First Drive Mitsubishi Xpander Sport AT 2020: Bukan Tipe Nanggung

31/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
First Drive Mitsubishi Xpander Sport AT 2020: Bukan Tipe Nanggung
Jika biasanya ulasan tentang Xpander adalah tipe tertinggi yaitu trim Ultimate, kini kami akan membahas tipe menengahnya yakni Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Jika biasanya ulasan tentang Mitsubishi Xpander adalah tipe tertingginya yaitu trim Ultimate, kini kami akan coba membahas tipe menengahnya yakni Mitsubishi Xpander Sport AT 2020. Satu hal yang menarik untuk diketahui adalah ternyata Xpander tipe Sport sama sekali bukan trim 'nanggung', malah menurut Cintamobil.com Xpander Sport adalah tipe paling rasional dari Xpander.

Foto Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Benarkah Xpander Sport adalah trim paling rasional?

Eksterior Hanya Beda Sedikit

Foto tampilan belakang Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Eksteriornya hanya beda sedikit dengan tipe Ultimate

Tentu ada alasan khusus mengapa kami bilang Mitsubishi Xpander Sport adalah trim yang paling rasional. Pertama jika dilihat dari eksteriornya, ia menawarkan tampilan yang tidak begitu berbeda bila dibandingkan dengan tipe Ultimate sebagai yang termahal. Difrensiasi hanya ada pada gagang pintu dan cover spion saja yang dilapis krom. Selebihnya sama, termasuk KOS (Keyless Operating System), sensor dan kamera parkir tetap tersedia di Xpander tipe Sport ini. 

Interior Bebas Khawatir

Foto layout dashboard Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Dominan warna gelap membuat Anda tak perlu khawatir kotor

Salah satu nilai jual dari Mitsubishi Xpander trim Sport adalah interiornya yang membuat Anda bebas khawatir. Seperti diketahui Xpander Ultimate menggunakan kombinasi warna terang pada bagian interiornya termasuk kursi. Sedangkan untuk Xpander Sport pakai kombinasi warna gelap. Jelas ini menguntungkan, sebab jika terdapat kotoran tidak lekas terlihat dan mengurangi nilai kebersihan di mobil Anda. Apalagi seluruh akomodasi tak ubahnya dengan Xpander Ultimate.

Foto bagasi Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Bagasi luas, bisa diandalkan untuk mudik

Tujuh penumpang masih bisa duduk dengan nyaman di dalam kabin Mitsubishi Xpander Sport AT 2020 ini, sebab kursinya empuk, terdapat pengaturan yang cukup lengkap di jok pengemudi seperti fitur height adjuster dan sliding, serta headroom maupun legroom jadi salah satu yang terlega di kelasnya. Masuk ke kursi baris ketiga juga mudah dengan adanya one touch tumble, sayangnya headrest yang proper hanya tersedia untuk enam penumpang saja.

Foto kompartemen pinyimpanan tersembunyi Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Kompartemen ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan sepatu

Bagasinya juga cukup lega, sehingga mobil ini enak diajak untuk berpetualang bersama keluarga. Kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat rata meski membuat sedikit bentuk agak menanjak, namun dengan layout seperti itu ia jadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Juga terdapat laci penyimpanan tersembunyi di belakang guna menyimpan barang basah maupun sepatu.

>>> Ini pendapat kami mengenai SUV kompak Mitsubishi yang wajahnya mirip Xpander

Mesin Bertenaga Dan Irit BBM

Foto mesin 4A91 Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Mesin 4A91 dengan teknologi MIVEC

Mitsubishi Xpander Sport AT 2020 ini dilengkapi dengan mesin berkonvigurasi 4 silinder berkode 4A91 berkapasitas 1,499 cc dengan teknologi pengaturan katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 104 PS atau sekitar 102,5 HP di putaran 6,000 rpm serta torsi 141 NM di kitiran 4,000 rpm dan tersalur ke dua roda depan melalui transmisi otomatis 4-speed.

Foto tuas transmisi otomatis Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Transmisi otomatis 4-speednya bekerja halus dan responsif

Teknologi katup variabel MIVEC ini dikembangkan oleh Mitsubishi untuk ditujukan untuk mendapatkan tenaga yang optimum di perkotaan maupun di jalan bebas hambatan. Teknologi pintar MIVEC dapat mengatur lift camshaft di rocker arm, membuat MIVEC punya jarak main katup hingga 10 mm di atas putaran mesin 3.500 rpm. Sehingga, diharapkan mobil terasa bertenaga di setiap rentang putaran mesin.

Foto Mitsubishi Xpander Sport AT 2020 sedang isi BBM Oktan 92

Xpander hemat dalam mengolah BBM, asal pakai oktan 92 ya!

Namun pada kenyataannya tenaga yang positif hanya dirasakan pada putaran bawah hingga menengah. Tak heran Xpander Sport ini asyik sekali diajak menemani aktivitas harian di dalam kota. Dan ini juga tercermin pada konsumsi BBM yang diperolehnya. Di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam ia mampu menempuh jarak 13,1 kilometer untuk setiap liternya, sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, ia mampu menembus 17,8 km/l.

Foto mengemudikan Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Ia cukup stabil hingga kecepatan di atas 150 km/jam

Untuk melaju konstan dengan kecepatan jelajah antara 120 hingga 140 km/jam ia masih cukup nyaman, namun tenaga di putaran atasnya terasa hambar dan butuh usaha ekstra untuk overtaking, utamanya ketika jarum putaran mesin melewati angka 4.000 rpm mobil jadi terasa flat. Hal ini juga tercermin dari akselerasi mobil ini, untuk berlari dari diam ke 100 km/jam ia hanya mampu mencatat angka 12,9 detik saja. Tidak secepat Honda Mobilio yang mempu menyelesaikan 11 detikan.

Handling Tetap Terjaga

Foto suspensi depan Mitsubishi Xpander

Handling jadi hal istimewa di Mitsubishi Xpander

Kabar baik lainnya ada pada suspensi mobil ini. Konstruksi kaki-kaki belakang yang teknologinya diambil dari Mitsubishi Lancer Evolution membawa dampak positif. Mobil terasa stabil di kecepatan berapapun. Begitu juga saat bermanuver, fleksibilitas sasis Xpander seakan membantunya lebih presisi dalam melahap tikungan. Apalagi Anda tak perlu khawatir untuk kehilangan kendali, sebab ia sudah dilengkapi dengan ASC (Active Stability Assist).

Foto tampilan belakang Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Ia cukup menyenangkan di ajak plesiran ke luar kota

Saat dibawa dengan muatan penuh (6 orang plus barang bawaan) ke luar kota ia juga cukup menyenangkan. Bantingan suspensinya tetap lembut dan mampu meredam getaran dengan baik serta tidak ada gejala suspensi 'ambles' berlebihan. Kami juga suka kinerja remnya yang pakem dan tidak terasa seperti mobil di kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle). Meliuk-liuk di jalan perbukitan bukan masalah serius baginya.

Kesimpulan

Foto Mitsubishi Xpander Sport AT 2020

Mitsubishi Xpander Sport adalah trim yang rasional

Jika Anda menginginkan Mitsubishi Xpander yang fiturnya paling rasional dan bersaing Anda harus mempertimbangkan mobil Mitsubishi Xpander Sport AT 2020 ini. Karena dengan harga yang lebih murah, bisa dibilang ia hanya tidak memiliki ornamen krom di bagian eksterior serta fitur cruise control saja seperti di trim Ultimate. Tak heran ia menjadi salah satu LMPV terbaik yang bisa dibeli di pasaran sekaligus jadi Xpander yang paling rasional untuk dimiliki.

>>> Ingin beli Mitsubishi Xpander bekas? Klik di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top