First Drive: Suzuki Jimny 2020, Jip Mungil Suzuki Selaris Pisang Goreng

31/01/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
First Drive: Suzuki Jimny 2020, Jip Mungil Suzuki Selaris Pisang Goreng
Desain unik Suzuki Jimny 2020 ini menjadikan sosoknya selau menjadi pusat perhatian. Pengendaraannya menyenangkan, sayang perlu inden lama untuk meminangnya.

Jika kami boleh meminjam istilah yang sempat ramai di dunia gadget mengenai "hape ghoib", maka Suzuki Jimny 2020 ini juga bisa saja kami sebut sebagai mobil ghoib. Bagaimana tidak? Mobil yang laris manis layaknya pisang goreng ini, memiliki daftar Inden yang sudah menembus 4 tahun. Hal ini membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia harus menghentikan sementara penjualan mobil ini.

Gambar menunjukkan emblem All Grip di Suzuki Jimny 2020

Animo masyarakat terhadap Suzuki Jimny 2020 ini luar biasa

>>> Profil Suzuki Jimny 2019: Generasi Keempat Muncul Setelah Penantian Panjang 20 Tahun

Animo masyarakat yang luar biasa terhadap jip mungil ini sepertinya membuat PT SIS harus mencari cara untuk mengatasi lamanya inden mobil ini. Tak heran, sejak pertama kali di pamerkan tahun 2018, Suzuki Jimny generasi keempat ini mendapat sambutan yang luar biasa di Indonesia, bukan hanya di dunia. Maklum saja, Suzuki Jimny juga punya sejarah penjualan yang baik di Tanah Air.

Gambar menunjukkan pedestrian memfoto Suzuki Jimny 2020

Mobil ini sangat eye catching, dan tak jarang membuat siapapun tertarik memfoto mobil ini

Begitu fenomenalnya mobil ini membuat siapapun yang mengendarainya akan jadi pusat perhatian di jalan. Bahkan, saat mobil terparkir pun, beberapa pedestrian mem-foto mobil yang kami kendarai. Setelah melakukan review dan meminta pendapat dari off-roader ternama mengenai mobil ini, kini saatnya kami sengaja membawanya keluar kota untuk mengetahui performa mobil ini yang sesungguhnya. Inilah test drive Suzuki Jimny 2020 oleh tim Cintamobil.com.

>>> Ternyata Begini Rasa Mengemudi Suzuki Jimny 2019

1. IMPRESI BERKENDARA

Mencoba mobil ini menjadi salah satu saat yang paling kami tunggu sebagai test driver mobil. Apalagi, sebelumnya kami pernah memiliki pengalaman mengendarai generasi Suzuki Jimny sebelumnya. Dari mulai Suzuki Jimny LJ80, SJ410, SJ413 Samurai, Caribian, hingga JB33 yang sempat hadir di Tanah Air. Nah, kini, saatnya kami menguji Jimny terbaru berkode bodi JB74 . Unit test drive Suzuki Jimny 2020 ini merupakan tipe two tone yang menjadi top of the line di Jimny.

Gambar menunjukkan tim cintamobil sedang test drive Suzuki Jimny 2020

Kami langsung loncat ke bangku pengemudi untuk merasakan impresinya

>>> Inspirasi Modifikasi Suzuki Jimny: Bisa Disulap Jadi Mirip Dua Mobil Ini

Oke tak perlu waktu lama, kunci sudah ditangan, saatnya beraksi di jalan. Kami mengambil rute dari Bekasi menuju Bogor dan kemudian ke arah Puncak. Begitu masuk ke dalam kabin, kesan ruang kabin yang kecil langsung terasa. Bagaimana tidak, dengan dimensi eksterior yang sudah cukup mungil, mobil ini memiliki kapasitas empat orang di dalam kabinnya. Kedua tempat duduk di bagian belakang juga memiliki ruang kaki dan kepala yang terbatas, apalagi bagi penumpang yang berbadan tinggi. Jika penumpang depan juga berbadan besar dan perlu untuk mengatur tempat duduk lebih ke belakang, hal ini akan semakin memperkecil ruang kaki penumpang belakang. Ruang bagasi juga sangat terbatas, kecuali saat Anda hanya bepergian berdua, dimana kedua sandaran bangku belakang bisa dilipat untuk memperluas ruang penyimpanan.

Gambar menunjukkan kursi depan Suzuki Jimny 2020

Kursi pengemudi dan penumpang depan cukup nyaman dan empuk ketika diduduki

Untuk posisi duduk pengemudi dan penumpang depan sudah cukup ideal, meski kami menyayangkan mengapa tidak tersedia fitur height adjuster yang dapat mengatur tinggi rendah kursi pengemudi di mobil ini. Joknya juga empuk dengan material fabric yang berkualitas. Sayangnya, hanya tersedia dua buah cup holder di mobil ini yang tersedia di tengah kabin.

Gambar menunjukkan kursi belakang Suzuki Jimny 2020

Penumpang belakang Suzuki Jimny harus pasrah dengan legroom terbatas

>>> Inspirasi Modifikasi Suzuki Jimny: Bisa Disulap Jadi Mirip Dua Mobil Ini

Deru mesin 1.500 cc 4-silinder berkode K15B yang juga digunakan pada Ertiga dan All New Suzuki Carry getarannya terasa lebih halus di Jimny. Hal tersebut wajar, mengingat posisi mesin dibuat memanjang dan tenaga mesin tersalur ke dua roda belakang, ketika mode 4WD tidak diaktifkan. Kami cukup terkesan dengan peredaman kabin Suzuki Jimny ini yang memberikan kesenyapan. Saat berjalan dan jendela tertutup rapat tidak ada suara-suara berlebihan yang masuk ke kabin.

Gambar menunjukkan mesin K15B Suzuki Jimny 2020

Mesin K15B punya performa sigap dan nyaris tak pernah terasa kehilangan tenaga

>>> Mobil Paling Dicari, 3 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dari Suzuki Jimny Terbaru

Namun, kami sangat menyayangkan ciri khas Suzuki Jimny lawas yang masih terbawa di Jimny terbaru ini. Yakni, suara gardan yang sayup-sayup masuk ke kabin, terutama saat kecepatan sedang antara 60 hingga 90 km/jam. Untunglah hal itu terobati dengan performa Suzuki Jimny terbaru ini yang tergolong baik. Akselerasi dari diam ke 100 km/jam dapat tuntas di bawah 16 detik, cukup baik untuk sebuah mobil yang desain bodinya tidak aerodinamis. 

Gambar menunjukkan tampilan depan Suzuki Jimny 2020

Desain bodi yang tidak aerodinamis menyebabkan kerapatan udara saat kecepatan tinggi besar dan bikin boros BBM

Kami menyukai karakter bantingan suspensi Suzuki Jimny 2020 ini, karena empuk sekaligus juga cukup mantap. Belum lagi radius putar Jimny ini yang kecil membuatnya mudah ketika ingin putar balik atau sekadar hanya parkir. Bobot setir di Jimny ini juga baik karena telah menganut Electronic Power Steering (EPS), meski harus diakui feedback jalan ke setir menjadi minim. Tapi itu tidak masalah karena EPS makin membuat mobil ini lincah bermanuver.

Gambar menunjukkan setir Suzuki Jimny 2020

Setir sudah dibungkus kulit yang membuatnya nyaman digenggam plus putarannya ringan berkat EPS

Konsumsi bahan bakarnya juga cukup impresif. untuk pemakaian di kepadatan dalam kota dengan kecepatan rata-rata 21 km/jam masih di angka 11,8 km/l sementara untuk rute tol dengan kecepatan konstan 90 km/jam konsumsi BBMnya bisa tembus 14,8 kilometer per liter, memang tidak begitu irit mengingat rasio giginya agak besar, membuat ketika mobil berjalan konstan 100 km/jam putaran mesin berada di 3000 rpm. SUV mungil ini cukup stabil saat dipacu hingga kecepatan 145 km/jam. Meski gejala limbung tetap terasa sebagai kompromi dari meningkatnya kenyamannya suspensi Jimny ini.

>>> Paket Modifikasi Suzuki Jimny Black Bison Edition dari Wald, Hapus Wajah Aslinya

2. LAYAKKAH DITUNGGU?

Gambar menunjukkan tester Cintamobil.com bersama dengan Suzuki Jimny 2020

Andai tak perlu inden untuk mendapatkannya...

Dari hasil test drive Suzuki Jimny 2020 ini dapat disimpulkan, dengan harga jualnya yang 'hanya' Rp362 jutaan untuk tipe tertinggi seperti mobil tes kami kali ini memang ia sangat layak dipinang. Karena tidak ada rival sekelasnya di negeri ini yang sanggup menawarkan paket lengkap seperti Jimny. Sayang, daftar tunggunya yang mencapai di atas 4 tahun membuat para konsumen harus berpikir kembali untuk meminang mobil ini.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca berita lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Ternyata Begini Rasa Mengemudi Suzuki Jimny 2019

30/07/2019

Pengemudian

5 menit

Suzuki Jimny sudah dipajang sejak gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, namun baru pada ajang GIIAS tahun ini mobil SUV kecil andalan PT Suzuki Indomobil Sales 2019 ini resmi dijual. Ternyata begini rasa mengemudi Suzuki Jimny 2019

Lihat juga

Jadi The Most Wanted Car In Indonesia, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Jimny 2019

01/08/2019

Jual beli

5 menit

Tak salah jika kami menjuluki mobil ini sebagai the most wanted car in Indonesia. Karena, sejak dipajang di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2018 lalu, mobil ini tetap dapat memancing animo orang untuk memilikinya hingga tahun ini. Namun, tak ada gading yang tidak retak, inilah kelebihan dan kekurangan Suzuki Jimny 2019.

Lihat juga

Terlalu Laris, Penjualan Suzuki Jimny Dihentikan Untuk Sementara Waktu

30/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Jika ada yang tidak terlalu bahagia karena dagangannya sangat laris, Suzuki bisa jadi salah satunya. Beberapa diler resmi 'terpaksa' menghentikan penjualan Suzuki Jimny akibat kewalahan melayani pesanan yang terus mengalir.

Lihat juga

Tak Bisa Penuhi Standar Emisi, Suzuki Stop Penjualan Jimny di Eropa

24/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Kabar buruk untuk Anda para pecinta Suzuki Jimny di Eropa, Suzuki berniat menarik line-up SUV mungilnya dari pasar Eropa karena tidak bisa mengikuti standar emisi CO2 terbaru yang mulai berlaku 2021 mendatang.

Lihat juga

Modifikasi Suzuki Jimny Bergaya Retro Dengan Wajah ala Ford Bronco

07/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Tokyo Auto Salon tinggal menunggu hari. Kehadiran mobil modifikasi pun semakin ramai. Salah satunya adalah modifikasi Suzuki Jimny berwajah ala SUV retro legendaris.

Lihat juga