor listrik, yang dibanderol mulai $79.995 (setara Rp 1.172 miliar).

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top