First Drive Toyota New Hilux 2.4 V 4x4 AT 2020: Toyota Hilux Facelift yang Makin Tampan

16/09/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
First Drive Toyota New Hilux 2.4 V 4x4 AT 2020: Toyota Hilux Facelift yang Makin Tampan
Toyota Hilux Facelift kini semakin tampan dan gagah, seberapa besar ubahan yang ada di mobil ini? Berikut hasil First Drive Toyota New Hilux 2.4 V 4x4 AT 2020

Pasar persaingan di kelas dual cabin memang tidak terlalu tampak. Maklum saja, harga jual yang tinggi disebabkan skema pajak Tanah Air, membuat pasar ini tidak terlalu bergairah seperti kelas lainnya. Namun, itu tidak menjadi menjadi halangan bagi pabrikan yang punya line up dual cabin untuk meluncurkan model terbarunya. Salah satunya adalah PT Toyota Astra Motor yang baru saja meluncurkan Toyota Hilux Facelift yang kini punya tampilan semakin gagah.

Foto emblem HILUX

Toyota Hilux Facelift akhirnya muncul pertengahan tahun 2020

Rasanya tak perlu berbusa-busa untuk menceritakan ketangguhan Toyota Hilux. Anda penggemar acara Top Gear tentu hapal bagaimana Jeremy Clarkson mati-matian mencoba 'mematikan' satu unit Hilux, sampai menjatuhkannya dari gedung dan membakarnya. Namun tetap tidak berhasil. Atau bagaimana ekspedisi ke Arktik pada 2007, juga prestasinya di arena balap gila Reli Dakar. So, inilah first drive Toyota New Hilux 2.4 V 4x4 AT 2020.

Tampilan Kian Gagah

Foto tampilan depan Toyota New Hilux 2.4 V 4x4 AT 2020

Tampilan depan Toyota Hilux Facelift makin gagah

Sebelum membahas mengenai impresi berkendara, izinkan kami membahas tampilan eksteriornya terlebih dahulu. Toyota Hilux Facelift 2020 ini, mendapat ubahan besar pada bagian depan. Kini tampilan facia-nya semakin gagah dan menarik untuk dilihat. Hal ini terlihat pada aplikasi grille trapezoidal tebal yang begitu mendominasi wajahnya sehingga menciptakan penampilan yang gagah dan kokoh.

Foto tampilan belakang Toyota New Hilux 2.4 V 4x4 AT 2020

Kesan cantik ditunjukkan pada buritan Toyota Hilux Facelift ini

Desain grille bertema 3 dimensi itu begitu menonjol di bagian bumper depan dengan profil lekukan yang terlihat attractive dan membuatnya selalu tampil terdepan di kelasnya. Grille tersebut juga berpadu apik dengan headlamp LED (Light Emitting Diode) yang dilengkapi auto leveling. Sedangkan tampilan sampingnya hanya mendapat tambahan stiker '4x4' di ujung bak serta velg yang dicat abu-abu gelap. Sementara tampilan belakangnya mengusung stoplamp berdesain baru.

Tangguh Diajak Off-Road

Gambar Toyota New Hilux Facelift sedang off-road di TDE

Hilux tetap tangguh di medan off-road

Oke, kunci model flip key sudah ditangan, kami masih harus mencolok kunci ke rumahnya dan memutar ke depan untuk menyalakan mesin. Maklum saja, Hilux tipe V yang masuk ke Indonesia ini bukan yang termahal di Thailand. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan fitur smart entry dan tombol start stop seperti Hilux Rocco yang jadi top of the line di Thailand. Namun, dual cabin yang didatangkan bulat-bulat dari negeri gajah putih tersebut tetap tangguh diajak off-road.

Foto suspensi depan Toyota New Hilux 2.4 V 4x4 AT 2020

Konstruksi kaki-kaki depan kokoh

Bermanuver di trek berbatu maupun tanjakan kini semakin dimudahkan dengan adanya fitu VFC (Variable Flow Control) pada power steeringnya. Jadi VFC pada sistem power steering Hilux dapat mendeteksi speed (kecepatan) pada kendaraan. Sederhananya sistem ini mampu menyesuaikan diri dengan kecepatan kendaraan. Saat kecepatan mobil rendah, power steering membuat putaran setir lebih enteng untuk membantu kelincahan dan kemudahan saat parkir. 

Foto tuas selector 4x4 Toyota Hilux Facelift 2020

Karena trek tidak berat maka sesekali kami meletakkan pada mode 4H saja

Putaran setir yang kian lincah membuat tim Cintamobil.com tidak terlalu mengalami kesulitan saat bermanuver pada trek off-road buatan di TDE (Toyota Driving Experience) Sunter, Jakarta Pusat. Hilux facelift ini terasa mudah dikontrol dengan sedikit 'mengolah' setir. Redaman suspensinya juga baik, karena memang tidak ada ubahan dari Hilux sebelumnya. O ya, karena trek off-road yang kami lalui ini tergolong ringan, kami hanya meletakkan di mode 4H saja bukan 4L.

Performa Mesin

Performa mesin dari Toyota Hilux Facelift ini kami cukup meyakini sebelas-dua belas dengan versi sebelumnya. Karena memang masih mengusung mesin yang sama, Toyota Hilux 2.4 V 4x4 AT 2020 ini mengusung mesin diesel 4-silinder 2.4L berkode 2GD-FTV. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 149,6 PS atau sekitar 148,1 HP pada 3.400 rpm, serta torsi 40,8 Kgm atau sekitar 400,1 Nm yang sudah dapat dihasilkan sejak 1.600 hingga 2.000 rpm.

Foto mesin 2GD-FTV Toyota

Mesin punya tenaga dan torsi yang mumpuni

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan keempat roda melalui transmisi otomatis 6-percepatan. Berdasarkan hasil tes Cintamobil.com pada Hilux sebelumnya yang juga mengusung mesin ini, konsumsi BBM tol dapat mencapai 11,5 km/l sedangkan di tol dapat melaju sehemat 15,1 km/l. Ketika diajak berlari, 0-100 km/jam Hilux dapat tuntas dalam 13,1 detik saja. Tapi hasil tersebut sangat tergantung dari kondisi lalu lintas yang dilewati.

Kesimpulan

Gambar esimpulan first drive Toyota New Hilux 2.4 V 4x4 AT 2020

Toyota Hilux Facelift layak jadi sahabat petualangan Anda

Bila Anda mencari sebuah kendaraan dual cabin untuk kebutuhan private, maka Toyota Hilux termahal ini layak Anda miliki. Sebab, ia punya tampilan gagah, pakai suspensi tangguh, memiliki nama besar Toyota yang berarti Anda tak perlu khawatir soal purna jual, punya mesin yang hemat mengolah BBM, serta nyaman. Namun, jika Anda mencari fitur dan akselerasi lebih baik akan sebuah kendaraan dual cabin, maka Anda harus mempertimbangkan untuk meminang rival dari mobil ini, yakni Mitsubishi New Triton Ultimate, apalagi ia dibanderol lebih murah dari Hilux ini.

>>> Mau beli Toyota Hilux bekas dengan harga menarik dan kondisi bagus? Klik di sini

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Beberapa Hal Ini Membuat Toyota New Hilux Disukai Konsumen Private

29/08/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota New Hilux ini juga disukai konsumen private berkat tampilan memikat, inilah beberapa hal yang membuat New Hilux digemari oleh konsumen private...

Lihat juga

Ini Alasan Toyota Indonesia Tak Pasarkan New Hilux Revo Rocco

28/08/2020

Mobil baru

3 menit

Meski sama-sama diimpor dari Thailand, Toyota Indonesia tak memperkenalkan varian tertinggi dari New Hilux yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Mengapa?

Lihat juga

Toyota Hilux 2020 Mengaspal, Model Termahal Tak Sampai Rp 500 Juta

27/08/2020

Mobil baru

5 menit

Guna memperkuat dukungan mobilitas kelas komersial pada masa new normal, Toyota Hilux 2020 hadir dengan ketangguhan sentuhan ubahan yang gagah dan modern

Lihat juga

Begini Cara Kerja VFC Power Steering Fortuner Dan Hilux Baru

11/06/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota Fortuner dan Hilux baru sudah dilengkapi dengan VFC (Variable Flow Control) di kemudinya, begini cara kerja VFC power steering Fortuner dan Hilux anyar..

Lihat juga

Baru Saja Meluncur Di Thailand, Yuk Simak Sejarah Toyota Hilux

04/06/2020

Pasar mobil

7 menit

Toyota Hilux memang baru saja meluncur di Thailand dengan nama Hilux Revo, namun tentunya tidak ada salahnya jika kita menyimak sejarah Toyota Hilux...

Lihat juga