GIIAS 2021: Keunggulan Kia Grand Carnival 2022 Dibanding Alphard-Staria

16/11/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mendapatkan perubahan signifikan, ini keunggulan Kia Grand Carnival 2022 yang baru saja dibawa ke Indonesia siap menghadang Toyota Alphard dan Hyundai Staria.

Selain memperkenalkan logo terbarunya yang lebih futuristik, Kia tak ketinggalan memperbaharui lini produknya dengan merilis generasi keempat dari Grand Carnival. Dengan mengusung karakter sport luxury, berikut beberapa kelebihan Kia Grand Carnival 2022 yang akan membantunya menjegal para pesaing di segmen High MPV di Indonesia.

1. Interior mewah

Tampilan mewah terlihat dari penggunaan interior yang dipenuhi beragam perlengkapan canggih, salah satunya layar panoramic dashboard display yang membentang dari sisi tengah hingga di depan pengemudi. Terdiri dari head unit lebar berukuran 12,3 inci dan bersambung dengan layar TFT 12,3 inci.

fitur SBW yang ditemukan pada Kia Grand Carnival 2022
Ada dial-type SBW yang membuat mobil ini terasa lebih mewah

Tak kalah menarik1 yaitu penggunaan shift control dengan dial tipe SBW (Shift by Wire). Penggunaannya pun cukup praktis, karena pengemudi hanya perlu memutar switch untuk memilih antara D (Drive) dan R (Reverse atau mundur). Fitur yang tentunya hanya ditemukan pada mobil-mobil premium.

>>> GIIAS 2021: KIA Luncurkan Grand Carnival dan Dua Varian Baru Seltos

2. Lebih praktis

Mampu menampung 11 penumpang, Kia meningkatkan kepraktisan bagi penumpang dengan membuat pelipatan bangku khusus pada bagian tengah dari bangku baris kedua dan ketiga. Sehingga penumpang bisa lebih mudah masuk ke baris keempat. Penumpang di depan sudah mendapatkan fitur wireless charging, dan setiap baris menerima port USB untuk mengisi daya smartphone.

interior Kia Grand Carnival 2022 dengan bangku tengah dilipat
Pelipatan kursi di baris kedua mempermudah akses masuk ke dalam kabin

Bahkan kepraktisan juga ditemukan ketika akan masuk ke dalam kabin. Kia menyebutkan bahwa Grand Carnival 2022 sudah dilengkapi dengan Smart Sliding Door yang bisa terbuka otomatis ketika mendeteksi penumpang yang memegang atau menyimpan kunci berada di samping kendaraan, tanpa menggunakan gesture tambahan.

>>> Kia Carnival Hi Limousine 2022, Sajian First Class di Atas Roda

3. Ruang bagasi lebih lega

Kepraktisan bukan hanya ditawarkan pada kemudahan masuk ke bangku belakang, tapi juga ruang penyimpanan yang lebih besar. Bangku baris belakang bisa dilipat rata lantai untuk memberikan kemudahan bagi Anda menyimpan barang berukuran besar, disebut memiliki ruang bagasi lebih lega dibandingkan pesaingnya.

bagasi Kia Grand Carnival 2022 berwarna hitam
Ruang bagasi lebih lega jika bangku baris belakang dilipat rata lantai

Kia mengamini bahwa bangku belakang pada Grand Carnival memang tak begitu lega bagi penumpang dewasa. Sehingga tak banyak pengendara yang menggunakan baris belakang, kecuali bagi remaja maupun anak kecil.

>>> Harga Toyota Alphard Model Ini Turun Rp 400 Jutaan! Siapa Mau?

4. Fitur canggih

Kia Grand Carnival sudah mendapatkan Ventilated Seat dan Auto Climate Triple Zone. Dilengkapi dengan 12 speaker Bose yang memberikan kenyamanan kelas premium, ada pula Dual Sunroof yang sudah dilengkapi dengan fungsi tilt dan sliding.

kursi Kia Grand Carnival 2022 berwarna cokelat
Kursi Grand Carnival 2022 dilengkapi fitur Ventilated Seat

Fitur baru yang tidak ada di pesaingnya yaitu Forward Collision Warning Junction Turning. Fitur ini akan mendeteksi kemungkinan kecelakaan ketika berbelok. Hal ini bisa dilakukan karena radar yang disematkan pada Grand Sedona lebih luas dibandingkan model lain Kia di Indonesia.

5. Mesin diesel yang bertenaga

Toyota Alphard memang hanya tersedia dalam pilihan mesin bensin. Sedangkan Grand Carnival menggunakan mesin diesel D 2.2 TCI New R yang mampu menghadirkan tenaga maksimal 202 PS pada 3.800 Nm dan torsi 441 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm. Keluaran torsi yang lebih besar dibandingkan Alphard.

mesin Kia Grand Carnival 2022 dengan tenaga dan torsi besar
Kia menanamkan mesin diesel berkapasitas 2.2 TCI New R

Kia juga menyebutkan bahwa peningkatan teknologi yang ditawarkan pada mesin yang digunakan. Penyesuaian dengan regulasi Euro 4 serta penggunaan bahan aluminium pada blok mesin membuat bobot mesin lebih ringan dan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar

Harga Kia Grand Carnival 2022 ditawarkan mulai dari Rp 888 jutaan, atau jauh lebih murah dibandingkan Toyota Alphard yang saat ini dibanderol Rp 1,1 miliar. Dan saat ini, Kia menawarkan garansi 5 tahun tanpa batasan kilometer dan gratis biaya jasa.

>>> Kia Carnival 2022 Tambah Fitur, Siap Jegal Alphard dan Staria

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top