Gen XL Suzuki Terlahir Kembali, Inilah Beberapa Fakta Suzuki XL6 Alias Ertiga Cross

06/08/2019

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Gen XL Suzuki Terlahir Kembali, Inilah Beberapa Fakta Suzuki XL6 Alias Ertiga Cross
Bagi Anda seorang car enthusiast mungkin ingat, antara tahun 2002 hingga 2006 mungkin ingat PT Suzuki Indomobil Sales pernah menjual Grand Escudo XL7 yang berbasis dari Suzuki Escudo. Kini Maruti Suzuki India sedang mempersiapkan next generation XL, inilah beberapa fakta mengenai Suzuki XL6 alias Suzuki Ertiga Cross.

Gambar Menunjukkan Suzuki XL6 alias Suzuki Ertiga Cross

Suzuki XL6 alias Suzuki Ertiga Cross ini siap meluncur di India dan hanya tinggal menunggu waktu untuk masuk tanah air

Tanggal 21 Agustus 2019, Maruti Suzuki India siap meluncurkan salah satu produk turunan dari Suzuki Ertiga. Mobil ini dinamakan Suzuki XL6 atau sebelumnya santer diberitakan sebagai Suzuki Ertiga Cross. Mobil ini sedang ditunggu-tunggu oleh rakyat India, karena memang salah satu basis produksi serta riset dan pengembangan Suzuki ada di India. Serta jangan lupa, salah satu negara dengan penjualan terbaik Suzuki adalah negeri Bollywood tersebut. Namun, jika kelak akan dijual di Indonesia, maka Suzuki XL6 ini akan melahirkan kembali generasi 'XL' yang sudah mati sejak tahun 2006.

>>> Ini pendapat kami mengenai Suzuki Ertiga Diesel yang mendapat suntikan torsi besar dari mesin diesel terbarunya

Gambar menunjukkan Suzuki Grand Escudo XL7 2006

Gen 'XL' sempat dipopulerkan oleh Suzuki Escudo dengan nama Grand Escudo XL7, sayang ia kurang berhasil

17 Tahun yang lalu Suzuki Indonesia memperkenalkan salah satu produk turunan dari Suzuki Escudo yang notabone merupakan salah satu cikal bakal SUV di Indonesia. Mobil tersebut diposisikan sebagai SUV mewah yang tidak hanya tampil dengan perbedaan dimensi serta interior berlapis kulit saja. Namun mobil tersebut hadir dengan pilihan mesin 2500 cc berkonvigurasi V6 dan tak lupa format tempat duduk 7 buah sesuai namanya XL7. Sayangnya, karena borosnya konsumsi BBM dan performanya yang pas-pasan Grand Escudo XL7 tersebut membuat ia kurang diminati. Inilah beberapa fakta Suzuki XL6 alias Ertiga Cross.

1. Perbedaan Dimensi 

Gambar menunjukkan Tabel Dimensi Suzuki XL6

Tidak hanya sedikit berbeda muka, namun secara dimensi juga berbeda

Suzuki XL6 alias Ertiga Cross tampil tak hanya bermodalkan ganti wajah dan hadir dengan tambahan overfender berkontur kulit jeruk kelir hitam saja. Namun, secara dimensi ia juga berbeda sedikit. Suzuki XL6 lebih panjang 5 cm dari Suzuki Ertiga, serta lebarnya lebih bengkak 4 cm dari saudaranya tersebut. Dan tinggi Suzuki XL6 lebih tinggi 1 cm dari Ertiga yang jadi basisnya. Namun berita baiknya, wheelbase tetap sama yakni 2,7 meter lebih sedikit dan radius putarnya tetap 5,2 meter.

2. Tersedia Dua Tipe

Gambar menunjukkan Varian Suzuki XL6

Tersedia dua tipe di varian Suzuki XL6 ini, yakni Alpha dan Zeta

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Suzuki XL6 akan hadir dalam 2 tipe, yakni Alpha dan Zeta. Alpha hadir sebagai tipe tertinggi yang akan menyajikan fitur-fitur terkini seperti Smart Audio Intertaiment System yang konon akan dapat membaca koneksi Apple Car Play maupun Android Auto. Lalu hadir dengan pelek black polished, jok kulit, cruise control, kontrol kestabilan, headlamp LED, Daytime Running Light (DRL) dan lainnya. Sementara Zeta adalah tipe lebih murah.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya hanya di sini

3. Hanya Satu Pilihan Mesin

Gambar menunjukkan Mesin Suzuki XL6

Suzuki XL6 alias Ertiga Cross hanya dibekali satu pilihan mesin, yakni K15

Sebelumnya muncul dugaan bila Suzuki XL6 atawa Ertiga Cross akan hadir dalam dua pilihan mesin, yakni DDiS 200 berkapasitas 1.300 cc dengan Smart Hybrid System, dan unit berkode K15 berkonvigurasi 4 silinder bensin. Namun, hasil dari investigasi rekan satu grup kami yakni indianautosblog.com, mobil Suzuki XL6 ini akan menggunakan powertrain berkode K15 SMART HYBRID BS-VI yang mana sistem smart hybrid tersebut adalah yang pertama dijejalkan ke mesin bensin berkode K15 tersebut.

>>> Temukan berita otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Bakal Ada World Premiere di IIMS 2019, Apa Itu Suzuki Ertiga Cross?

02/02/2019

Event - Promosi

5 menit

Salah satu yang menarik dari pameran IIMS 2019 adalah bahwa di pameran otomotif bergengsi itu bakal ada peluncuran perdana mobil baru alias world premiere. Santer dikabarkan pula Suzuki Ertiga Cross menjadi kandidat terkuat mobil baru tersebut. Benarkah demikian?

Lihat juga

Beginikah Tampilan All New Suzuki Ertiga 'Crossover'?

20/06/2019

Mobil baru

3 menit

Rekan satu grup kami di India, yakni Indianautosblog baru-baru ini melansir berita mengenai prediksi All New Suzuki Ertiga Crossover. So, beginikah bentuk tampilan All New Suzuki Ertiga Crossover?

Lihat juga

Diam-Diam, Suzuki Ertiga Model Taksi Diluncurkan Di India

11/06/2019

Mobil baru

3 menit

Kabar terbaru datang dari Maruti Suzuki India yang meluncurkan varian baru dari Ertiga. Bukanlah varian mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle (MPV), justru yang hadir adalah Suzuki Ertiga taksi, dinamai Suzuki Ertiga Tour M.

Lihat juga

Upgrade Audio Suzuki Ertiga GL 2019, Mulai Dari Rp 1,5 Jutaan!

14/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Audio sudah fitur wajib di mobil dan bagaikan sahabat setia dalam perjalanan. Kali ini, kami membahas seputar upgrade audio Suzuki Ertiga GL 2019 yang dikeluhkan kualitas audionya oleh pemiliknya dengan menghadirkan beberapa opsi, mulai dari paling terjangkau hingga beberapa opsi lanjutannya. Simak bahasannya berikut ini

Lihat juga

5 Hal Penting tentang Suzuki XL6, Suzuki Ertiga Enam Kursi dengan Captain Seat

29/07/2019

Mobil baru

4 menit

Suzuki India diprediksi akan meluncurkan model Ertiga enam kursi dalam Suzuki XL6. Model yang akan diperkenalkan bulan depan akan menjadi varian yang lebih mewah dari Suzuki Ertiga dan besar kemungkinan juga akan ditawarkan di Indonesia.

Lihat juga
 
back to top