First Drive MG HS Ignite 2020: SUV MG yang Mengejutkan

14/09/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
First Drive MG HS Ignite 2020: SUV MG yang Mengejutkan
Brand non Jepang memang cukup gemar memberikan kejutan, tak terkecuali dengan MG, kali ini kami mengetes MG HS Ignite 2020, lantas seberapa mengejutkan SUV ini?

Brand mobil non Jepang memang cukup gemar memberikan kejutan di Tanah Air, tidak terkecuali dengan MG (Morris Garage). MG Motors Indonesia tak puas hanya membawa MG ZS saja untuk dipasarkan di Indonesia, namun mereka juga menyipakan 'senjata rahasia' untuk menggempur SUV dengan kelas di atasnya. Kali ini tim Cintamobil.com mengetes MG HS Ignite 2020.

Foto emblem HS pada MG HS Ignite 2020

HS merupakan jawab SUV C-segment dari MG Motors Indonesia

SUV ini diklaim oleh MG Indonesia tak kalah dengan merek yang sudah mapan. Seakan pabrikan asal Inggris yang kini dimiliki oleh Tiongkok ini (SAIC Motor) enggan untuk tinggal diam dengan meluncurnya Toyota Corolla Cross dan SUV segmentasi C lainnya asal Jepang, sebab MG Indonesia langsung launching MG HS untuk menghadangnya, lantas seberapa mengejutkan SUV ini? Simak ulasan kami hingga tuntas.

Eksterior Mewah

Foto tampilan depan MG HS Ignite 2020

Tampilan eksteriornya tampak agresif namun tetap berkesan mewah

Sebelum kami membahas mengenai driving impression mobil ini, izin kami untuk sekadar melakukan highlight terhadap desain eksteriornya. Desain agresif namun tetap mewah ditunjukkan bagian eksterior dari SUV ini. Lampu depan sudah full LED (Light Emitting Diode) yang terang tapi tetap hemat daya. Grille berdesain 3 dimensi hexagonal merupakan ciri khas mobil-mobil keluaran MG juga terpasang di MG HS Ignite 2020 ini.

Foto tampilan belakang MG HS Ignite 2020

Knalpot ganda seakan menyiratkan performanya tidak main-main

Nafas desain yang elegan diteruskan ke bagian samping hingga ke buritan mobil ini. Velg berukuran 18 inci dengan desain multi spoke tampak kekar dan proporsional dengan dimensi kendaraan keseluruhan. Sementara pada bagian buritannya tampil mewah dengan desain stoplamp yang dilengkapi sequential turning signal seperti mobil-mobil lansiran Lexus. Secara umum tidak ada komplain mengenai tampilan eksteriornya.

Interior 'Gado-Gado'

Gambar interior MG HS Ignite 2020

Dashboard memang bagus tapi seakan kurang punya jati diri

Sorry to say, tapi kami harus bilang jika interior MG HS Ignite 2020 seperti tidak memiliki jati diri. Memang desain layour dashboardnya cukup menarik untuk dilihat, namun desain kursi penumpang depan dan pengemudi yang mirip seperti kepunyaan Mercedes-Benz GLA Class serta setir yang mirip dengan mobil keluaran Eropa seperti VW, membuat interior MG HS ini seperti tak punya ciri khas tersendiri.

Gambar kursi MG HS Ignite 2020

Kursi depan mirip kepunyaan mobil Eropa lainnya

Beruntung hal tersebut berhasil ditutupi oleh finishing interiornya yang baik. Nyaris semua bagian di interior ditutupi material empuk, serta seluruh kursi telah dibalut kulit berkualitas. Duduk di belakang Anda juga tidak akan komplain sebab head room dan leg room luas. Begitu juga saat Anda hendak mengisi bagasi dengan berbagai barang bawaan, sebab bagasinya tergolong cukup luas. 

Pengendaraan Mengejutkan

Foto tim Cintamobil.com test drive MG HS Ignite 2020

Ia terasa cukup impresif saat dikemudikan

Kunci sudah menganut smart entry sehingga Anda tinggal kantungi saja kunci pintar tersebut, injak pedal rem sembari tekan tombol start stop untuk menyakan mesinnya. Saat berjalan, satu hal yang terasa, yakni pengendaraan di MG HS Ignite 2020 ini cukup mengejutkan. Bobot kemudinya yang pas membuatnya nyaman digunakan saat parkir maupun bermanuver di jalan berkelok. Bantingan suspensinya juga terasa pas, maksudnya tidak terlalu keras namun juga enggak empuk. Memang, oleh karena waktu pengetesan kami terbatas, kami belum sempat mengeksplor performa kehematan dan akselerasi dari mobil ini.

Gambar mesin SGE LYX MG HS Ignite 2020

Mesin pakai unit yang dikembangakn General Motors

Sebagai informasi, MG HS Ignite 2020 ini dipersenjatai dengan mesin berkode SGE LYX dengan kapasitas 1,490 cc 4-silinder berpasokan bahan bakar Gasoline Direct Injection, plus Turbocharged. Mesin ini dikembangkan oleh General Motors sejak tahun 2013. Ia mampu menghasilkan tenaga hingga 162 PS atau sekitar 160,5 HP pada putaran mesin 5.500 rpm serta torsi 250 Nm di rotasi mesin mulai 1.500 hingga 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis 7-percepatan dengan kopling ganda.

Fitur Safety Lengkap

Gambar 6 airbags di MG HS Ignite 2020

Enam airbag siap melindungi seisi kabin saat terjadi kecelakaan

Rating bintang lima dari peringkat keselamatan Euro NCAP (European New Car Assessment Program) dan ANCAP (Australasian New Car Assessment Program) memastikan pengendara MG HS Ignite 2020 ini dapat menikmati berkendara yang berkelas sekaligus aman. Fitur keselamatan yang prima juga didukung oleh enam titik airbags, yang terdiri dari dua front side airbags, dua side airbags, serta dua side curtain airbags, Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Differential System, Door Opening Warning (DOW), dan lain sebagainya.

Gambar gagang pintu MG HS Ignite 2020

Sistem keamanan sudah mengusung immobilizer system

Selain itu, kenyamanan ekstra juga diciptakan melalui kualitas udara terbaik di dalam kabin kendaraan karena sistem sirkulasi udara MG HS telah dilengkapi dengan PM 2.5 air filter yang dapat menyaring polusi udara seperti debu dan asap. Tentu saja fitur ini akan membantu menyaring udara yang kotor agar tidak sampai terhirup oleh pengemudi maupun penumpang MG HS ini. Tercatat, ada lebih dari 25 fitur keselamatan yang tertanam pada MG HS ini untuk membuktikan keagresifannya sebagai SUV yang pantas diperhitungkan di kelasnya.

Kesimpulan

Gambar launching MG HS di Indonesia

MG HS mampu menjadi SUV alternatif di Tanah Air

Mobil MG HS ini memang mengejutkan dan bisa menjadi penantang SUV segment C lainnya di Tanah Air. Hal itu dapat tercapai berkat desain cantik, fitur lengkap, mesin bertenaga, serta kabin yang mewah. Apalagi harga yang ditawarkan nyaris lebih murah Rp 60 juta dibandingkan dengan Corolla Cross termahal itu, namun Anda harus benar-benar mempertimbangkan jika mobil ini belum memiliki jaringan purna jual yang kuat di Tanah Air.

>>> MG HS meluncur, harganya segini

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Inilah Empat Unique Selling Point Dari SUV MG HS

17/08/2020

Mobil baru

3 menit

Tampil di kelas 'neraka' yang dihuni merek mapan membuat MG Motor Indonesia harus kreatif guna gaet konsumen, ini empat unique selling point dari SUV MG HS

Lihat juga

SUV MG HS Siap Meluncur, Tantang Pasar SUV Terpopuler

11/08/2020

Mobil baru

3 menit

MG Motors siap menggebrak pasar SUV terpopuler melalu iline-up terbarunya yakni MG HS guna memenuhi komitmen jangka panjang kepada pecinta otomotif Indonesia

Lihat juga

SUV MG HS 2020 Resmi Mengaspal, Dibanderol Tidak Sampai Rp 430 Juta

13/08/2020

Mobil baru

3 menit

SUV MG HS secara resmi pada hari ini (13/8) diluncurkan oleh MG Motors Indonesia, harganya terbilang mengejutkan karena ternyata tidak sampai Rp 430 juta

Lihat juga

Buktikan Kualitas, MG ZS Dites Jalan Sejauh 30.000 Kilometer Dalam Jangka Waktu Kurang Dari 3 Bulan

13/01/2020

Mobil baru

3 menit

Baru-baru ini terjadi kecelakaan di daerah Cimahi yang konon melibatkan mobil terbaru MG yakni MG ZS. Mobil ini dites jalan sejauh 30.000 km kurang dari 3 bulan

Lihat juga

Kepincut MG ZS? Jangan Asal Isi Bensin!

26/03/2020

Mobil baru

5 menit

MG Motor Indonesia baru saja meluncurkan produk terbaru mereka yakni MG ZS, kalau sudah suka Anda jangan asal isi bensin ya, sebab berbahaya bagi mesin MG ZS

Lihat juga