First Drive Mitsubishi Eclipse Cross, SUV Dengan Citra Fast & Furious

07/02/2020
Kami menguji-coba Mitsubishi Eclipse Cross di Bali, pantaskah ia menyandang nama warisan tunggangan Brian O’Conner di The Fast And The Furious?

Dengan hebohnya kemunculan trailer film Fast & Furious 9, sangatlah sulit bagi saya untuk tidak mengaitkannya dengan sosok Mitsubishi Eclipse Cross yang kami uji coba pada sesi Mitsubishi Media Test Driver #AyoGasTerus di Bali 4 - 6 Februari silam. Bagaimana tidak, karena serial ini diawali adegan pembuka Brian O’Conner mengemudikan Mitsubishi Eclipse berwarna hijau terang. 

Gambar sebuah mobil Mitsubishi Eclipse berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Mitsubishi Eclipse Cross di Kebun Raya Bedugul, Bali

>>> Mitsubishi Siapkan Eclipse Cross Facelift, Bagian Belakangnya Berubah

Meski Eclipse ikut mengalami kepunahan massal sports car di era milenium baru, Mitsubishi merasa bahwa nama tersebut layak dibangkitkan kembali dalam wujud sesosok SUV. Pas untuk mengaitkannya dengan image dinamis sports car dimiliki Eclipse.

Sedikit kisah balik, Eclipse orisinal hadir antara 1984 - 2011 dalam empat generasi. Dengan model dipakai mendiang Paul Walker di The Fast and the Furious merupakan Eclipse generasi kedua. Eclipse kembali hadir pada sequel 2 Fast 2 Furious, dimana model generasi III dikemudikan oleh rekan Brian, yakni Roman Pierce diperankan Tyrese Gibson. 

foto tampak belakang mitsubishi eclipse cross 2019

Tampilan belakang Mitsubishi Eclipse Cross terlihat unik dengan reflektor lebar dan kaca ganda

Jujur, inilah mobil paling saya tunggu sepanjang sesi test drive. Terserah adan pendapat bilang bahwa SUV akan mematikan hasrat orang akan mobil, bagi saya SUV merupakan mobil cocok dengan kondisi jalan dan kebutuhan orang Indonesia. Dan upaya Mitsubishi menginjeksikan sedikit keseksian kupe membuat saya semakin tertarik pada Eclipse Cross. 

Dan patut diakui bahwa inilah mobil paling menyenangkan dikemudikan di antara semua line-up dihadirkan Mitsubishi dalam sesi test drive. Meliuk-liuk di jalanan berliku, dipadu akselerasi mesin MIVEC turbo 4B40 1500 cc membuatnya begitu fun to drive. Untuk sebuah SUV tentunya. 

>>> Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Produk SUV Bergaya Crossover Terbaru Dari Mitsubishi

Gambar menunjukkan team Cintamobil sedang test mobil Mitsubishi Eclipse

Begitu menyenangkan saat dikemudikan di rute Danau Tamblingan - Ubud penuh jalan berliku

>>> Mengenang Mitsubishi Eclipse Brian O’Connor yang Ikonik dari Fast and Furious

Masalah untuk spesies SUV berkonsep seperti Eclipse Cross adalah bahwa konsumen akan selalu membandingkannya dengan SUV lebih konservatif semacam Pajero Sport. Harga sebelas - duabelas, tetapi kita akan mendapatkan mobil berukuran lebih besar, gagah dan lega. Pepatah bahwa lebih besar lebih baik memang masih berlaku agaknya. 

Dan faktanya, akomodasi Eclipse Cross tidak lebih baik dari Pajero Sport, bahkan LSUV sekalipun. Paling kentara adalah terbatasnya ruang bagi kaki kiri pengemudi. Meski soal fitur jelas tidak perlu diragukan. Tersedia Head Up Display yang memberikan informasi kecepatan, RPM,  juga dilengkapi dengan fitur Touchpad Controller dekat transmisi untuk mengatur berbagai fungsi kendaraan. 

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Aditya Siregar

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain