Ford Fiesta Dapatkan Teknologi Mild-Hybrid di Eropa

10/06/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Ford Fiesta Dapatkan Teknologi Mild-Hybrid di Eropa
Teknologi mild-hybrid semakin diminati dengan banyaknya mobil keluaran terbaru memakai sistem ramah lingkungan ini. Yang terbaru, hatchback Ford Fiesta mendapatkan mesin serupa.

Dibandingkan plug-in hybrid atau bahkan BEV, mild-hybrid merupakan elektrifikasi paling sederhana yang bisa diaplikasikan di mobil.  Oleh karena itu, para pabrikan menyisipak teknologi tersebut ke line-up mobil barunya, termasuk Ford dengan hatchback Fiesta yang laris manis di Eropa.

>>> Apa sih perbedaan mild-hybrid dengan hybrid biasa?

Gunakan starter/generator 48-volt, konsumsi bensin 20 km/l

Pada dasarnya, sistem yang dipakai Ford Fiesta mild-hybrid sudah cukup familiar, di mana starter generator 48-volt disematkan ke mesin 1.000cc EcoBoost yang hadir dalam dua output tenaga 123 HP dan 153 HP, dan menambahkan torsi sampai 24 Nm.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Sistem ini memanfaatkan tenaga yang terbuang ketika melakukan pengereman, dan membantu mobil dalam akselerasi awal. Dengan upgrade ini, Ford Fiesta mild-hybrid menghasilkan kadar emisi CO2 lebih rendah, yakni 112 g/km dengan standar tes WLTP, dengan konsumsi bensin 20 km/l.

Sistem mild-hybrid yang dipakai di Ford Transit

Kira-kira, begini konsep teknologi mild-hybrid yang akan dipakai di Ford Fiesta

Namun, teknologi satu ini tidak akan hadir di varian entry level trend dan trim performa ST. Alhasil, Titanium jadi satu-satunya trim Fiesta dengan mild-hybrid.

“Menambahkan teknologi hybrid EcoBoost di Fiesta yang punya dinamika berkendara terbaik di kelasnya membuat mobil punya tenaga lebih besar, namun bisa melaju lebih jauh,” ujar Roelant de Waard, Wakil Presiden divisi Marketing, Sales & Service Ford Eropa.

“Fiesta EcoBoost Hybrid akan membantu Ford menghadirkan keunggulan elektrifikasi ke lebih banyak pengemudi dibandingkan sebelumnya.”

Upgrade di sisi teknis

Penambahan teknologi mild-hybrid di Ford Fiesta ini merupakan salah satu dari improvement Fiesta untuk pasar Inggris. Secara visual, nyaris tidak ada modifikasi, dengan sebagaian besar.

>>> Jangan lewatkan kabar paling update seputar mobil baru di sini

Selain itu, varian Ford Fiesta EcoBoost juga menyisipkan teknologi cylinder deactivation, yang bisa semakin memangkas konsumsi bensin dengan mematikan secara otomatis salah satu dari tiga silinder ketika tidak diperlukan.

Ford Fiesta model van

Ford Fiesta 2020 juga hadir dengan girboks otomatis DCT 7-percepatan

Hadir juga girboks otomatis tujuh-percepatan dengan teknologi DCT (Dual Clutch Transmission), meski hanya untuk model dengan mesin EcoBoost 123 HP saja. Kombinasi ini diklaim lebih irit bensin sampai 15% jika dibanding model sebelumnya.

Ford Fiesta mild-hybrid akan dijual di Inggris dengan harga mulai £19.860 (setara Rp 356 juta). Setelahnya, pabrikan Blue Oval menyiapkan 18 model dengan teknologi serupa untuk line-up di Eropa, dan akan dijual sebelum akhir 2021.

>>> Berita otomotif dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top