First Drive Suzuki New Carry Blind Van 2020: Kenapa Harus Beli Mobil Ini?

04/02/2021

Mobil baru

5 menit

Suzuki New Carry Blind Van 2020 kini menyandang status sebagai mobil bermodel blind van termahal di kelasnya, lantas apa saja yang bisa diberikan mobil ini?

Sebelumnya, tim kami telah puas mencoba Suzuki New Carry model Minibus, serta tentunya model Pick Up. Nah, kali ini kami coba juga model Blind Van-nya agar lebih lengkap dan dapat menjadi guidance Anda saat hendak memilih kendaraan untuk usaha. Maka tak perlu berlama-lama, inilah ulasan mengenai first drive tentang Suzuki New Carry Blind Van 2020.

Gambar tampilan belakang Suzuki New Carry Blind Van 2020

Kini saatnya mencoba versi Blind Van

Ruang Kargo Memadai

Sebelum lompat ke kursi pengemudi, baiknya kita bahas dulu ruang kargo mobil ini. Sebab, ruang kargo menjadi salah satu kelebihan Suzuki New Carry Blind Van 2020 ini bila dibandingkan dengan para rivalnya. Memang, untuk dimensi panjang kargo masih kalah 20 mm dibandingkan sang pemain anyar yakni DFSK Gelora Blind Van dan lebih pendek 90 mm dari Daihatsu Gran Max sebagai market leader di kelasnya.

Gambar ruang kargo Suzuki New Carry Blind Van 2021

Dimensi kargo (PxLxT) adalah 2.550 mm X 1.460 mm X 1.300 mm

Tetapi secara ruang kargo, Suzuki New Carry Blind Van 2020 ini tetap bisa dibilang memadai, sebab untuk tinggi kargo ia menjadi yang paling unggul di antara semua rivalnya dengan ukuran 1.300 mm. Keunggulan tersebut lantas dikombinasi dengan pintu model geser di masing-masing sisinya dengan dimensi bukaan 1.050 mm X 750 mm. Plus pintu model hatchback di bagian buritan yang membuat prosesi keluar-masuk barang menjadi lebih mudah.

Gambar kargo Suzuki New Carry Blind Van 2020

Lantai bisa pilih mau model bordes atau profil seperti ini

Untuk lantai dipilih model profil dengan ketebalan 1,2 mm. Sementara untuk bagian plafon dipilih bahan FRP Composite dengan ketebalan 4,0 mm guna menjamin kekuatan serta bobot yang ringan. Maklum saja, dengan komposisi panel body yang lebih banyak dari model minibus, membuat bobot total dari New Carry Model Blind Van garapan karoseri DSP Styling ini bisa lebih berat dibandingkan New Carry model Minibus.

Gambar tampilan samping Suzuki New Carry Blind Van 2021

Beginilah tampilan samping New Carry model Blind Van racikan karoseri asal Bogor

Berbeda dengan model minibus yang tidak ada partisi (pembatas) antara kabin depan dengan belakang, untuk model Blind Van ini partisi tersebut tetap dipertahankan. Tentunya alasan safety menjadi pertimbangan utama mengapa partisi tersebut tetap dipertahankan. Sebab, jika pengemudi tidak sengaja melakukan pengereman mendadak, barang yang ada di kabin belakang tidak langsung terlempar ke depan yang membuat keadaan bisa jadi lebih berbahaya.

>>> Bayar Rp 3,9 Juta, Carry Lama Bisa Diubah Jadi Mirip New Carry Facelift

Mesin Cukup Responsif Dan Pengendalian Lincah

Setelah membahas mengenai kargonya, mari kita ambil kunci dan menuju ke mobil. Kunci mobil ini sudah dilengkapi dengan immobilizer, jadi Anda tak perlu khawatir lagi New Carry Blind Van ini 'digondol' oleh orang yang tak bertanggung jawab. Injak pedal kopling sebelum menyalakan mesin, dan putar kunci kontak ke posisi START. Anda akan langsung merasa suara mesin berikut dengan vibrasinya yang mirip dengan Carry model Pick Up.

Gambar mesin K15B-C Suzuki

Mesin K15B-C diklaim irit dan bertenaga

Hal tersebut wajar, mengingat kursi di New Carry Blind Van ini masih pakai bahan dan jenis yang sama dengan Carry model Pick Up yang didaulat sebagai basisnya. Berbeda dengan New Carry model Minibus yang sudah pakai kursi yang lebih tebal dan modelnya lebih nyaman untuk diduduki, sehingga kemampuan isolasi terhadap panas dari mesin di bawah joknya jauh lebih baik.

Gambar layout dashboard Suzuki New Carry Blind Van 2021

Visibilitas baik ke arah depan

Masuk ke gigi satu, dan angkat pedal kopling kami merasa cukup takjub karena tidak terasa seperti mobil lansiran Suzuki lawas, pada Suzuki Carry Blind Van ini, meski pergeseran tuas transmisinya agak jauh, namun tidak terlalu terasa kaku. Tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin pun terasa cukup untuk menghela bodi ekstra Carry ini, meski kami cukup yakin jika performanya bila diisi dengan beban penuh tidak akan segalak saat diisi hanya satu orang.

Foto setir Suzuki New Carry

Putaran setir enteng berkat penerapan EPS

Pengendalian mobil ini juga menyenangkan untuk sebuah mobil niaga. Putaran setirnya ringan berkat penerapan Electronic Power Steering (EPS) yang makin memudahkan pengemudi untuk memutar setir. EPS ini juga tidak membebani kinerja mesin, karena pakai energi listrik jadi tidak membutuhkan pasokan tenaga hidrolik yang bersumber dari fanbelt untuk kemudian ikut putaran dari mesin. Alhasil, penerapan EPS bikin konsumsi BBM jadi lebih irit.

>>> Begini rasa nyetir New Carry versi minibus racikan karoseri asal Bogor, Jawa Barat

Siapa Rival Mobil Ini

Foto DFSK Gelora Blind Van 2021

DFSK Gelora mampu jadi lawan tangguh Carry ini

Berbicara rival, cukup banyak pemain lain di kelas ini, seperti sang pendatang baru yakni DFSK Gelora Blind Van, saudaranya sendiri sesama produk Suzuki yakni Suzuki APV Blind Van, hingga market leader di kelasnya yaitu Daihatsu Gran Max Blind Van. Sebenarnya ada satu kompetitor lagi yaitu Wuling Formo, tetapi penjualan mobil niaga Tiongkok itu kurang baik, sehingga menurut kami tidak terlalu bisa diperhitungkan sebagai rival.

Kelemahan Suzuki New Carry Blind Van 2020

Gambar lantai kabin Suzuki New Carry Blind Van 2020

Sayang lantainya terasa terlalu tinggi

Tentunya ada beberapa hal yang menjadi catatan tim Cintamobil.com dan sebaiknya diperbaiki oleh PT Suzuki Indomobil Sales. Pertama adalah untuk memasukkan barang ke kabin belakang, masih dirasa terlalu tinggi. Seharusnya ada penyesuaian kecil seperti merendahkan lantai mobil ini, agar proses loading menjadi makin mudah. Kedua adalah kualitas buatan yang bisa diimprove lagi, beberapa bagian finsihingnya masih kasar.

Kesimpulan

Gambar tampilan depan Suzuki New Carry Blind Van 2020

Lebih mahal dari rival, kenapa harus beli mobil ini?

Dengan harga jual mencapai lebih dari Rp 200 juta, memang ada beberapa mobil niaga berformat blind van lainnya yang harganya lebih terjangkau. Lantas mengapa Anda harus memilih Suzuki New Carry Blind Van 2020 ini untuk menunjang usaha Anda? Alasan yang paling tepat untuk tetap memilih mobil ini adalah nama besar Suzuki yang sudah begitu dominan di kelas ini, sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai layanan purna jualnya. Juga, mesin K15B-C yang punya tenaga mumpuni tanpa meninggalkan kehematannya dalam mengolah bahan bakar.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga mobil Suzuki New Carry Blind Van ini?
Harga jual mobil ini sebenarnya sangat tergantung dari kebutuhan Anda, tetapi mobil seperti yang kami tes ini dibanderol seharga Rp 217.300.000
Bagaimana cara membeli Suzuki New Carry Blind Van ini?
Mudah saja, Anda tinggal datang ke diler Suzuki terdekat, sampaikan keinginan Anda nanti akan dibantu oleh sales Suzuki untuk mendapatkan mobil idaman Anda ini
Karoseri mana yang menggarap Suzuki New Carry Blind Van ini?
Perusahaan karoseri yang menggarap mobil ini adalah DSP Styling di Jalan Ence Sumantadireja, Nagrog Indah - Pamoyanan RT.01/03, Kota Bogor Selatan

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top