Disebut Rilis November, Ini Fitur Baru di All New Avanza?

28/07/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Sebuah laporan terbaru mengindikasikan bahwa All New Avanza akan mendapatkan debut perdananya di bulan November tahun ini, Lalu, apa saja yang berubah?

Sejak tahun lalu, penggemar otomotif Tanah Air dibuat penasaran dengan tampilan edisi terbaru dari All New Avanza. PT Toyota Astra motor (TAM) dipercaya sedang mempersiapkan tampilan terbaru mobil ini. Mengingat Honda juga sedang mempersiapkan N7X Concept sebagai generasi terbaru Honda BR-V yang dipercaya meluncur September mendatang.

Portal berita wapcar.my menyebutkan bahwa mobil generasi ketiga ini rencananya siap meluncur bulan November 2021 mendatang. Dengan statusnya sebagai generasi baru, tentunya ada banyak tambahan pada fitur dan teknologi yang digunakan. Bukan hanya menggunakan sistem penggerak roda depan, berikut beberapa perubahan yang diprediksi

Desain yang lebih futuristik

Major change atau ubahan di generasi baru tentunya memberikan tampilan yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan minor change atau facelift seperti yang ditemukan pada New Avanza 2020. Dan jika benar All New Avanza akan menggunakan basis dari DN Multisix, tentunya ini memberikan tampilan yang lebih futuristik dari Mobil Sejuta Umat ini.

mobil konsep DN Multisix berwarna putih
Tampilannya diprediksi senada dengan konsep DN Multisix

>>> Harga Toyota Avanza Bekas Medan Dan Fitur yang Ditawarkan

Berkaca pada Multisix, mobil konsep Daihatsu ini menghadirkan tiga balok lampu depan yang dibuat sangat menyipit. Kedua lampu depan disambungkan dengan aksen chrome serta grille yang lebih tipis dan desain bumper yang lebih bersegi. Gabungan ketiga komponen ini berhasil membawa tampilan yang lebih menawan dibandingkan versi standar Avanza dan Avanza Veloz saat ini.

Beralih ke samping, tampilannya memang tak begitu jauh berubah. Sisi samping dengan lekukan yang sederhana memang menjadi ciri khas Avanza dari tahun ke tahun. Namun yang baru di edisi terbaru kemungkinan besar velg yang lebih sporty, tak menutup kemungkinan akan menggunakan velg dual tone pada All New Avanza Veloz, model tertinggi dari Avanza.

Tampilan ala Toyota Rush terbaru dipercaya akan menjadi penghias bagian belakang mobil ini. Desain ini juga bisa ditemukan paada Multisix, dimana spoiler belakang masih dipertahankan, namun lampu belakang dibuat semakin tipis dan lampu rem yang menyatu antara sisi kanan dan kiri. Ubahan lainnya juga bisa ditemukan pada bumper yang semakin proporsional.

interior mobil konsep DN Multisix berwarna putih
Ada penambahan dimensi untuk membuat mobil ini lebih lega

Laporan lainnya juga menyebutkan bahwa generasi ketiga akan mendapatkan perubahan dimensi yang cukup signifikan. Jika Avanza biasa saat ini memiliki panjang 4,2 meter, maka edisi selanjutnya diprediksi mencapai 4,3 meter. Tentunya akan semakin nyaman apabila Avanza bisa menambah ruang kaki di belakang dengan penambahan panjang ini.

>>> Simulasi Kredit Mobil BRI untuk Mobil Brio & Avanza

Fitur keselamatan baru

Bocoran terbaru menyebutkan bahwa All New Avanza dibekali dengan tambahan fitur keselamatan canggih Toyota dan Daihatsu, mulai dari enam airbag yang terpasang dalam kabin dan Autonomous Emergency Braking (AEB). Bahkan tak menutup kemungkinan All New Veloz bisa mendapatkan Toyota Safety Sense yang sudah ditemukan pada Toyota Raize varian tertinggi.

fitur pengereman AEB yang lebih canggih
Apakah Avanza akan mendapatkan fitur rem darurat otomatis?

Apalagi melihat fitur tambahan yang ditemukan pada Perodua Alza. Saudara kembar Avanza dan Daihatsu Xenia di Malaysia yang sudah mendapatkan fitur canggih semisal Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keep Assist (LKA). Walaupun dengan statusnya sebagai mobil yang terjangkau, penambahan fitur ini dirasa akan memberatkan harga yang ditawarkan pada mobil ini.

Mesin lebih canggih

Toyota Avanza memang dikenal karena konsumsi bahan bakar yang terbilang cukup irit untuk sebuah mobil berkapasitas hingga 7 orang penumpang. Dan tentu saja Toyota tidak ingin mengubah daya tarik tersebut. Dan bahkan edisi terbaru Avanza akan dibuat semakin nyaman dikendarai untuk mengalahkan pesaing baru yang semakin banyak bermunculan.

Salah satunya adalah dengan menghadirkan transmisi Continuous Variable Transmission (CVT) yang dipercaya mampu menghadirkan perpindahan yang lebih mulus sekaligus menjaga performa kendaraan dan efisiensi mesin. CVT menawarkan perpindahan transmisi yang halus, dibandingkan dengan transmisi matik biasa yang masih terasa entakan.

transmisi CVT pada mobil baru
Transmisi CVT diprediksi akan menggantikan transmisi matic konvensional

Namun perubahan paling signifikan pada mobil ini adalah penggunaan sistem penggerak roda depan yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan mobil edisi lamanya. Mengingat selama dua generasi sejak diperkenalkan pertama kali tahun 2003, Avanza menggunakan sistem penggerak roda belakang yang kuat untuk menanjak.

Dengan gabungan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan penggerak roda depan, All New Avanza diprediksi mampu menawarkan perjalanan yang lebih efisien di jalanan perkotaan. Meminimalisir tenaga yang terbuang dan bisa dibuat lebih maksimal dibandingkan penggerak roda belakang.

>>> Harga Toyota Avanza Bekas Medan Dan Fitur yang Ditawarkan

Bagaimana harga All New Avanza?

Untuk masalah harga, MPV kebanggan Toyota ini juga dikenal dengan banderol yang terjangkau, namun tetap stabil bahkan setelah dijual di pasar mobil bekas. Contohnya saja All New Avanza bekas generasi kedua yang diperkenalkan pada 2011 lalu saat ini dipasarkan mulai dari Rp 90 jutaan.

Toyota Avanza 2012 berwar abu-abu
Harga Avanza masih tetap stabil, bahkan di pasar mobil bekas

Harga Toyota Avanza saat ini dibanderol Rp 187 jutaan dan harga Toyota Avanza Veloz di mulai dari Rp 212 jutaan. Kemungkinan besar mobil ini bisa mengalami kenaikan harga Rp 10 hingga Rp 20 jutaan. Mengingat pesaingnya yaitu Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio masing-masing dihargai Rp 199 jutaan dan 197 jutaan. Bahkan harga Mitsubishi Xpander saat ini dibanderol Rp 223 jutaan.

Belum ada jadwal pasti yang dikonfirmasi oleh pihak Daihatsu maupun Toyota. Tapi dengan perkenalan generasi terbaru Honda BR-V yang semakin dekat, tak menutup kemungkinan perkenalan All New Avanza akan dipercepat. Ubahan terbaru dan tambahan fitur yang ditawarkan pada mobil ini tentu saja menjadi dorongan penting bagi Toyota dan Daihatsu untuk meraih kembali titel mobil terlaris di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Toyota Avanza terbaru saat ini?
Harga Toyota Avanza saat ini dibanderol mulai dari RPp187 jutaan
Apakah Toyota Avanza menggunakan sistem penggerak roda belakang?
Toyota Avanza memang menggunakan sistem penggerak roda belakang, tapi generasi ketiga disebut memiliki penggerak roda depan.
Berapa DP Toyota Avanza yang bisa didapatkan?
DP Toyota Avanza mulai dari Rp 30 jutaan dengan cicilan mulai dari Rp 5 juta untuk tenor 5 tahun.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top