Ford F-150 Listrik Bakal Jadi Pick Up Terkuat Ford?

28/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Ford F-150 Listrik Bakal Jadi Pick Up Terkuat Ford?
The Blue Oval sudha mengumumkan bagaimana wujud Ford F-150 listrik yang akan diporduksi dalam beberapa tahun mendatang. Dan mobil ini diklaim akan menjadi pick up truck terkuat dari Ford.

Pangsa pasar pick up truck electric sepertinya akan semakin ramai. Sejak kehadiran Tesla Cybertruck, bermunculan pula produsen otomotif lain yang menawarkan pick up bertenaga listrik. Kalau sebelumnya ramai dibicarakan mengenai hadirnya Hummer EV (Electric Vehicle) dari General Motors (GM), kini giliran Ford melakukan hal serupa.

Ford belum lama ini secara resmi memperlihatkan bagaimana sosok pick up truck andalan mereka, F-150, yang akan dipersenjatai baterai dan motor listrik. Bahkan pabrikan Blue Oval ini mengklaim kalau model itu merupakan Ford F-150 terkuat yang pernah mereka bangun.

Sebenarnya rencana menghadirkan Ford F-150 listrik ini sudah pernah disampaikan Jim Farley, President of Global Market Ford pada awal tahun 2019. Namun baru kini penampakan mobil tersebut muncul kehadapan publik.

>>> Ford F1 1949 Pecahkan Rekor Kendaraan Diesel Tercepat di Pikes Peak

Pakai Basis Ford F-150 Generasi ke-14

Ford F-150 Electric Rendering

Penampilan perdana Ford F-150 listrik

Dikutip dari Autoevolution, Rabu (28/10/2020), berdasarkan gambar yang dipublikasikan TopElectricSUV, Ford F-150 listrik ini sepertinya akan menggunakan basis F-150 generasi ke-14. Namun ada sejumlah penyesuaian untuk membedakan versi electric ini dengan F-150 bermesin bakar.

Antara lain dari bentuk gril depan model diamond, lampu utama yang dibuat sedikit lebih kecil namun bertumpuk, serta ada lampu LED bar yang menghubungkan antara lampu sebelah kiri dan kanan. Bemper depan juga sedikit mendapat sentuhan beebda, lalu dilengkapi juga dengan dua kail untuk menderek dan sepasang Day-time Running Light (DRL) juga menggunakan LED.

Sayangnya baru bagian depan yang diperlihatkan Ford untuk F-150 listrik ini. Publik dipaksa menunggu bagaimana penampilan keseluruhan dari mobil tersebut. Rencananya, sosok asli Ford F-150 bermesin listrik ini baru akan dimunculkan tahun 2022, dan baru di tahun berikutnya mulai memasuki tahap produksi. Wah... masih lama ya!

>>> Modifikasi Ford F-100 1954, Berjantung Chevrolet Camaro V8

Diklaim Punya Mesin dan Kemampuan Menarik Trailer yang Jauh Lebih Baik

All New Ford F-150 teaser

Akan diluncurkan bersamaan dengan generasi terbaru F-150?

>>> Review Ford Raptor 2020: Bukan Sekadar Ranger Biasa

Karena akan menjadi Ford F-150 terkuat yang bakal hadir, maka diprediksi pick up truk listrik ini akan punya tenaga jauh lebih baik dari F-150 Raptor generasi sebelumnya. Karena mobil ini akan menggunakan motor listrik ganda yang akan dipasang di poros roda depan serta poros roda belakang.

Diperkirakan tenaga mobil ini akan ada di atas 450 Hp dengan torsi lebih dari 690 Nm. Namun Ford masih menutup mulut tentang teknologi yang akan dipakai pada F-150 EV tersebut. Termasuk bagaimana kemampuan towing dari kendaraan ini yang selalu jadi kebanggaan F-150 sebagai truck pick up terlaris di Amerika Serikat.

Yang jelas, Ford F-150 listrik harus lebih baik dari tenaga yang ditawarkan pada mesin HEMI V8 Supercharged milik Ram yang juga menjadi salah satu truck pick up terkuat di Negeri Paman Sam itu. Apalagi Hummer EV pun menawarkan tenaga yang luar biasa untuk sebuah pick up electric.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top