Gencar Elektrifikasi, Mesin BMW Masih Digunakan Sampai 30 Tahun Lagi

08/01/2020

Mobil baru

3 menit

Gencar Elektrifikasi, Mesin BMW Masih Digunakan Sampai 30 Tahun Lagi
Meski sudah mengalihkan fokus ke elektrifikasi, BMW nyatanya belum mau buru-buru beralih dari Internal Combustion Engine (ICE). Di mana line-up mesin BMW masih akan digunakan sampai 30 tahun ke depan.

Sama seperti pabrikan lain, BMW juga sudah mulai membagi fokusnya pada line-up mobil listrik dan diawali iX3 yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Namun, pabrikan Bavaria itu belum ingin beralih dari mesin konvensional, mereka menyadari proses elektrifikasi butuh waktu lama untuk benar-benar menggantikan mobil BMW bermesin bensin dan diesel.

Hal ini diperkuat komentar bos R&D BMW, Klaus Froehlich yang menyatakan bahwa mesin ICE (Internal Combustion Engine) masih akan masuk line-up BMW dalam beberapa dekade ke depan. Lebih rinci, mesin BMW turbodiesel akan bertahan sampai 20 tahun ke depan, untuk mesin bensin akan hadir sampai 30 tahun dari sekarang.

BMW M760i xDrive yang memakai mesin V12 N74B66

BMW M760i xDrive, sedan eksekutif yang memakai mesinV12 twin-turbo N74B66

>>> BMW siapkan i4, sedan listrik dengan range 600 km!

Meski demikian, mereka tetap akan melakukan restrukturisasi line-up mesin BMW seiring dengan ketatnya regulasi emisi, salah satu mesin yang akan dikorbankan adalah mesin V12 twin-turbo 6.6 Liter N74B66 yang digunakan M760i xDrive, yang menghasilkan tenaga sampai 601 HP.

Dengan pangsa pasar yang tidak besar, ditambah biaya tambahan untuk membuat mesin BMW berkonfigurasi V12 tersebut sesuai dengan regulasi emisi, Froehlich mengatakan peluang mesin tersebut tetap dipakai setelah 2023 sangatlah kecil. Nasib sama juga dialami mesin V8 4,4 Liter twin-turbo karena sudah banyak mesin V6 hybrid dapat menghasilkan 600 HP dan torsi yang sangat besar.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

BMW X5 varan M50d warna hitam

BMW X5 juga akan jadi model yang tekena dampak hilangnya mesin quad-turbo diesel BMW

Untuk mesin diesel BMW, Froehlich membeberkan mesin 1.500cc tiga silinder yang digunakan BMW 1 Series serta beberapa model MINI, dan juga mesin BMW quad-turbo B57D30C yang digunakan di varian M550d dan M50d tak akan lagi dipakai.

Selain membahas masa depan mesin BMW, Froehlich juga membahas soal elektrifikasi dan bagaimana update platform CLAR akan jadi basis dari mobil plug-in hybrid yang diklaim mampu berjalan sampai 120 km dengan listrik. Tidak hanya itu, tangki bahan bakar mobil tersebut juga akan besar, yang berarti pemilik mobil dapat menempuh jarak jauh sebelum mengisi bensin.

>>> Berita lain seputar mobil baru yang tak kalah menariknya bisa ditemukan di sini

Platform CLAR yang akan digunakan mobil BMW generasi selanjutnya

Platform CLAR akan jadi basis mobil plug-in-Hybrid serta elektrik BMW

Akan mengusung platform CLAR, BMW akan mulai fokus pada produksi mobil listrik dalam waktu dekat dengan dua model SUV bongsor, X6 serta X7 akan jadi dua model pertama yang dipasarkan.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top