Bedah Fitur Daihatsu Rocky, SUV Kompak Kembaran Toyota Raize

01/06/2021

Mobil baru

6 menit

Meski disebut saudara kembar, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize juga memiliki perbedaan. Manakah yang lebih unggul Fitur Daihatsu Rocky atau Toyota Raize?

Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan SUV terbarunya, Daihatsu Rocky 2021, pada 30 April lalu. Daihatsu Rocky merupakan mobil SUV kompak yang dibekali mesin turbo dan teknologi terkini. Fitur Daihatsu Rocky bisa dibilang cukup lengkap di kelasnya yakni SUV di harga Rp 200 jutaan. Dengan hadirnya Daihatsu Rocky kian meramaikan pasar SUV di Indonesia. 

Kemunculan Daihatsu Rocky direspons positif oleh masyarakat Indonesia. Bersama dengan saudara kembarnya “Toyota Raize”, kemunculan dua SUV kompak ini di Indonesia ini sejatinya memang cukup dinanti sejak pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 lalu. Namun meski disebut sebagai saudara kembar, baik Daihatsu Rocky dan Toyota Raize juga memiliki perbedaan baik dari segi tampilan maupun fitur. Manakah yang lebih unggul Fitur Daihatsu Rocky  atau Toyota Raize? Berikut ulasannya.

Tentang Daihatsu Rocky

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SUV kompak Daihatsu Rocky pertama kali diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019 lalu. Namun, bagi pecinta otomotif di Indonesia tentunya tidak begitu asing mendengar nama Daihatsu Rocky. Hal itu lantaran Daihatsu Rocky sebelumnya sudah pernah dipasarkan di Indonesia pada penghujung 1980-an silam.

Kala itu Daihatsu Rocky merupakan nama lain dari Daihatsu Taft F75 yang pertama kali diluncurkan pada 1988. Bentuk, desain, hingga fiturnya tentu berbeda jauh dengan Daihatsu Rocky yang sekarang. 

>>> 10.000 Orang Kesengsem Daihatsu Rocky, Ini Dia Total SPK-nya

Kala itu, Daihatsu Rocky memiliki mesin diesel bertipe DL41 dengan kapasitas 2.765 cc. Beberapa tahun setelahnya, mesin tersebut diganti dengan mesin bertipe DL42. Seperti mesin sebelumnya, mesin terbaru itu juga punya kapasitas cc yang sama. Adapun yang menjadi pembeda adalah tenaganya yang mencapai 77 Ps.

Daihatsu Rocky saat itu juga mengalami pembaharuan di beberapa sektor. Seperti penggunaan per keong pada bagian belakang mobil. Kehadiran per tersebut membuat Rocky saat itu menjadi mobil dengan bantingan yang cukup nyaman. Daihatsu Rocky versi lama resmi hilang dari pasar Indonesia pada tahun 1990-an, sedangkan Daihatsu Taft sendiri kemudian berhenti produksi pada tahun 2007.

Tampilan luar Daihatsu Rocky

Penampakan bagian luar Daihatsu Rocky warna merah 

Kembali ke Daihatsu Rocky 2021. Mobil ini dikembangkan melalui platform baru Daihatsu yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang mengusung konsep 1-1-1-1 dengan filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, 1 detik. Ini menjadi proyek kolaborasi kesekian kalinya antara Daihatsu & Toyota sejak keduanya melahirkan Xenia - Avanza pada tahun 2003 silam.

Teknologi DNGA diklaim Daihatsu mampu memberikan pengalaman dan sensasi berkendara yang berbeda. Karena itu impresi berkendara Daihatsu Rocky diklaim berbeda dari model-model Daihatsu yang ada di Indonesia saat ini.

>>> Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021: Layak Diperhitungkan!

Spesifikasi dan Fitur Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky memiliki dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710, tinggi 1.635 mm, dan jarak sumbu roda 2.525 mm. Spesifikasi dimensi ini sama dengan yang ada di Toyota Raize. Dengan ukuran ini diyakini kedua mobil tersebut lebih kompak untuk penggunaan di dalam kota. 

Di Indonesia, saat ini Daihatsu Rocky hadir dengan lima varian bertipe mesin 1.0 L turbo. Untuk varian mesin 1.200 cc dikabarkan baru akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini. Kelima varian tersebut (dari termurah hingga termahal) yakni Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT, Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT, Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT ADS, Daihatsu Rocky 1.0 TC CVT ADS, dan Daihatsu Rocky 1.0 TC CVT ASA. Tentunya ada perbedaan dari segi spesifikasi maupun fitur Daihatsu Rocky pada masing-masing tipenya.

daihatsu rocky versi lawan

Daihatsu Rocky versi lawas 

>>> [INFOGRAFIK] Fakta Daihatsu Rocky, Mobil Turbo Termurah di Indonesia

Dari segi mesin, kelima varian Daihatsu Rocky menggunakan tipe mesin yang sama yakni 1KR-VET 3 silinder 12 katup dengan kapasitas mesin 996 cc. Mesin tersebut juga dilengkapi dengan intercooler turbo yang memiliki pendingin cairan. Dengan spesifikasi mesin tersebut tenaga yang dihasilkan mencapai 99 Ps di putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Beralih ke segi fitur. Interior Daihatsu Rocky juga memiliki fitur-fitur menarik. Untuk fitur hiburan misalnya, mobil ini dilengkapi fitur In-Car Entertainment System. Fitur tersebut memiliki 4 speaker, layar sentuh 9 inch, serta 2 unit tweeter, port USB dan bluetooth. Terdapat juga fitur navigasi yang menambah kenyamanan berkendara. Khusus untuk dua varian tertinggi Daihatsu Rocky yakni tipe ASA dan ADS dilengkapi 8 inch active subwoofer.

Untuk fitur keamanan, Daihatsu Rocky dibekali dengan rear parking camera dan back sonar yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur. Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), VSC (Vehicle Stability Control), Hill Start Assist (HSA).

bagian interior daihatsu rocky

Bagian interior dengan fitur Daihatsu Rocky yang mumpuni

Di tipe tertingginya, Daihatsu Rocky dilengkapi fitur canggih yang disebut Advanced Safety Assist (ASA). Fitur ini membuat Anda lebih aman karena bisa memanfaatkan radar yang ada di bagian depan untuk menjaga kecepatan agar tidak menabrak. Adapun fitur ASA ini memiliki 6 fungsi masing-masing, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Selain fitur hiburan dan keamanan, fitur Daihatsu Rocky lainnya adalah panel instrument berbasis LCD. Fitur satu ini bisa memberikan sejumlah informasi secara akurat. Mulai dari putaran mesin, kecepatan mobil, hingga berapa konsumsi bahan bakar yang telah dipakai oleh mobil. Di bagian eksterior, Daihatsu Rocky sudah menggunakan lampu LED untuk bagian depan dan belakang. 

>>> Ini Lho Warna Daihatsu Rocky yang Paling Diminati Konsumen

Beda Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Meski merupakan saudara kembar, ada perbedaan antara fitur Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Perbedaannya antara lain pada fitur keamanan. Jika Daihatsu Rocky dilengkapi fitur keamanan Advance Safety Assist atau ASA maka Toyota Raize menggunakan fitur Toyota Safety Sense (TSS).
Fitur ASA ini memiliki 6 fungsi masing-masing, yakni Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Daihatsu Rocky (atas) dan Toyota Raize (bawah)

Gambar Daihatsu Rocky (atas) dan Toyota Raize (bawah)

Sedangkan fitur dalam paket TSS lebih banyak ketimbang ASA yakni  Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring, dan Adaptive Cruise Control.

Tidak hanya dari segi fitur, perbedaan keduanya juga terlihat dari tampilan eksterior. Tampilan Daihatsu Rocky lebih banyak memiliki aksen krom pada grill, side body moulding, side guard, dan side skirt serta garnish pintu. Desain ini membuat kesan SUV modern terlihat pada Daihatsu Rocky. Sedangkan Toyota Raize tampil lebih sporty dengan warna sederhana dan grill berbentuk trapezoidal melebar ke bawah sampai menyatu ke area fog lamp. 

Itu dia sedikit ulasan mengenai fitur dan kelebihan Daihatsu Rocky. Apakah Anda tertarik untuk membelinya? 

>>> Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021: Transmisi Manualnya Mengejutkan!

 

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa kisaran harga Daihatsu Rocky?
Untuk tipe termurahnya, harga Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT dibanderol Rp 214.200.000 sedangkan tipe termahalnya yaitu Rocky 1.0 R TC CVT ASA dijual dengan harga Rp 236.100.000.
Berapa kapasitas penumpang Daihatsu Rocky?
Daihatsu Rocky merupakan SUV bertipe 5-seater atau 5 kursi penumpang.
Berapa ukuran ban dan velg Daihatsu Rocky?
Mobil ini menggunakan velg alloy 17 inch dan ban 205/60 R17.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top