Genjot Mobil Bertenaga Hidrogen untuk Olimpiade, Jepang Berikan Subsidi Toyota Mirai

22/03/2019

Mobil baru
Share this post:
Genjot Mobil Bertenaga Hidrogen untuk Olimpiade, Jepang Berikan Subsidi Toyota Mirai
Tidak terlalu fokus pada kendaraan plug-in listrik, pembuat mobil ini memproduksi mobil bertenaga sel bahan bakar hidrogen bernama Toyota Mirai. Dan pemerintah Jepang menyambut baik rencana tersebut dengan memberikan subsidi untuk menyambut Olimpiade 2020 di Jepang.

Dilansir dari NPR, Toyota memang memiliki rencana untuk membuat lebih banyak model mobil listrik. Tetapi Jepang tidak yakin bahwa mobil listrik bertenaga baterai adalah salah satunya kendaraan masa depan. Dan bertaruh pada tenaga yang tidak biasa, Toyota Mirai – yang berarti ‘masa depan’ dalam bahasa Jepang – bertenaga sel hidrogen diperkenalkan. Dan sebagia bentuk bantuannya, pemerintah Jepang memberikan subsidi bagi mobil bertenaga hidrogen tersebut.

>>> Rambah Elektrifikasi, Kia Pamerkan Mobil Listrik Imagine Concept

Toyota Mirai berwarna biru

Tidak mengeluarkan karbon, Toyota Mirai bisa mengeluarkan air

Di pabrik LFA Works di kota Toyota, Prefektur Aichi, para pekerja memasang tangki hidrogen dengan material serat karbon pada mobil sel berbagai bahar hidrogen baru milik Toyota. Sel bahan bakar hidrogen tidak membutuhkan sistem pembakaran. Mobil ini menggunakan hidrogen dan oksigen dari udara untuk menghasilkan listrik. Seperti mobil listrik, mobil bahan bakar hidrogen dibuat tenang dan hanya mengeluarkan air.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

Meskipun sudah mendapatkan subsidi pemerintah, Toyota Mirai masih terkesan mahal. Harga yang diberikan yaitu $ 50.000 (setara dengan Rp700 juta) dibandingkan harga aslinya, $ 70.000 (hampir mencapai Rp1 miliar). Biaya terbesar digunakan untuk memproduksi sel bahan bakar, tetapi Toyota mengatakan harga produksi akan menurun ketika produksi meningkat.

Jepang telah mengadopsi teknologi dan bertujuan untuk menciptakan “masyarakat hidrogen” pertama, yang mencakup penggunaan hidrogen untuk pembangkit listrik. Kementerian Energi Jepang memiliki target ambisius menjelas Olimpiade 2020 Tokyo. Kota Tokyo berencana untuk menyebarkan 100 bus berbahan bakar hidrogen selama penyelenggaraan, 40.000 kendaraan sel bahan bakar dengan tujuan jangka panjang 200.000 kendaraan untuk enam tahun ke depan.

>>> Dapatkan berita mobil baru terlengkap hanya di Cintamobil.com

stasiun pengisian hidrogen berwarna putih di Jepang

Jepang siap membangun hingga 900 stasiun pengisian kendaraan hidrogen

Karena itu, pemerintah Jepang memberikan subsidi untuk kendaraan berbahan bakar listrik dan sel. Bersama dengan Toyota, pabrikan otomotif di Jepang telah membangun dan mengoperasikan 100 stasiun pengisian bahan bakar hidrogen sejauh ini. Jepang memiliki target 900 stasiun pada 2030 yang diprediksi cukup untuk semua kendaraan berbahan hidrogen di jalanan.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top