Fixed! KIA Seltos 2019 Akan Pakai Mesin 1.4 cc Turbo Dan Transmisi 7 Percepatan Kopling Ganda

19/12/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Fixed! KIA Seltos 2019 Akan Pakai Mesin 1.4 cc Turbo Dan Transmisi 7 Percepatan Kopling Ganda
KIA Seltos 2019 saat ini sedang studi banding di Indonesia, kemungkinan ia akan hadir di Tanah Air. KIA Seltos Akan Pakai Mesin 1.4 cc Turbo Dan Transmisi 7 DCT

KIA Seltos akan segera hadir di pasar mobil Indonesia. Dan menurut sumber internal kami sudah fixed, KIA Seltos akan pakai mesin 1.4 cc Turbocharger dan transmisi 7 percepatan kopling ganda. KIA Seltos akan menggunakan mesin dengan kode Smartstream 1.4 T-GDI Petrol. Yang berarti, mesin 4 silinder 1.400 cc dilengkapi dengan turbocharger (T) dan sistem Gasoline Direct Injection (GDI) atau pengabutan bahan bakar langsung.

Gambar menunjukkan mesin KIA Seltos 1.4L T-GDI

KIA Seltos yang akan dipasarkan di Indonesia nantinya menggunakan mesin berteknologi T-GDI 

Sistem pengabutan bahan bakar langsung atau lazimnya disebut dengan sistem direct injection sebenarnya bukanlah barang baru di dunia permesinan mobil. Sistem ini mengandalkan injektor diatas kepala piston dan 'menembak-kan' langsung bahan bakar ke atas kepala piston. Makanya sistem ini disebut dengan direct injection. Jadi mudahnya, injektor langsung ada diatas kepala piston dan tidak melewati apapun diruang bakar alias langsung. 

Gambar menggunakan cara kerja direct injection di KIA Seltos 2019

Sistem direct injection akan menekan emisi dan membuat tenaga serta torsi lebih besar

Kelebihan dari sistem gasoline direct injection pada mesin Smartstream ini adalah emisi bisa ditekan agar lebih rendah emisi, dan power serta torsi yang keluar bisa lebih besar. Tak hanya itu saja, dengan menggunakan sistem gasoline direct injection ini, tenaga mesin akan lebih optimal, dan setup-nya jadi lebih mudah bagi mekanik. Terbukti, KIA Seltos punya output 140 Ps atau sekitar 138,5 Hp pada putaran 6.000 rpm, serta torsi 242 Nm bahkan sejak 1.500 rpm.

>>> Hadir Januari, Sosok Toyota Yaris GR-4 Tanpa Livery Kamuflase Bocor

Gambar menunjukkan mesin Smartstream 1.4L T-GDI KIA

Mesin kencang ini akan dikawinkan dengan transmisi DCT 7 percepatan

Mesin di balik bonnet KIA Seltos ini punya karakter overstroke, karena diameter piston tidak lebih panjang dari langkah piston. Bore (diameter piston) di mesin ini adalah 71,6 mm, sedangkan stroke (langkah piston)-nya adalah 84 mm. Alhasil, ia dapat memperoleh torsi lebih mudah pada putaran mesin yang lebih rendah, bahkan sejak 1.500 rpm hingga 3.200 rpm.

Gambar menunjukkan KIA Seltos 2019 launching di India tengah tahun 2019

KIA Seltos yang meluncur di India pun sudah mengusung transmisi kopling ganda itu

Transmisi pada mobil KIA Seltos 2019 ini juga menggunakan DCT atau Dual Clutch Transmission. Pada transmisi DCT di KIA Seltos ini, mobil akan tetap senyaman pakai transmisi CVT namun tetap dengan respon sigap ala transmisi manual. Jadi, singkatnya transmisi bernama DCT ini adalah teknologi transmisi yang dibuat oleh KIA dengan transmisi manual tapi otomatis.

>>> Kabar seputar mobil baru bisa Anda lihat di sini

Gambar menunjukkan KIA Seltos 2019 sedang berjalan

Dengan mesin turbo dan transmisi kopling ganda, KIA Seltos diprediksi akan menyenangkan dikendarai

Hal ini dapat tercapai lantaran DCT menggunakan 2 buah kopling yang terendam oli. Tak ayal, mobil yang dilengkapi dengan transmisi DCT ini akan sangat terbantu dalam mempersingkat waktu akselerasi. Adanya teknologi DCT pada transmisi 7 percepatan di KIA Seltos 2019 ini juga menjadi langkah kompromi untuk memperkecil kelemahan, baik transmisi manual maupun otomatis.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Video resmi mengenai mobil KIA Seltos di India

Lantas kapan KIA Seltos 2019 resmi dijual di pasar Tanah Air? Sayang sekali sumber kami ini yang juga seorang petinggi di KIA enggan memberi tahu lebih jauh. Well, kita doakan saja, semoga paling cepat akhir tahun 2019 ini atau awal tahun 2020 KIA Seltos sudah dijual di Indonesia. Tentunya, kita semua berharap agar harga yang ditawarkan tetap bersaing.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Review Kia Seltos 2019: “Putra Hercules” Bergaya Milenial

29/06/2019

Editor rate:

Setelah dua mobil konsep, teaser sketsa eksterior dan interior yang menggoda, serta nama dari mitologi Yunani, Kia akhirnya memperkenalkan Kia Seltos 2019. Dengan tubuh berotot serta fitur berlimpah, Seltos siap mengalahkan lawan-lawannya di segmen Small MPV di India, dan seluruh dunia.

Lihat juga

Intip Harga Kia Picanto Bekas, Sempat Populer Sebelum Era LCGC

05/12/2019

Jual beli

5 menit

Kabarnya Kia akan menjual kembali Picanto generasi terbaru. Lalu bagaimana harga Kia Picanto bekas saat ini? Apakah masih layak dibeli dibanding LCGC?

Lihat juga

Cari SUV Berfitur Lengkap? Rp120 Jutaan Dapat Kia Sportage Bekas

10/12/2019

Jual beli

5 menit

Kia Sportage bekas merupakan SUV yang kami rekomendasikan jika Anda sedang mencari mobil nyaman, bertenaga, serta memiliki fitur lengkap. Apalagi kini harganya sudah sangat menarik.

Lihat juga

Bakal Masuk Indonesia, Ini Penjualan KIA Seltos di India

05/12/2019

Mobil baru

3 menit

Sukses dengan debut spektakulernya di India pada 20 Juni 2019, PT Kreta Indo Artha memastikan KIA Seltos juga dijual di Indonesia mulai 2020. Sebelumnya, mari cari tahu seberapa besar penjualan KIA Seltos di India.

Lihat juga

Sambil Menunggu Siap Diperkenalkan Desember Ini, Mari Kita Mengintip Kia Seltos Versi Negara Tetangga

04/12/2019

Mobil baru

3 menit

Kia Seltos dipastikan hadir di Indonesia tak lama lagi. Agar tak penasaran, mari kita melihat Kia Seltos versi India dan Filipina yang terlebih dahulu hadir.

Lihat juga