First Drive Suzuki New Carry Pick Up 2019, Mencoba Sang Legenda Pick Up

03/03/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
First Drive Suzuki New Carry Pick Up 2019, Mencoba Sang Legenda Pick Up
Mobil ini digadang-gadang menjadi yang terbaik di kelasnya. Kami pun langsung lompat ke kursi pengemudi untuk first drive Suzuki New Carry Pick Up 2019

Gambar menunjukkan first drive Suzuki Carry Pick Up 2019

Bagaimana performanya? Simak terus artikel first drive Suzuki Carry Pick Up ini

Sejarah mobil Suzuki di Tanah Air tak bisa lepas dari kehadiran Suzuki Carry di Indonesia. Bisa dibilang tanpa adanya Suzuki Carry dulu tahun 1976, divisi roda 4 Suzuki tidak akan bisa jualan mobil seperti sekarang. Sebagai informasi Suzuki New Carry Pick Up sendiri butuh waktu 4 tahun untuk dikembangkan oleh tim research and development Suzuki Indonesia sebelum akhirnya di jual di Tanah Air, kini tiba-lah saatnya kami melakukan first drive Suzuki Carry Pick Up 2019.

IMPRESI BERKENDARA

Gambar menunjukkan tester tim cintamobil langsung turun test drive Suzuki Carry Pick Up ini

Tim Cintamobil langsung lompat ke bangku pengemudi untuk tes mobil ini

Kunci mobil pick up berkelir putih ini sudah ditangan, memang untuk membuka pintu Anda masih harus memasukkan anak kunci ke slotnya, tapi jangan dianggap remeh, meskipun tidak ada mekanisme remote kunci, tapi New Carry pick up adalah satu-satunya di kelasnya yang mengadopsi fitur immobilizer. Fitur ini mengandalkan dua buah chip khusus yang terletak di anak kunci dan lubangnya, sehingga ketika kedua chip ini tidak match, mesin tidak akan dapat menyala.

Gambar menunjukkan Kursi New Suzuki Carry

Meski busa joknya tipis tapi kabinnya luas

Naik ke kabin makin mudah berkat adanya handgrip yang terletak di pilar A. Setelah duduk di kursi pengemudi, kami merasakan tipisnya busa jok di Carry terbaru ini, demi kenyamanan Anda harus 'pasrah' pada sisa lemak di bokong Anda. Kendati pengaturan joknya tetap luwes dengan maju dan mundur yang cukup jauh dibandingkan rivalnya asal Tiongkok, namun penggunaan seatbelt yang tidak otomatis membuat pengemudi harus mengatur secara manual seatbelt 3 titik ini.

Gambar menunjukkan mesin K15B-C di Suzuki New Carry Pick Up

Mesin K15B-C menderu halus saat stasioner

Seatbelt sudah diatur dan dipasang, kini tiba saatnya menyalakan mesin. Saat kunci kontak diputar, mesin 4 silinder berkode K15B-C pun menderu halus, Huruf C pada akhir kode tersebut artinya Commercial. Beda dengan Suzuki Jimny atau All New Ertiga yang posisi mesinnya berdiri tegak. Khusus untuk K15B-C ini dilakukan berbagai macam penyesuaian seperti kepala piston hingga timing pengapian, jadi jangan heran kalau tenaga dan torsinya turun dari K15B 'biasa'.

Gambar menunjukkan tuas transmisi Suzuki New Carry Pick Up 2019

Perpindahan giginya tidak lagi kaku

Masuk ke gigi 1, dan angkat pedal kopling kami cukup takjub karena tidak seperti mobil lansiran Suzuki lainnya, pada Suzuki Carry teranyar ini, meski pergeseran tuas transmisinya agak jauh, namun tidak terasa kaku seperti layaknya mobil-mobil Suzuki sebelumnya. Tentu saja ini memudahkan, apalagi ditunjang dengan pedal koplingnya yang ringan. Sayangnya tidak tersedia tempat khusus untuk toolkit, sehingga peralatan tersebut berserakan di lantai mobil.

Gambar menunjukkan tidak tersedia tempat toolkit di Suzuki New Carry Pick Up

Sayangnya tidak tersedia tempat khusus untuk meletakkan toolkit dengan proper

Seperti halnya mobil niaga, konstruksi suspensinya juga disiapkan untuk menjadi 'kuda beban'. Ada leaf rigid axle alias per daun di bagian belakang, dan suspensi MacPherson Strut di depan. Saat muatan kosong, pada first drive Suzuki Carry Pick Up ini jelas bantingan terasa keras, namun saat Carry dimuati oleh beberapa galon air mineral dan 2 sak semen 50 kilogram, suspensinya terasa bekerja dengan baik. Bisa dibilang pengendaraan mobil ini adalah yang terbaik di kelasnya.

Gambar menunjukkan head unit di Suzuki Carry Pick Up

Head unit lansiran pioneer hanya dapat memutar input USB dan AUX In

Meski ini mobil niaga, namun fitur kenyamanannya juga patut diacungi jempol. Putaran setirnya enteng berkat penerapan electronic power steering. Pengemudi dan penumpang di mobil ini tidak akan kesepian dan merasa kepanasan saat di jalan sebab mobil ini sudah dilengkapi dengan AC dan audio system. Tapi jangan berharap banyak dengan audio di mobil ini ya, selain peredaman kabin minim di mobil ini juga hanya tersedia 2 speaker saja tanpa tweeter.

KAPASITAS ANGKUT

Gambar menunjukkan bak angkut Suzuki New Carry

Bak angkut Suzuki Carry merupakan yang terlega di kelasnya

Suzuki New Carry Pick Up mampu menyediakan dimensi bak muatan yang jauh lebih luas dari para rivalnya sesama Jepang maupun China. Dengan dimensi bak muatan panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, serta tinggi bak 360 mm. Sementara untuk beban maksimum yang dapat dibawa, Carry terbaru ini dapat dimuati hingga 1 ton alias 1.000 kilogram. Jelas ini akan menguntungkan para pengusaha.

BENARKAH TERBAIK DI KELASNYA?

Gambar menunjukkan stiker Carry pada Suzuki New Carry Pick Up

Suzuki Carry merupakan pick up terbaik di kelasnya, sebab...

Yes, kami yakin dari hasil first drive Suzuki Carry Pick Up ini kesimpulannya adalah ia jadi yang terbaik di kelasnya. Kami jug sudah pernah melakukan komparasi mobil ini dengan lawan-lawannya seperti DFSK Super Cab dan Daihatsu Gran Max. Carry teranyar ini dapat dengan mudah mengungguli kedua lawannya tersebut. Tapi, keunggulan tersebut harus dibayar mahal, sebab Suzuki New Carry Pick Up dijual dengan harga Rp141.600.000 untuk tipe termurah dan Rp151.100.00 untuk tipe termahal membuatnya menjadi mobil pick up ringan termahal di kelasnya.

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Unggul dari Carry dan Gran Max, Yuk Intip Spesifikasi DFSK C Series

14/02/2020

Mobil baru

3 menit

Pertarungan di kelas mobil komersial akan semakin menggelora di Tanah Air dengan kehadiran DFSK C Series, sebelum resmi dijual yuk intip spesifikasinya

Lihat juga

Perang Tiongkok vs Jepang, Komparasi Mobil Niaga DFSK Super Cab 1.5L Gasoline vs Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck

14/10/2019

Jual beli

5 menit

Ibarat peperangan legendaris antara negeri Tiongkok vs Jepang. Kali ini kami juga mengkomparasi dua mobil niaga yang asalnya dari kedua negara tersebut. Inilah komparasi DFSK Super Cab 1.5L Gasoline vs Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck.

Lihat juga

Kuat Secara Teknis Diantara Rival, Ini Kelebihan Dan Kekurangan New Suzuki Carry Pick Up 2019

05/05/2019

Jual beli

Tak ada gading yak tak retak, meski kuat secara teknis diantara para rivalnya, namun mobil ini tetap buatan manusia. Berikut ini tim Cintamobil.com beberkan kelebihan dan kekurangan dari New Suzuki Carry Pick Up 2019.

Lihat juga

Komparasi Suzuki New Carry Pick Up 2019 vs Daihatsu Gran Max Pick Up 2019, Duel Seru Mobil Pekerja

29/04/2019

Jual beli

Yes! Akhirnya pertarungan di segmen komersial kembali seru, setelah PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan jagoan terbarunya di segmen mobil komersial. Inilah persembahan dari kami, duel seru di segmen mobil pekerja, komparasi Suzuki New Carry Pick Up 2019 vs Daihatsu Gran Max Pick Up 2019.

Lihat juga

Review Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019: Tipe Termahal New Carry Pick Up

21/08/2019

Editor rate:

Inilah tipe tertinggi dari New Carry Pick Up yang dijual di Indonesia. Tipe wide deck ini menawarkan dek yang lebih lega dibanding tipe biasa. Bagaimana impresi kami mengenai mobil Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019? Ikuti terus ulasan mendalam kami mengenai mobil ini.

Lihat juga