First Drive Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline AT 2021: Mesin Bensin Juga Layak Dimiliki

22/04/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Toyota Indonesia menjagokan Toyota Corolla Cross Hybrid dibandingkan versi bermesin bensin konvensional. Tapi tahukah Anda jika varian ini pun layak dimiliki?

Sejak meluncur di Indonesia bulan Agustus tahun lalu, Toyota Corolla Cross jadi salah satu model yang paling membuat publik penasaran untuk diulas dan dicoba. Maklum saja, model ini pertama kalinya sejak Toyota RAV4 di tahun 2000-an yang juga masuk secara CBU (Completely Built Up) untuk mengisi pasar medium SUV. Kendati PT Toyota Astra Motor lebih menjagokan varian hybrid dibandingkan mesin konvensional. Tapi ternyata mobil ini juga menarik untuk dimiliki. Mengapa demikian?

Foto Toyota Coroll Cross bensin

Mari kita coba Toyota Corolla Cross versi bermesin bensinnya

Fitur Tetap Lengkap

Foto Head unit Toyota Corolla Cross Gasoline AT 2021

Head unit tetap dilengkapi dengan NFC

Alasan pertama mobil Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline AT 2021 juga layak untuk dimiliki selain modelnya yang sama persis dengan varian hybrid adalah fitur yang diusungnya tetap lengkap. Anda tetap akan menemukan sunroof, head unit yang juga punya fitur NFC (Near Field Communication), serta kepraktisan kabin yang sama persis dengan varian hybrid.

Foto Interior Toyota Corolla Cross Gasoline

Posisi duduk sama persis dengan varian hybrid

Bicara posisi duduk juga sama dengan Toyota Corolla Cross versi hybrid, meski pengaturan kursi pengemudi di mobil ini masih manual berikut dengan kursi penumpang depannya. Menemukan posisi duduk ideal juga bukan perkara sulit, karena setir yang dipenuhi tombol untuk mengatur MID (Multi Information Display), cruise control, dan audio ini dapat diatur tinggi-rendah (tilt) serta jangkauannya (telescopic). Begitu juga dengan kursi belakangnya, rasanya sama persis dengan varian hybrid.

Hening Dan Berperforma Baik

Foto mesin 2ZR-FE Toyota

Di brosur, mesin ini punya output tenaga 140 PS dan torsi 17,5 Kgm

Oke, tak perlu waktu lama. Kunci smart keyless entry sudah tester Cintamobil.com kantungi jadi tinggal 'lompat' ke kursi pengemudi, atur posisi duduk dan setir, pakai sabuk pengaman dan injak rem sembari menekan tombol START di sebelah kiri belakang kemudi. Mesin 4-silinder 1.800 cc berkode 2ZR-FE menderu halus. Ketika pintu ditutup suara mesin tersebut lebih terisolir lagi. Kami menduga penggunaan material peredam yang baik dan karet pintu yang cukup tebal makin meredam suara tersebut.

Foto layout dashboard Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline AT 2021

Peredaman kabin terasa impresif

Suara angin saat mobil dijalankan juga tergolong minim. Padahal dalam kondisi standar mobil ini sudah dilengkapi dengan talang air built in yang berpotensi membuat turbulensi udara sehingga menambah bising suara angin, tetapi itu tak terjadi di Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline AT 2021 ini. Demikian juga dengan suara ban yang tak terlalu mengganggu, kenyamanan mobil ini kian maksimal dengan bantingan yang empuk namun tetap stabil saat diajak melaju dengan kecepatan tinggi.

Foto Toyota Corolla Cross Gasoline 1.8 AT 2021 di jalan tol

Ia mampu melaju dengan hemat di rute tol

Respon mesin dari Toyota Corolla Cross ini juga cukup responsif sejak putaran bawah dan terus terasa linear hingga rpm tinggi, hal ini mengingatkan kami kepada Toyota C-HR. Torsi mesin yang sudah terasa sejak 4.000 rpm, membantunya stop and go. Terbukti saat berjalan di kepadatan dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, ia mampu mencatatkan angka 12 kilometer untuk tiap liter bahan bakarnya. 

Foto panel instrumen Toyota Corolla Cross Gasoline 1.8 AT 2021

Panel instrumennya berbeda dengan versi hybrid

Sedangkan untuk melaju di rute tol yang konstan dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, 1 liter bahan bakar oktan 95 yang ada di dalam tangki mobil ini mampu membawanya berjalan sejauh 17,3 kilometer. Figur tersebut terbilang cukup hemat tanpa menciderai kemampuannya berakselerasi. Saat kami tes menggunakan alat Racelogic asal Inggris, Corolla Cross bermesin bensin ini mampu menuntaskan akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 11,1 detik.

Handling Baik

Foto Toyota Corolla Cross Gasoline 1.8 AT 2021

Pengendalian terasa baik dan minim body roll

Seperti halnya karakteristik mobil-mobil Toyota yang menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), TNGA membuat karakter pengendaraan dari Corolla Cross ini demikian menyenangkan. Memang tidak se-presisi Toyota C-HR yang suspensi belakangnya mengandalkan konstruksi double wishbone, namun seperti yang kami bilang tadi, suspensi jenis torsion beam di bagian buritan Corolla Cross bensin ini membuat pengendaraan terasa lebih nyaman dan pas untuk keluarga.

Foto ban dan velg Toyota Corolla Cross Gasoline 1.8 AT 2021

Cengkraman ban yang baik membantu respon sasis lebih memukau

Meliuk di kecepatan tinggi mudah saja kami lakukan berkat respon sasis yang menyenangkan dikawal dengan ban Michelin Primacy, 225/50R18 yang punya grip dan traksi demikian baik. Bobot setir mobil ini juga terasa pas dan cukup mampu memberikan feedback yang baik, bahkan kami cukup yakin feedbacknya akan tetap baik saat dikemudikan dalam kondisi hujan deras sekalipun.

>>> Jauh lebih hemat! Seperti ini rasanya Corolla Cross varian Hybrid

Hal-Hal Yang Bisa Diperbaiki

Foto tampilan belakang Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline AT 2021

Andai ia pakai Toyota Safety Sense maka akan sempurna mobil ini

Tak ada gading yang sempurna, demikian pula dengan Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline AT 2021 ini yang punya beberapa hal yang dapat menjadi masukkan ke PT TAM agar semakin sempurna. Pertama, akan lebih baik jika semua varian Corolla Cross dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense yang punya banyak sensor pemindai. Lalu akan lebih baik lagi bila mobil ini apabila tersedia versi 7-penumpangnya, mengingat pasar Indonesia menyukai mobil bertempat duduk banyak.

Kesimpulan

Foto Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline AT 2021

Dengan membelinya, Anda hemat lebih dari Rp 50 juta dibandingkan varian hybrid

Toyota Corolla Cross varian bensin ini juga menggoda untuk dimiliki. Dengan banderol 'hanya' Rp 463.510.000, ia lebih murah Rp 54.970.000 bila dibandingkan dengan varian bermesin hybrid. Fitur yang diusung juga tak kalah banyak dari hybrid, meski di versi bensin ini Anda tak akan menemukan pengaturan mode berkendara dan kehematan maksimal ala mobil Hybrid Toyota. Namun, menurut kami mobil ini cukup menggiurkan untuk dimiliki. Anda berminat?

>>> Sudah ada versi bekasnya lho, intip harga bekas Corolla Cross di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top