First Drive New MG ZS Magnify AT 2021: Siap Bersaing Lawan Honda HR-V

20/09/2021

Mobil baru

6 menit

Share this post:
Setahun dipasarkan di Tanah Air, MG Motor Indonesia memperkenalkan New MG ZS dengan sejumlah penyegaran. Apakah mobil ini jadi lebih baik setelah facelift?

Diperkenalkan secara virtual pada 9 September lalu, pihak MG Motor Indonesia mengundang para awak media untuk mengumumkan harga resmi serta merasakan langsung Compact SUV andalan mereka.

Dalam acara tersebut, MG Motor Indonesia juga mengungkapkan bahwa New MG ZS ditawarkan mulai dari Rp 269,8 juta (on-the-road Jakarta) untuk tipe terendahnya. Sedangkan tipe tertinggi yaitu Magnify ditawarkan dengan harga Rp 309,8 juta.

Gambar Harga New MG ZS

Dengan harga mulai dari Rp 269,8 juta, mobil ini membawa value for money yang cukup baik

Usai acara, kami pun diberi kesempatan untuk test drive di area sekitar Summarecon Mall Kelapa Gading yang menjadi lokasi acara. Kebetulan, unit yang kami tes merupakan MG ZS tipe tertinggi.

Lantas, seperti apa impresi kami terhadap mobil yang menjadi pesaing Honda HR-V atau Mazda CX-3 ini? Apakah SUV British yang diproduksi di Tiongkok ini sudah pantas dianggap sebagai pesaing mobil-mobil Jepang tersebut?

>>> Ini Harga New MG ZS, Termurah Rp 269 Juta

Eksterior dan Interior Lebih Berkelas

Sebelum membahas pengalaman berkendara, ada baiknya kita membahas beberapa penyegaran di eksterior dan interiornya yang menjadi menu utama dari agenda facelift MG ZS.

Perubahan paling besar terletak pada bagian fascia depan mobil yang kini jauh berbeda dibanding bahasa desain sebelumnya. Main grille yang tadinya kerap dikritik mirip dengan Mazda, kini mengusung desain hexagonal.

Gambar Grille MG ZS

Grille baru membuat fascia depan mobil kian sporty

Desain lampu depan juga diperbarui dengan garis yang lebih tegas. Di dalamnya, ada LED Projector yang menjanjikan visibilitas lebih baik di malam hari. Bagian bumper juga didesain ulang terutama di bagian grille bawah dan rumah fog lamp yang membuat tampilan mobil ini kian sporty.

Beralih ke samping, tak banyak perubahan yang terlihat kecuali velg baru dengan desain dual-tomahawk. Sedangkan di bagian belakang ada bumper baru dengan elemen desain yang mengikuti bumper bagian depan, serta lampu kombinasi dengan grafis baru

Masuk ke dalam kabin, tidak banyak perubahan dari segi desain dibanding MG ZS 2020, namun kami merasa bagian interior mobil ini lebih premium dengan penggunaan material yang jauh lebih baik.

Gambar Cockpit MG ZS

Tampilan cockpit lebih berkelas dengan material yang lebih baik ditambah penggunaan kluster instrumen digital

Secara pesifikasi, New MG ZS tak mengalami perubahan kecuali dimensi yang sedikit membesar. Mobil ini memiliki panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.653 mm, dan wheelbase 2.585 mm. Ground clearance juga naik 5 mm menjadi 170 mm yang menjadi nilai tambah untuk sebuah SUV 5 penumpang.

>>> Komparasi New MG ZS vs Daihatsu Rocky, Mana Lebih Menggoda?

Semakin Kompetitif Dengan Fitur Baru

New MG ZS juga dibekali dengan beberapa fitur baru unggulan. Di antaranya adalah head unit layar sentuh baru berukuran 10 inci, kluster instrumen digital berukuran 7 inci, I-Max Panoramic Sunroof, pengaturan jok elektrik, dan kamera 360 di tipe tertinggi.

Fitur-fitur keselamatan yang sudah ada di versi pre-facelift juga tak ada yang disunat. SRS Airbag, pengereman dengan ABS + EBD, kontrol stabilitas, kontrol traksi, Curve Brake System, Hill Start Assist, Tire Pressure Monitoring System, dan Emergency Stop Signal tetap tersedia.

Gambar Kamera 360

Kamera 360 memudahkan pengemudi untuk memarkir mobil di ruang yang terbatas

Dengan harga yang ditawarkan, kini New MG ZS semakin kompetitif dengan value for money yang cukup baik jika dibanding rival-rival asal Jepang.

Pengalaman Berkendara New MG ZS

Sekarang kita akan masuk ke menu utama, yaitu impresi berkendara kami pada MG ZS terbaru ini. Kunci sudah kami pegang, dan.. mari kita coba! Oh iya, mobil ini sudah dibekali fitur keyless entry sehingga tak perlu mengeluarkan kunci dari dalam kantung untuk masuk ke dalam kabin.

Gambar Impresi Berkendara New MG ZS

Kami berkesempatan untuk mencoba mobil ini di area sekitar Mall Kelapa Gading

Menyalakan mobil pun cukup dengan menekan tombol dan mesin 15S4 DOHC, 4 silinder, VTi-Tech berkapasitas 1.498 cc pun menderu dari balik kap mesin. Berbeda dengan versi pre-facelift, New MG ZS kini dibekali dengan transmisi 8-speed simulated CVT.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 112 HP dengan torsi 150 Nm. Sebagai informasi, Honda HR-V 1.5 memiliki tenaga 118 HP dengan torsi 145 Nm, sedangkan Mazda CX-3 1.5 memiliki tenaga 108 HP dengan torsi 144 Nm.

Di atas kertas, seharusnya MG ZS bisa mengimbangi rival-rivalnya dalam hal tenaga dan torsi. Kenyataannya? Saat mencoba berkakselerasi, mobil ini entah mengapa terasa underpowered.

Kami berasumsi bahwa permasalahan terletak pada transmisi mobil ini yang masih kurang sempurna. Bahkan, saat kami mencoba melakukan kickdown, respon mesin terasa kurang sigap.

>>> [INFOGRAFIK] Bisa Nyetir Sendiri, Ini Beda MG HS i-Smart dan Wuling Almaz RS

Gambar Mesin MG ZS

Di atas kertas, mobil ini punya tenaga yang sebanding dengan para rival asal Jepang

Satu hal positif yang harus kami utarakan adalah transmisi ini jauh lebih halus dibanding versi pre-facelift. Tentu hal tersebut menjadi nilai tambah dalam parameter kenyamanan.

Lalu bagaimana dengan pengendaliannya? Jujur saja, kami sangat suka dengan karakter suspensi MG ZS yang terasa dewasa. Tidak keras, tapi juga tidak terlalu lembut.

Setirnya yang kompak menjadi kesenangan tersendiri bagi mereka yang menyukai rasa berkendara yang sporty. Berbeda dengan transmisinya, pengendalian New MG ZS terasa sangat sigap saat kami mengolah kemudi. Manuver zig-zag maupun menikung tajam juga bisa dilakukan dengan baik tanpa body roll yang berlebihan.

Setelah puas mengitari area Summarecon Mall Kelapa Gading, kami pun kembali ke parkiran untuk mengeksplor beberapa fitur yang tersemat di New MG ZS.

Gambar Fitur New MG ZS

Pengoperasian beberapa fitur seperti AC masih terasa rumit dan kikuk

Kami merasa bahwa beberapa fitur di mobil ini masih kurang simpel untuk digunakan. Sebut saja fitur I-Max Panoramic Sunroof yang dapat dibuka dengan memutar kenop. Ya, memutar kenop. Kenapa tidak menggunakan tombol biasa yang dipencet ke depan dan ke belakang seperti sunroof mobil-mobil lainnya?

Pengoperasian AC juga terasa kikuk. Memang ada beberapa tombol short cut untuk on/off dan kecepatan blower. Tetapi mayoritas pengaturan harus Anda lakukan di layar infotainment seperti pada Tesla.

Butuh waktu bagi Anda untuk beradaptasi dan mulai menghafal urutan pengoperasian AC mobil ini. Tetapi, kalau masih bisa menggunakan kenop biasa, mengapa semua harus dilakukan di layar infotainment-nya? Jujur saja semua ini terasa seperti, 'kalau bisa susah, kenapa harus gampang?'

Kesimpulan

Gambar New MG ZS

Setelah facelift, MG ZS mulai sebanding dengan rival asal Jepang

Apakah mobil ini lebih baik dibanding versi pre-facelift? 100% iya. Secara build quality, New MG ZS sudah semakin andal dalam menyamarkan identitas aslinya sebagai mobil buatan Tiongkok.

Sayangnya, kami masih merasa bahwa mobil membutuhkan beberapa refinement dalam beberapa aspek. Terutama dalam hal quality of life, seperti pengoperasian fitur yang kami sebutkan di atas.

Meski begitu, harus kami akui bahwa mobil ini semakin mendekati para rival asal Jepang. Apalagi mengetahui SUV British buatan China ditawarkan dengan harga yang kompetitif, kami merekomendasikan mobil ini bagi mereka yang mencari alternatif SUV 5 penumpang yang tidak pasaran dengan fitur-fitur menarik.

>>> Cek Kondisi Mobil MG Bisa Gratis dengan Cara Ini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top