First Drive Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Off-Roader yang Nyaman

28/01/2021

Mobil baru

5 menit

Kami menjajal langsung Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 di habitat aslinya yakni off-road! Hebatnya Rubicon mampu membuktikan diri sebagai off-roader yang nyaman

Salah satu cara yang tepat untuk mengetes kendaraan berpenggerak 4x4 adalah dengan membawanya off-road. Dan hal itulah yang kami lakukan, karena kami menjajal langsung Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini di habitat aslinya yakni off-road! Hebatnya, Wrangler trim Rubicon ini mampu membuktikan diri sebagai off-roader yang nyaman. Benar-benar di atas ekspektasi kami.

Foto Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Kami menguji langsung di habitat asli mobil ini

Mesin Canggih

Tak perlu berlama-lama, kunci pintar bernama Keyless Entry, Start And Go sudah kami kantungi, jadi untuk masuk mobil tak perlu repot menekan tombol. Masuk ke dalam kabin juga mudah, berkat assist grip di pilar A yang memudahkan pengemudi untuk naik dan turun. Maklum saja, ground clearance mobil ini tercatat 274,32 mm. Hal itu lantaran bentuk alami SUV yang memang tinggi plus penggunaan ban BF Goodrich dengan ukuran 285/70R17.

Foto mesin HURRICANE di Jeep Wrangler

Kinerja mesin ini kian efisien berkat teknologi eTorque

Injak pedal rem sembari tekan tombol untuk menyalakan mesin. Mesin berkode HURRICANE dengan konvigurasi 4-silinder segaris berkubikasi 1,995 cc turbochargernya menderu halus. Kami merasa suara mesin ini sama halusnya dibandingkan mesin V6 Pentastar lawas. Mesin buatan Fiat-Chrysler ini menggunakan twin scroll turbocharger sehingga mampu mereproduksi tenaga 270 HP pada 5.250 rpm dan torsi 400 NM pada putaran mesin 3.000 rpm.

Foto Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Wrangler tipe Rubicon ini tak pernah terasa kekurangan tenaga saat off-road

Sistem eTorque pada mesin ini juga dapat menggabungkan beberapa fungsi penting, seperti auto stop/start, electric power assist, extended fuel shut-off  - guna menghentikan suplai BBM ketika tidak terlalu dibutuhkan -, transmission shift management, intelligent battery charging, dan regenerative braking. Kombinasi fitur ini mengakibatkan efisiensi mesin meningkat, serta performa dan kenyamanan berkendara saat kondisi start/stop menjadi lebih baik.

>>> Double Cabin racikan negeri Paman Sam resmi dipasarkan di Tanah Air, sebagus apa mobil asal Amerika ini?

Fitur Canggih Bikin Jago Off-Road

Karena hendak bermain off-road, kami posisikan tuas transfercase di posisi 4L (4 Low) terlebih dahulu sebelum menggeser tuas transmisi ke posisi D (Drive). Pedal rem di angkat, mobil pun merayap maju. Menu pengetesan non aspal ini didominasi elevasi tanjakan, turunan plus air dan tanah gembur. Tapi Cintamobil.com sama sekali tak mengalami kesulitan melewati rintangan ini, pedal gas hanya perlu diinjak secara smooth saja dan biarkan sistem 4WD pintar mobil ini yang bekerja.

Foto Jeep Wrangler Rubicon JL 2021\

Naik-turun tangga? Siapa takut...

Wrangler Rubicon JL 2021 ini telah menggunakan sistem penggerak empat roda yang dibekali teknologi Rock-Trac® part-time or full-time 4WD. Sistem ini memungkinkan mobil untuk dapat berjalan pelan di medan off-road, hal ini dimaksudkan agar pengemudi lebih mudah mengontrol kendaraan. Sistem Rock-Trac® ini juga secara pintar mampu meningkatkan torsi dari mesin agar mobil menjadi lebih mudah menapaki medan off-road.

Gambar fitur Rock-Trac di Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Fitur Rock-Trac® part-time or full-time 4WD dapat dikontrol dari sini

Fitur Rock-Trac® tadi juga bekerja sama dengan Selec-speed control yang membantu pengemudi dalam bermanuver di medan off road. Berbekal teknologi ini pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal gas dan rem, kami hanya perlu mengontrol mobil saja agar tetap berada di jalurnya. Demikian pula dengan sistem Tru-lok® Differential yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan penguncian secara elektronik pada bagian depan dan belakang untuk meningkatkan torsi yang maksimum. Bahkan, fitur ini juga mampu memaintain terbaik saat fitur 4W digunakan di kondisi tertentu.

Gambar Off-Road Pages di Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Off-road pages memudahkan kontrol terhadap mobil

Tak hanya itu, meskipun dimensi Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini mencapai 4.785 mm, tetapi berkat sudut datang kendaraan bila dilihat dari depan (Approach Angle) yang berada di angka 22,6° plus Departure Angle 44° memudahkan mobil ini keluar-masuk kubangan. Pemantauan pun kian mudah, sebab Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini juga memiliki Off-Road Pages yang tersedia untuk membantu kami mendapat informasi tentang statistik off-road, termasuk artikulasi roda, suhu transmisi, pengaturan ketinggian suspensi, dan mode drive.

Foto konstruksi suspensi depan Jeep

Durabilitas konstruksi suspensi tak perlu diragukan lagi

Sistem 4WD di mobil ini yang sudah sedemikian pintar membuat pengemudi awam sekalipun akan dengan mudah melewati trek off-road. O ya, ketangguhan mobil ini makin hebat dengan penggunaan gardan Dana 44 pada gandar depan dan juga belakang. Sebab material yang digunakan lebih tebal dan kuat bila dibandingkan dengan trim di bawahnya seperti tipe Sahara dan Sport yang masih mengandalkan gardan bermerek sama tapi seri Dana 30 dan 35 untuk masing-masing gandarnya.

Fitur Menyenangkan Lainnya

Gambar speaker dan audio system rancangan Alpine di Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Audio racikan Alpine membuat perjalanan kian menyenangkan

Jeep® Wrangler Rubicon JL 2021 ini juga memanjakan Anda saat off-road, sebab sistem audionya dilengkapi oleh sembilan Alpine speakers termasuk soundbar diatas baris kedua, subwoofer untuk segala musim dan 552-watt amplifier. Selayaknya Jeep Wrangler yang atap serta pintunya bisa dibuka, sistem audio maupun semua perangkat elektronik di mobil ini sudah dijamin waterproof dan mudah dibersihkan saat terkena lumpur.

Hal-hal yang Harus Diperbaiki Pada Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Meski punya desain maskulin dan ganteng yang mampu memikat penyuka off-roader di belahan negara manapun. Pada kenyataannya, tim Cintamobil.com menemukan beberapa hal yang harus diperbaiki untuk kedepannya. Misal, tak tersedia foot rest pada mobil ini, padahal ia pakai transmisi otomatis 8-speed yang tentunya juga nyaman digunakan di dalam kota. Lalu ruang kaki pengemudi dan penumpang depan terasa agak terbatas.

Gambar Interior Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Jeep untuk pengembangan ke depannya

Lalu akan lebih baik jika power steering yang digunakan pakai sistem Electronic Power Steering agar putaran setir lebih ringan dan memudahkan di medan off-road. Meski ada issue mengenai EPS yang tidak sekuat power steering hidrolik, tapi pada kenyataannya Ford Ranger tipe XLT yang pernah kami coba sudah menganut EPS dan tidak bermasalah ketika dibawa off-road.

Kesimpulan

Foto Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 sedang melakukan off-road

Pengalaman selama 80 tahun mampu menghasilkan produk yang lebih nyaman dibawa off-road

Tak ada yang menampik bahwa Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini adalah SUV yang jago off-road. Berbekal pengalaman 80 tahun merek Jeep membuat kendaraan 4x4, menghasilkan sebuah produk yang mumpuni seperti mobil ini. Ia mampu membuktikan diri sebagai off-roader yang nyaman. Apalagi ia dibekali banyak fitur canggih yang menunjang saat off-road. Meski demikian, menurut kami harga jual menjadi satu-satunya pengganjalnya, sebab ia dibanderol lebih dari Rp 1,8 milliar. Dan perlu diperhatikan juga, jaringan servis merek ini di Indonesia belum sekuat merek lainnya asal Eropa bahkan Jepang.

>>> Hendak beli Jeep Wrangler bekas? Lihat pilihan mobilnya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa Harga Jeep Wrangler Rubicon JL 2021
Harga Jeep Wrangler sendiri start mulai Rp 1,5 milliar, sedangkan untuk trim Rubicon berada di angka Rp 1,8 milliar

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 dari jurusan Ekonomi Akuntansi. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Pada tahun 2014 ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly - sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter.

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top