Generasi Audi A4 dan A5 Berikutnya Berubah Jadi Mobil Listrik

28/01/2021

Mobil baru

5 menit

Generasi Audi A4 dan A5 Berikutnya Berubah Jadi Mobil Listrik
Audi A4 dan A5 listrik akan hadir di tahun 2023 bersamaan dengan generasi terbarunya. Namun sebagai fase peralihan, A4 dan A5 listrik ini hadir sebagai varian, sementara A4 bermesin bensin tetap masih disodorkan.

Audi A4 dan A5 merupakan sedan yang cukup banyak peminatnya. Pesaing BMW Seri 3 dan Mercedes-Benz C-Class itu memang tak kalah dalam urusan performa, teknologi,s erta kenyamanan. Namun Audi sudah berniat untuk menjadikan A4 dan A5 sebagai kendaraan elektrik untuk masa depan. Bahkan hal ini diucapkan langsung oleh Markus Duesmann, CEO Audi.

Menurutya, Audi A4 dan A5 bakal berubah jadi kendaraan tanpa mesin bakar pada tahun 2023. Hal ini sesuai rencana Audi untuk menjadikan semua line up produksi menjadi kendaraan elektrik di tahun 2030.

>>> Perusahaan Belanda Bikin Audi A4 Bertenaga Pedal, Harus Dikayuh Biar Bisa Jalan

Hadir Bersamaan dengan A4 Generasi Terbaru

Audi A4 electric

Generasi terbarunya akan muncul tahun 2023

Dikutip dari Carbuzz, Kamis (28/01/2021), Duesmann menyebutkan, jika A4 elektrik ini akan muncul di 2023 bersamaan dengan generasi terbarunya. Versi mesin bakar tetap ada namun ditambah varian yang menggunakan model listrik. Ini merupakan cara Audi untuk beralih sebelums emua lini produk emreka menjadi kendaraan full electric.

Ia juga menampik kalau ada informasi yang menyebut A4 dan A5 bakal datang sebagai varian hybrid. Karena menurut dia mobil hybrid sejatinya tidak memiliki masa depan cerah, dan Audi tidak suka akan hal itu. Duesmann juga menegaskan jika ia bersama dengan Herbert Diess selaku CEO Volkswagen AG sudah berpikir untuk melakukan transisi cepat dari kendaraan bahan bakar ke full electric sebagai kunci strategi dari pabrikan Jerman tersebut.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Audi A4 2016

Bagian dari Strategi Volkwagen Group

Audi A5

Ditargetkan 10 Tahun mendatang semua mobil Audi adalah kendaraan listrik

>>> Review Audi RS5 2020: Ubahan Minimalis Sedan Performa Bengis

Masih menurut Duesmann, keseriusan Audi untuk lebih cepat beralih ke model kendaran listrik juga menjadi bagain dari startegi Volkwagen Group.

"Ada 75 model full electric yang direncanakan Volkswagen Group pada 2029," ucap dia.

Dengan kesuksesan e-tron, sepertinya rencana Audi untuk mengeluarkan model elektrik bersamaan dengan yang masih pakai mesin bakar akan berlangsung lebih cepat dari dugaan banyak orang. Dan prediksi berikutnya pun mengarah pada SUV Audi yang selanjutnya akan diubah jadi kendaraan listrik.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top