First Drive Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020: Hybrid Paling Menggoda Dari Toyota

04/01/2021

Mobil baru

5 menit

First Drive Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020: Hybrid Paling Menggoda Dari Toyota
Bukan hanya dibanderol sebagai mobil hybrid Toyota termurah di Indonesia, namun ini yang menyebabkan Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 ini layak dimiliki

Saat pandemic COVID-19 tahun lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) menjadi salah satu merek yang paling aktif meluncurkan model baru. Dan kehadiran Toyota Corolla Cross di Indonesia bulan Agustus 2020 lalu cukup mengejutkan publik. Maklum saja, nama besar Corolla di Indonesia sangat identik dengan model sedan bukan SUV (Sport Utility Vehicle) seperti ini. Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 ini adalah mobil hybrid paling menggoda dari Toyota.

Foto Toyota Corolla Cross Hybrid

Seberapa menggiurkan mobil ini?

Sebab ternyata bukan hanya dibanderol sebagai mobil hybrid Toyota termurah di Indonesia, namun Corolla Cross ini punya berbagai keunggulan yang membuatnya menggiurkan untuk dimiliki. Sebagai informasi Corolla bergenre SUV ini pertama kali muncul di Asia, tepatnya di Thailand, begitu juga mobil ini yang didatangkan bulat-bulat dari negeri seribu pagoda itu. Lantas bagaimana impresi kami terhadap mobil ini? Simak artikel ini hingga tuntas.

Kabin (Cukup) Lega

Foto layout dashboard Toyota Corolla Cross Hybrid 1.8 AT 2020

Sayang tak tersedia kombinasi warna menarik seperti di versi Thailand

Masuk ke kabin Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 ini makin mudah berkat penerapan smart keyless entry. Jadi Anda tinggal kantungi saja kunci pintar tersebut dan genggam gagang pintu maka secara otomatis kunci akan membuka dan Anda bisa masuk ke dalam. Masuk ke dalam kabin Anda akan disambut dengan warna dominan hitam, berbeda dengan Corolla Cross Hybrid di Thailand yang terdapat kombinasi warna merah maroon di interiornya.

Foto kursi depan Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Kursi sudah elektrik dan nyaman diduduki

Pengaturan kursi pengemudi di mobil ini pun makin mudah karena sudah elektrik delapan arah, sedangkan untuk kursi penumpang depannya masih harus diatur manual dan tak tersedia pengatur ketinggian untuk penumpang depan. Menemukan posisi duduk ideal bukan perkara sulit, karena setir yang dipenuhi tombol untuk mengatur MID (Multi Information Display), cruise control, dan audio ini dapat diatur tinggi-rendah (tilt) serta jangkauannya (telescopic).

Foto bagasi Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Bagasi cukup luas dan headroom penumpang belakang cukup baik

Sebelum jalan, kami menyempatkan diri untuk mencoba kursi belakangnya. Dengan test driver Cintamobil.com yang tinggi badannya 173 cm, dan kursi depan sudah diatur sesuai dengan postur badan kami, masih tersedia sedikit ruang kaki. Masih kalah jauh dengan Honda CR-V Turbo ataupun Mitsubishi Eclipse Cross yang menjadi rival beratnya. Setidaknya ia unggul dari Mazda CX-30 yang punya leg room dan head room yang lebih sempit dari Corolla Cross ini.

Self-charging Baterai Cepat

Foto panel instrumen Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Tak ada indikator RPM selayaknya mobil bermesin hybrid

Injak pedal rem dan tekan tombol POWER berwarna biru di bagian belakang setir sebelah kiri maka indikator READY akan menyala yang menandakan mobil siap jalan. Tak ada interupsi suara apapun ketika daya dari baterai dalam keadaan cukup untuk menyalakan AC dan menggerakkan mobil. Namun, jika mesin langsung menyala agak keras Anda jangan heran, sebab dulu kami sempat cek dengan alat khusus mesin berputar di atas 2.000 rpm untuk mengisi baterai.

Foto tampak belakang Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Hasil tes kami membuktikan mobil ini terbukti irit BBM dan tentunya ramah lingkungan

Mesin hybrid di Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 ini jarang sekali menyala, karena pengisian ulang daya listrik dari sistem regenerative brake mobil ini demikian baik. Berdasarkan hasil tes kami, konsumsi BBM Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 ini berada di angka 24,5 km/l pada kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan untuk melaju di jalan bebas hambatan dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, 1 liter Pertamax mampu membawanya sejauh 23,8 kilometer.

Foto first drive Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Untuk lalu lintas konstan seperti di tol memang sistem hybrid tak terlalu membantu

Tentu ada pertanyaan mengapa konsumsi BBM di jalan tol lebih boros dibandingkan dengan di dalam kota? Sebab untuk di dalam kota sistem Hybrid Synergy Drive yang diusung mesin berkode 2ZR-FXE ini sangat membantunya untuk efisien di dalam kota. Seperti ciri khasnya pengendaraan di kota besar, Anda akan lebih sering melakukan stop and go, dibandingkan dengan lalu lintas jalan tol yang cenderung konstan dan membuat mesin lebih sering menyala.

Foto mesin 2ZR-FXE Toyota

Mesin yang sama akan Anda temukan di Corolla Hybrid Sedan dan C-HR Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid ini menggunakan mesin 2ZR-FXE. Mesin ini sudah mengusung sistem hybrid tingkat lanjut yang lebih efisien tapi tidak meninggalkan tenaga yang memadai. Total tenaga mesin ini adalah 122 PS yang terdiri dari 98 PS engine output + 24 PS electric motor. Sementara total torsinya adalah 305 Nm yang terdiri dari 142 Nm engine output + 163 Nm electric motorMesin ini juga menggunakan siklus kerja Atkinson Cycle yang lebih efisien dari Otto Cycle.

Foto tuas transmisi Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Tenaga mesin tersalur ke roda depan melalui transmisi eCVT khas hybrid Toyota

Untuk berakselerasi dari diam ke 100 km/jam mobil ini juga cenderung biasa saja dan hanya bisa tuntas dalam waktu 12 detikan, bandingkan dengan rivalnya misal Honda CR-V Turbo yang mudah saja berada di angka 8 detik atau Mazda CX-30 di 9 detikan. Namun, yang kami suka adalah kemampuan akselerasi di kecepatan menengahnya yang cepat karena terbantu oleh motor listrik, sehingga ia dengan mudah menyesuaikan diri dengan lalu lintas dan cenderung effortless.

Respon Sasis Menyenangkan

Foto tampilan belakang Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

TNGA membuat respon sasis mobil ini menyenangkan

Seperti halnya karakteristik mobil-mobil Toyota yang menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), membuat karakter pengendaraan dari Corolla Cross ini demikian menyenangkan. Memang tidak se-presisi Toyota C-HR yang suspensi belakangnya mengandalkan konstruksi double wishbone, namun pada torsion beam di Corolla Cross ini terasa lebih nyaman dan pas untuk keluarga.

Foto tim Cintamobil.com di balik kemudi Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Mobil ini terasa fun to drive

Bantingan suspensinya juga terasa dewasa, maksudnya tidak terlalu empuk juga tak terlalu keras baik ketika dikemudikan sendiri, berdua ataupun dengan beban penuh. Karena berbasis TNGA, kami malah merasa Corolla Cross Hybrid ini pengendaliannya mirip dengan Lexus UX yang sama-sama mengusung basis TNGA, namun itu bukan hal buruk, mengingat UX adalah crossover mungil yang punya kualitas buatan baik.

Foto ban dan velg Toyota Corolla Cross Hybrid 1.8 AT 2020

Cengkraman ban baik dan punya grip memadai

Saat kami coba dimuati penuh penumpang plus barang pun, rasa fun to drive mobil ini juga tak hilang. Meliuk di kecepatan tinggi mudah saja kami lakukan berkat respon sasis yang menyenangkan dikawal dengan ban Michelin Primacy, 225/50R18 yang punya grip dan traksi demikian baik. Bobot setir mobil ini juga terasa pas dan cukup mampu memberikan feedback yang baik bahkan saat hujan deras sekalipun.

Hal-Hal Yang Bisa Diperbaiki

Foto Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

Akan lebih baik jika Corolla Cross ini dilengkapi fitur Toyota Safety Sense

Tak ada gading yang sempurna, begitu juga dengan Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 ini yang punya beberapa hal yang dapat menjadi masukkan ke PT TAM agar makin sempurna. Pertama, akan lebih baik jika Corolla Cross varian termahal ini sudah dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense yang punya banyak sensor pemindai. Lalu akan lebih sempurna mobil ini apabila tersedia versi 7-penumpangnya, mengingat pasar Indonesia menyukai mobil bertempat duduk banyak.

>>> Mana yang terbaik antara Toyota Corolla Cross vs Mitsubishi Eclipse Cross vs Mazda CX-30?

Kesimpulan

Foto Toyota Corolla Cross Hybrid

Ini adalah mobil hybrid Toyota yang paling menggiurkan untuk dimiliki

Tidak bisa dipungkiri Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020 ini adalah kendaraan hybrid paling menggoda dari Toyota saat ini. Dengan banderol 'hanya' Rp 497.800.000, ia jauh lebih murah dibandingkan dengan saudara-saudara sesama Toyota lainnya yang bermesin hybrid. Fitur yang diusung juga cukup baik, ada sunroof, cruise control, dan NFC (Near Field Communication) pada head unit yang dapat membaca saldo e-Money Anda. Menurut kami mobil ini cukup menggiurkan untuk dimiliki. Anda berminat?

>>> Berapa harga Toyota Corolla Cross terbaru?

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top