First Drive Wuling New Confero S 1.5L C 2021: Worth To Buy?

10/05/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Produk PT SGMW Motor Indonesia ini memang sudah lama didaulat Wuling Indonesia sebagai volume maker mereka, lantas seberapa menarik Wuling New Confero S ini?

Video Wuling Confero terbaru di CintamobilTV

Produk PT SGMW (SAIC-GM-Wuling) Motor Indonesia ini memang sudah lama didaulat sebagai volume maker mereka, lantas seberapa menarik Wuling New Confero S ini? Tim tester Cintamobil.com pun 'lompat' ke balik kemudi untuk mengetahui impresi berkendaranya. Simak ulasan first drive ini hingga tuntas, untuk tahu apakah mobil Wuling Confero S 1.5L C 2021 ini sebenarnya layak dimiliki atau tidak.

Eksterior Kian Atraktif

Foto tampilan depan Wuling New Confero S 2021

Ubahan eskterior paling besar ada di bagian depan

Wuling New Confero S 2021 ini punya temak Sporty & Youthful, sehingga ubahan yang paling menonjol dari Wuling Confero S 2021 ada di bagian depan. Hampir seluruh bagian fascia mobil dirombak untuk model facelift. Berbeda dari model sebelumnya yang lebih ke arah elegan, ubahan 2021 ini menonjolkan kesan sporty dan agresif. Dari bagian lampu depan, lanjut ke gril serta lower gril baru berbentuk segi enam dengan sentuhan garis silver di lower bumper dan juga bumper depannya.

Foto tampilan samping dan belakang Wuling New Confero S 2021

Sayang tampilan belakang dan samping minim ubahan

Sayangnya untuk di bagian samping dan buritan, di mobil keluarga yang punya ground clearance 205 mm ini tak ada ubahan berarti selain finishing velg yang sedikit berbeda. Bentuknya masih mirip seperti ikan lumba-lumba jika dilihat dari samping. Demikian juga dengan aksen krom di bagian pintu bawah mobil dan sisi luar jendela mobil, sampai roof rail yang memberi kesan mewah. Spion mobil juga masih dilengkapi lampu sign serta pengaturan elektris sehingga bisa diatur dari dalam  

Mesin Baru Lebih Irit?

Foto mesin Wuling New Confero S 2021

Mesin anyar bisa lebih irit? Sayang karena keterbatasan waktu kami tak sempat mencoba

Bila melihat spesifikasi jagoan baru PT SGMW (SAIC-GM-Wuling) Motor Indonesia ini yakni Wuling New Confero S, maka langsung terlihat apabila di data spesifikasi output tenaga dan torsinya menurun dari sebelumnya. Lantas apakah hal ini bisa jadi jaminan bahwa Confero akan memiliki konsumsi BBM yang lebih irit? Minimal bila dibandingkan dengan versi sebelum facelift.

Foto tuas transmisi Wuling New Confero S 2021

Rasio giginya terasa kependekan, mungkin untuk kompromi bobotnya

Di Wuling Confero facelift ini tercatat tenaganya menurun sekitar 10,5 HP yakni dari 107 HP menjadi 98 PS (atau sekitar 96,5 HP) pada putaran mesin yang sama yakni 5.800 rpm. Sementara untuk torsinya juga menciut 7 NM dari versi sebelum penyegaran, tepatnya dari 142 NM ke 135 NM di rentang putaran mesin serupa yaitu 3.800 hingga 4.200 rpm yang tetap tersalur ke dua roda belakang.

Foto ban dan velg Wuling New Confero S 2021

Tenaga dan torsi tersalur ke dua roda belakang

Namun, meski ouput tenaga dan torsi terdapat ubahan, tetapi final gear yang digunakan pada New Confero S ini bak pinang dibelah dua dengan versi sebelumnya alias tak ada ubahan. Dari mulai perbandingan gigi satu hingga lima demikian pula dengan jumlah rasionya yang masih menganut 5-percepatan maju. Ban yang digunakan juga ukurannya tetap yaitu 195/60R15.

Foto Wuling New Confero S 2021

Pengendaliannya tidak sebaik rivalnya asal Jepang

Disinyalir penurunan tenaga tersebut untuk mengejar konsumsi BBM yang lebih baik dan makin mendekati rivalnya yaitu Toyota Avanza yang mengusung layout serupa (mesin depan, 5-percepatan manual, dan penggerak roda belakang). Selain tuning yang berbeda, penurunan output ini juga diperkirakan akibat absennya teknologi katup variabel bernama VVT di mesin berkode N15 ini (sebelumnya berkode B15 atau L2B).

>>> First Drive Hyundai Santa Fe Gasoline Signature AT 2021: Lebih Tenang Tak Kalah Kencang?

Kenyamanan Di Atas Harganya

Foto layout dashboard Wuling New Confero S 2021

Kenyamanan kabin baik, peredaman kabin pun oke

Namun meski demikian, value yang dijual oleh mobil Wuling New Confero S 1.5L C 2021 ini adalah kenyamanan kabin yang berada di atas harganya. Contohnya dengan penerapan jok captain seat di mobil ini yang tak hanya menunjang aura kemewahan kabin mobil ini. Tetapi juga menambah rasa nyaman, berkat penerapan kursi model captain seat penumpang yang duduk di baris kedua dapat merasa makin nyaman sepanjang perjalanan.

Gambar jok Wuling New Confero S 2021

Captain seat tambah aura mewah

Kecanggihan audio di Wuling Confero S 2021 juga wajib Anda pertimbangkan saat hendak memilih mobil keluarga. Untuk fitur multimedia contohnya, Wuling Confero S untuk trim L sudah dilengkapi head unit berukuran 8 inci. Konektivitas yang ditawarkan sudah cukup lumayan, mulai dari Bluetooth, USB, SD Card, dan Mirrorlink di mana Anda bisa menampilkan interface Handphone Android Anda di head unit.

Kekurangan Wuling New Confero S 1.5L C 2021

Gambar Multi Information Display Wuling New Confero S 2021

MID tak bisa menunjukkan konsumsi bahan bakar

Tak ada produk yang tampil sempurna di dunia ini, tak terkecuali dengan mobil Wuling New Confero S ini. Ada beberapa hal yang agak mengganggu, di antaranya adalah tidak adanya fitur Average Fuel Consumption maupun Real Time Fuel Consumption pada Multi Information Display (MID). Hal ini membuat pengemudi tak bisa memantau seberapa hemat gaya mengemudinya. Belum lagi rasio gigi satu dan dua yang terlalu pendek terasa agak menciderai performanya.

Kesimpulan

Foto Wuling New Confero S 2021

Harganya yang terjangkau membuatnya layak dilirik

Bila Anda mencari sebuah MPV (Multi Purpose Vehicle) keluarga tiga baris dengan harga di bawah Rp 200 juta, maka Anda tak bisa memalingkan pilihan Anda dari mobil Wuling New Confero S 2021 ini. Kenyamanan serta fiturnya yang berada seolah satu tingkat di atasnya membuat mobil ini layak untuk dipilih. Apalagi ia menjadi satu-satunya merek asal China yang mendapatkan keringanan diskon PPnBM.

>>> Confirmed! Chery Indonesia Siap Comeback Hadang Wuling Dan DFSK

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top