First Drive Toyota Corolla Altis Hybrid: Sedan Medium dengan Tawaran Kesenangan Berkendara Terbaik

04/12/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
First Drive Toyota Corolla Altis Hybrid: Sedan Medium dengan Tawaran Kesenangan Berkendara Terbaik
Era elektrifikasi kendaraan bermotor di Tanah Air dihadapi Toyota Indonesia dengan mempersiapkan jajaran mobil berteknologi hybrid. Salah satu produk terkini yang diperkenalkan adalah Toyota Corolla Altis Hybrid yang diperkenalkan pada media September 2019 lalu di Indonesia. Seperti apa rasa berkendara yang ditawarkan dan apa keunggulannya? Kami mencobanya di Banyuwangi, Jawa Timur.

Sejatinya, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memperkenalkan teknologi hybrid di pasar otomotif Indonesia sejak pertama kali memperkenalkan Toyota Prius di tahun 2009. Selanjutnya model-model berteknologi hybrid diperkenalkan, mulai Toyota Camry Hybrid, Toyota Alphard Hybrid, Toyota CH-R Hybrid, dan terakhir adalah Toyota Corolla Altis Hybrid. Pada awal Oktober 2019 lalu, kami mendapatkan kesempatan menjajal kelima model Hybrid Toyota tersebut di Jawa Timur dan Bali, dan Corolla Altis Hybrid menjadi salah satu menu utama kami.

Tampak depan Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyota Corolla Altis Hybrid menyuguhkan kesenangan berkendara

>>> Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Mid-Size Sedan Toyota Semakin Tampil Ramah Lingkungan & Asyik Dikemudikan

Toyota Corolla Altis Hybrid ini merupakan bagian dari Corolla Altis generasi ke-4 yang hadir di Indonesia. Dalam garis sejarah Toyota Corolla, Altis ini merupakan generasi ke-12 dan mendapatkan kode E210. Di balik badannya, Corolla Altis baru ini merupakan model ketiga di Indonesia yang dirancang dengan basis Toyota New Global Architecture (TNGA) bersama-sama dengan Camry dan CH-R. 

Alhasil, begitu berada di balik kemudi, kesan sporty langsung terasa dari posisi duduk yang rendah dan genggaman mantap pada lingkar kemudi berbalut kulit. Posisi duduk yang dapat diatur secara elektrik memberikan visibiltas yang akurat sesuai dengan keinginan. Balutan warna hitam yang dominan di dalam kabin juga memperluat kesan sporty tadi. 

Dashboard Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyota Corolla Altis Hybrid menyuguhkan visibilitas yang baik saat berkendara

>>> Mengungkap Fitur Toyota Corolla Altis HEV, Sedan Ramah Lingkungan Toyota

Pada panel instrumen, layar 7 inci menampilkan informasi kecepatan dan informasi berkendara lainnya seperti konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh. Pada Altis Hybrid ini tak ada penunjuk putaran mesin, digantikan oleh informasi kondisi pengisian baterai (Charging), berkendara ekonomis (Eco) dan performa penuh (Power).

Begitu tombol Start-Stop ditekan, jika tidak memperhatikan pesan “Ready” di panel instrument, Anda tak akan bisa membedakan apakah mobil hybrid ini sudah siap bergerak atau tidak. Pada awal berkendara, Corolla Altis Hybrid ini akan memulai dengan mode EV (Electric Vehicle), kecuali jika kondisi baterainya benar-benar minim. Mobil ini akan mulai bergerak tenang dalam keheningan mode EV sampai baterainya tak cukup kuat mempertahankan motor listrik bergerak sesuai keinginan pengemudi.

Ruang mesin Toyota Corolla Altis Hybrid

Mesin 1,8 Liter menyuguhkan tenaga hingga 95 PS dan Torsi 144 Nm

>>> All New Corolla Altis 2019 Menjadi Andalan Baru Toyota Pada Segmen Elektrifikasi

Alhasil saat pedal gas mulai diinjak lebih dalam dan menuntut mobil ini berakselerasi, maka mesin 2ZR-FXE, 4-silinder segaris, 1,8 liter yang diusungnya mulai beroperasi dan menyalurkan tenaga 95 PS pada 5.200 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.000 rpm ke roda depan melalui transmisi CVT. Kekuatan ini memberikan tambahan output tenaga 72 PS dan torsi 163 Nm yang dihasilkan motor listrik Hybrid Synergy Drive miliknya.

Corolla Altis Hybrid ini memiliki tiga mode berkendara selain mode EV, yaitu mode Eco, Normal dan Power. Dalam mode Normal, transmisi CVT yang digunakan terasa kurang responsif saat pedal gas di-kickdown untuk menyusul kendaraan di depan, apalagi transmisi ini tak dilengkapi dengan mode perpindahan manual. Namun saat mode berkendara dipindahkan ke mode Sport, responsifitas yang dibutuhkan dapat dicapai karena mobil ini dapat berakselerasi dengan lebih cepat.

Sepanjang perjalanan dari kota Banyuwangi menuju Taman Nasional Baluran, Situbondo sejauh kurang lebih 50 km, mobil ini menyuguhkan pengendaraan yang nyaman dengan peredaman kabin yang senyap dan redaman suspensi yang cukup lembut. Penggunaan platform TNGA yang memiliki titik berat gravitasi rendah mendukung pengendalian yang baik saat bermanuver menyusul truk-truk sepanjang perjalanan. Posisi mengemudi yang tepat memberikan kesenangan berkendara, apalagi visibilitasnya lapang, meski terkadang terganggu pilar-A yang terasa terlalu tebal. Jika Toyota mau memberikan tuas paddle shift di balik setirnya, pasti pengendaraan Corolla Altis Hybird ini akan terasa semakin menyenangkan.

Panel Instrumen Toyota Corolla Altis

Panel instrumen Corolla Altis berupa layar 7 inci di bagian tengah

>>> Tujuh Mobil Toyota Meraih Penghargaan sebagai Mobil Terbaik

Corolla Altis Hybrid yang hadir di Indonesia adalah model pertama Toyota yang mengadopsi fitur keselamatan terbaik dari Toyota Safety Sense (TSS). Fitur-fitur tersebut adalah Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, dan Automatic High Beam.  Dalam perjalanan kami, fitur Lane Departure Alert menjadi fitur yang paling aktif memberi peringatan karena beberapa kali kami mencoba melintasi lajur tengah dalam usaha menyusul mobil di depan kami.

Duduk di bangku belakang saat kembali dari Taman Nasional Baluran menuju Banyuwangi, menjadikan kami dapat merasakan kenyamanan sepenuhnya dari mobil ini. Ruang kaki di belakang lega dan posisi duduk yang tidak terlalu tegak dapat memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan. Apalagi, sandaran bangku bagian tengah dapat diturunkan sebagai armrest bagi penumpang belakang. 

Tampak belakang Toyota Corolla Altis Hybrid

Tak sekedar kesenangan berkendara, Corolla Altis Hybrid juag menyuguhkan efisiensi bahan bakar

Setelah melewati dua hari perjalanan di Banyuwangi dan Bali, pihak Toyota memberikan informasi mengenai konsumsi bahan bakar Corolla Altis Hybrid ini yang meraih hingga 26,0 km/liter. Kesimpulan kami, mobil yang dijual dengan banderol harga Rp566,3 juta ini memberikan opsi sebagai sedan medium yang memiliki keunggulan soal teknologi keselamatan, kesenangan berkendara dan tentunya efisiensi bahan bakar.

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita hot lainnya di pasar otomotif Indonesia dan global

Share this post:
Penulis
Sarjana Teknik Sipil ini menjadi jurnalis otomotif sejak 2003. Ia sudah pernah melesat di atas single seater di sirkuit hingga off-road di padang salju bersuhu -15 derajat. Saat ini Ia bertugas sebagai Managing Editor Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mengungkap Fitur Toyota Corolla Altis HEV, Sedan Ramah Lingkungan Toyota

14/11/2019

Jual beli

3 menit

Dengan tambahan varian HEV (Hybrid Electric Vehicle) baru, Toyota Corolla Altis menyajikan mesin bertenaga yang ramah lingkungan. Tak hanya itu, Toyota juga membeli sedan populernya dengan berbagai fitur hiburan dan keselamatan terbaru.

Lihat juga

All New Corolla Altis 2019 Menjadi Andalan Baru Toyota Pada Segmen Elektrifikasi

13/09/2019

Mobil baru

3 menit

Toyota Corolla bukan hanya sekedar sedan. Corolla merupakan salah satu simbol pencapaian luar biasa yang pernah ditorehkan Toyota.

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Pakai Teknologi Toyota Terkini, Tapi Tetap Pertahankan Jati Diri

12/09/2019

Editor rate:

Sudah empat generasi Toyota Corolla Altis hadir di Indonesia, yang mana secara silsilah keturunan Corolla global sudah masuk generasi ke 12. Bagaimana ikon sukses mobil Toyota ini menghadapi tuntutan zaman yang semakin mengarah interaksi modern, feeling berkendara yang lebih emosional, tapi tetap tidak hilang dari jati diri sang mobil tersukses di dunia ini?

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Mid-Size Sedan Toyota Semakin Tampil Ramah Lingkungan & Asyik Dikemudikan

13/09/2019

Editor rate:

Generasi keempat Toyota Corolla Altis kini siap hadir ke Indonesia membawa dua inovasi besar-besaran. Inovasi ini ialah teknologi mesin hybrid dan arsitektur Toyota New Generation Architecture (TNGA). Apakah dua inovasi ini siap membawa sedan medium Jepang ini menjadi salah satu penantang penting di pasar mobil baru di Indonesia?

Lihat juga

Daftar HargaToyota Corolla Altis terbaru Oktober 2020 Di Indonesia

01/10/2020

Toyota

All New Toyota Corolla Altis 2019 resmi diperkenalkan. Kira-kira ada apa saja pembaharuan yang disematkan? Mari kita simak informasi selengkapnya.

Lihat juga