First Drive Toyota New Yaris TRD CVT 2020: Fokus Ubahan Tak Terlihat

15/09/2020

Mobil baru

5 menit

First Drive Toyota New Yaris TRD CVT 2020: Fokus Ubahan Tak Terlihat
PT Toyota Astra Motor baru saja melakukan ubahan ringan pada hatchback andalan mereka, nah inilah first drive Toyota New Yaris TRD CVT 7 Airbags 2020 oleh kami

Persaingan di kelas mini MPV (atau sekarang compact hatchback) memang selalu menyajikan duel yang seru. Dimuali saat kehadiran Suzuki Aerio di medio 2002 lantas di susul Hyundai Getz serta Honda Jazz tahun 2003 dan Toyota Yaris sekitar empat tahun kemudian. Drama persaingan Jazz vs Yaris memang selalu menarik untuk disimak. Masing-masing merek saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Termasuk ketika Toyota meluncurkan trim terbaru yakni Toyota New Yaris TRD.

Foto tampilan Toyota New Yaris TRD Sportivo 2020

Trim yang kami tes ini adalah TRD Sportivo varian CVT 7 Airbags

Beberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor baru saja melakukan ubahan ringan pada hatchback andalan mereka, yakni Toyota New Yaris. Mobil ini lebih dahulu mendapat penyegaran di Thailand melalui saudaranya yang berbentuk sedan yakni Toyota Vios, dan kini kami akan melakukan test drive Toyota New Yaris TRD yang merupakan trim termahal pada lini Yaris. Lantas, seberapa menarik Toyota Yaris TRD CVT 7 Airbags 2020 ini? Simak ulasan kami hingga tuntas.

Eksterior Kian Memukau

Foto tampilan depan Toyota New Yaris TRD Sportivo 2020 7 Airbags

Tampilan depan lebih agresif dan good looking

Eksterior New Yaris juga dibalut dengan desain baru yang lebih atraktif dan lebih good looking, khususnya pada bagian depan pada trim TRD Sportivo, New Yaris telah dilengkapi dengan Attractive New Front Grille and Bumper, New Striking LED Headlamp Design, dan New LED Fog Lamp Design. Tampilan depan New Yaris didesain untuk meningkatkan aura Yaris yang stylish serta bernuansa youthful sesuai dengan karakter pelanggan generasi muda maupun yang berjiwa muda.

Foto tampilan belakang Toyota New Yaris TRD Sportivo CVT 7 Airbags 2020

Buritan masih sama dengan sebelumnya

Sementara untuk bagian samping dan bagian buritan masih sama dengan versi sebelum facelift. Namun itu bukan hal buruk, mengingat velg 16 inci Toyota New Yaris TRD yang berfinishing machinging alloy ini tampak serasi dengan tampilan samping mobil. Artinya ia terlihat proporsional dengan body mobil. Begitu juga dengan spoiler belakang mobil yang agresif membuat Toyota New Yaris ini tampil semakin memukau.

Makin Lincah

Gambar Toyota New Yaris TRD Sportivo CVT 7 Airbags 2020

Kini ia lebih lincah dikemudikan

Meski ubahan pada mobil ini tergolong minim, namun ada satu ubahan ringan yang tidak kelihatan tapi berdampak besar. Yakni radius putar mobil ini diperbaiki, dari sebelumnya 5,7 meter sekarang menjadi 5,1 meter saja. Meski menggunakan ban dan velg dengan ukuran yang sama dengan versi sebelum facelift yakni dengan ukuran 195/50R16 tapi sudut putar yang lebih sempit 0,6 meter membuatnya lebih lincah saat dikemudikan.

Foto setir Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 7 Airbags 2020

Putaran setir bertambah sedikit

Tim Cintamobil.com sudah mencoba sendiri, jumlah putaran setir maksimum (lock to lock) bertambah sekitar 1/3 putaran bila dibandingkan Yaris pre-facelift. Hal ini lantaran Toyota Yaris 2020 ini steering racknya diganti, jadi intinya jumlah gigi datarnya (pinion) kini ditambahkan, sehingga steering bisa diputar lebih banyak dan ban depan pun berbelok dengan derajat lebih besar juga. Pada Yaris pre-facelift, rasio girnya 16,9 sedangkan di versi baru ini lebih kecil 0,4 menjadi 16,5.

Performa

Foto Mesin 2NR-FE Toyota New Yaris TRD Sportoivo CVT 7 Airbags 2020

Mesin masih sama dengan sebelum facelift

Performa Toyota New Yaris TRD Sportivo ini juga sama baiknya dengan versi sebelum facelift. Baik itu konsumsi BBM maupun akselerasi kami cukup yakin tidak akan terlalu berbeda jauh, sebab tidak ada ubahan teknis pada suspensi maupun mesinnya. Saat kami mencobanya, kami hanya bisa melajukan mobil ini sejauh 74 kilometer oleh karena keterbatasan waktu, konsumsi BBM di MID menunjukkan 12,1 kilometer per liter.

Foto Tim Cintamobil.com sedang test drive Toyota New Yaris TRD

Soal kesenangan berkendara, Yaris masih harus mengakui rival kuatnya

Meski bantingan suspensinya lebih empuk dari rivalnya, tapi harus diakui jika Toyota Yaris TRD Sportivo 2020 ini belum bisa menyamai tingkatan fun to drive dari musuh bebuyutannya yakni Honda Jazz. Akselerasi hatchback lansiran Honda itu lebih instan dan sigap, meski transmisinya sama-sama mengadopsi CVT. Demikian juga handlingnya yang lebih unggul Jazz. Tetapi Yaris menawarkan kombinasi yang cukup pas antara kenyamanan dan keasyikan mengemudi.

Kesimpulan

Foto kesimpulan first drive Toyota New Yaris TRD Sportivo 7 Airbags 2020

Ia cukup layak menemani keseharian Anda karena...

Jika Anda mencari hatchback yang pas untuk menemani keseharian Anda, sekaligus ingin mobil dengan tampilan eksterior yang sporty, maka Toyota Yaris TRD Sportivo 2020 ini dapat menjadi pilihan. Apalagi dengan pilihan 3 airbags dan 7 airbags membuat pilihan mobil semakin luas. Belum lagi jaminan nama besar Toyota di Indonesia yang seakan menjamin purna jual mobil ini. Namun, jika Anda mengharapkan performa serta unsur fun to drive yang optimum, mungkin Anda bisa mempertimbangkan sang Rival mobil ini.

>>> Infonya, Yaris ini sedang dipertimbangkan untuk masuk Indonesia

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top