Forze Gandeng Hyundai Ciptakan Mobil Balap Bertenaga Hidrogen Tercepat

23/03/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Forze Gandeng Hyundai Ciptakan Mobil Balap Bertenaga Hidrogen Tercepat
Menggandeng pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, tim Forze Hydrogen Racing saat ini sedang mempersiapkan mobil balap bertenaga hidrogen tercepat di dunia.

Selain mobil produksi massal, pengembangan mobil bertenaga hidrogen yang menjadi salah satu cara untuk mengurangi emisi mulai melirik dunia balap. Dan yang terbaru adalah Tim Forze Hydrogen Racing yang bekerja sama dengan Hyundai untuk menciptakan Forze IX yang diklaim akan menjadi mobil balap bertenaga hydrogen tercepat di dunia.

Kerja sama dengan Hyundai

Didukung oleh dua sistem sel bahan bakar, Forze IX akan memiliki tenaga maksimal hingga 800 hp pada saat diaktifkan yang dikirim keempat roda. Dengan bobot mencapai 1.500 kg, mobil ini mampu menempuh 0-100 km/jam kurang dari tiga detik. Sedangkan kecepatan tertingginya mampu mencapai 300 km/jam.

>>> Crossover Ini Terinspirasi Dari Mobil Balap China

Pengembangan ini dilakukan bersama dengan Hyundai sebagai konsultan tenaga hidrogen. Hyundai akan menyediakan insinyur dari usat Teknis Hyundai Motor Europe (HMETC) di Russelsheim untuk tim Forze. Pabrikan asal Korea Selatan ini sebelumnya memperkenalkan mobil bertenaga hidrogen bernama Hyundai iX35 FCEV.

“Forze adalah tim menarik yang terdiri dari beberapa pemikiran muda paling cerdas, dan dengan silsilah yang terbukti membawa mobilitas sel bahan bakar ke trek balap,” kata Tyrone Johnson, Kepala Pengembangan Kendaraan di HMETC. "Hyundai dengan senang hati menjalin kemitraan ini dengan Forze."

>>> Spesifikasi Nissan Z Proto Terungkap di Game Balap Project Cars 3?

Bukan mobil pertama

Tim ini memang dipenuhi oleh jiwa muda yang menyukai teknologi dan kendaraan berperforma tinggi. Forze terdiri dari 60 mahasiswa Universitas Teknologi Delft di Belanda. Sebagian bekerja full-time dibantu oleh pekerja part-time yang berada di tim Forze sebagai bagian dari studi mereka.

Sesuai dengan namanya, mobil ini bukanlah yang pertama dikembangkan Forze. Tepatnya pada 2015 silam, mereka memproduksi mobil balap Forze VI yang mampu mengarungi lintasan balap Nürburgring Nordschleife dalam waktu kurang dari 11 menit. Catatan ini merupakan rekor baru untuk kendaraan bertenaga hydrogen.

siluet dari mobl balap Forza IX bertenaga hidrogen
Forza IX diprediksi akan dirilis pada tahun 2022 mendatang

“Dengan memanfaatkan kepemimpinan kami dalam mobilitas sel bahan bakar dan ambisi Forze untuk membawa hidrogen ke tingkat berikutnya, bersama-sama kita akan mendorong batas kemungkinan dalam pengembangan balapan tanpa emisi,” kata Johnson.

Sayangnya masih belum ada kepastian tentang kapan mobil baru ini dirilis. Dalam keterangannya, Forze mengungkapkan rencana mereka untuk menyelesaikan pengembangannya pada tahun 2021. Dengan sedikitnya mobil balap bertenaga hydrogen lainnya, Forze IX kemungkinan besar akan diadu bersama dengan rival bermesin pembakaran internal.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top