Ford GT '64 Heritage Edition Hadir dengan Livery Legendaris dari 1964

13/08/2021

Mobil baru

3 menit

Sebagai bagian dari produksi tahun terakhir Ford GT, Ford meluncurkan GT Heritage Edition dengan livery ikonik yang terinspirasi dari prototipe tahun 1964.

Sejak peluncuran model tahun 2017, Ford GT telah diproduksi beberapa kali dengan edisi spesial sebagai perayaan atau memberi penghormatan kepada perjalanan sang pabrikan Amerika Serikat dalam balap ketahanan 24 Hours of Le Mans pada tahun 1960-an.

Kali ini, Ford merilis edisi spesial GT sebagai perayaan tahun terakhir produksi untuk menghormati garis keturunannya yang telah menjadi legenda. Edisi spesial ini dibuat untuk memberi penghormatan kepada 5 prototipe GT40 yang memulai proyek Ford dalam menaklukkan Ferrari di Sirkuit Le Mans yang diabadikan dalam film Ford v Ferrari.

Debut Prototipe di New York Tahun 1964

Gambar Ford GT '64 Heritage Edition

GT '64 Heritage Edition berdampingan dengan prototipe yang menjadi inspirasinya

Bertajuk Ford GT '64 Heritage Edition, mobil ini menggunakan livery dari protipe pertama, GT/101 yang memulai debutnya di pameran mobil New York tahun 1964. Livery tersebut didominasi oleh warna Wimbledon White dengan Antimatter Blue pada bagian kap mesin dan racing stripe di sepanjang atap hingga buritannya.

>>> Ini Ford Fiesta RS WRC, Mobil Rally Andalan Valentino Rossi

Tak ketinggalan, velg 20 inci yang disematkan juga dilabur warna Antimatter Blue, dan penambahan aksen serat karbon di berbagai bagian eksterior seperti splitter depan, kisi-kisi mesin, dan diffuser belakang. Rem Brembo berwarna silver yang mengintip di dalam velg ikut menambah keunikan pada mobil produksi terbatas ini.

Ford tidak memberikan peningkatan apa-apa pada sektor dapur pacu, mesin V6 3,5 liter twin-turbocharged yang menghasilkan tenaga 660 HP dan torsi 746 Nm dinilai sudah cukup mumpuni untuk memacu adrenalin pengemudi.

Gambar Ford GT '64 Heritage Edition

Mobil ini akan membawa perasaan Anda ke era di mana Ford masih berusaha keras untuk menaklukkan Ferrari

Bagian interior juga ikut mendapat aksen serat karbon di bagian kusen pintu, pilar A, dan konsol tengah. Jok serat karbon dibalut dengan Alcantara berwarna Lightspeed Blue yang juga muncul digunakan di bagian dasbor. Sedangkan untuk headliner dan lingkar kemudi menggunakan Alcantara berwarna Ebony.

Dibanderol Lebih Dari Rp 7 Miliar

Ford GT '64 Prototype Heritage Edition akan dipamerkan bersama satu-satunya prototipe GT 1964 dengan sasis GT/105 yang masih menggunakan livery ikonik ini di Monteret Car Week.

>>> Ferrari Hybrid Termurah Beratap Terbuka Akan Segera Diluncurkan

Sayang protipe GT/101 asli yang mempopulerkan livery tersebut sudah tidak ada setelah dibatalkan pasca uji coba di Sirkuit Le Mans dan Monza yang berakhir dengan isniden.

Gambar Interior Ford GT '64 Heritage Edition

Siapa yang ingin membawa pulang dan merasakan duduk di dalam kabin bernuansa biru ini?

Ford sendiri tidak memberikan informasi mengenai seberapa terbatas produksi '64 Prototype Heritage Edition atau berapa biaya untuk membawa pulang salah satu supercar edisi khusus ini.

Yang pasti, harganya tentu lebih mahal dari Ford GT 'standar' yang dibanderol $500.000 atau setara Rp 7,1 miliar untuk pasar Amerika Serikat.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top