First Drive Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Pekerja Tangguh Dari Negeri Paman Sam

02/02/2021

Mobil baru

5 menit

Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 akhirnya meluncur secara resmi di Indonesia, setangguh apakah pick up truck yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat ini?

Minggu lalu, PT DAS (Dili Auto Service) Indonesia Motor selaku sole distributor merek Jeep di Indonesia meluncurkan Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 ke publik. Mobil ini cukup memiliki sejarah panjang di kancah dunia. Indonesia pun akhirnya kebagian 'jatah' Jeep Gladiator berkode bodi JT dengan trim tertinggi yakni Rubicon. Sedangkan dua trim lainnya yakni Sport dan Overland tidak dimasukkan PT DAS Indonesia Motor ke Tanah Air.

Foto Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Seberapa tangguh Jeep Gladiator Rubicon ini?

“Jeep Gladiator memberikan pengalaman baru dalam berkendara bagi pecinta Jeep di Indonesia. Model double cab yang khas, serta mampu mengakomodir segala kebutuhan petualang, disandingkan dalam satu kepraktisan melalui model ini. Performa yang dibutuhkan untuk menaklukan segala jenis medan dihasilkan dari mesin hi-tech kami yang disalurkan melalui keempat rodanya,” jelas Dhani Yahya, Chief Operating Officer DAS Indonesia saat peluncurannya minggu lalu.

Detail Khas Jeep Dipertahankan

Foto mekanisme pengunci kap mesin di Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Beberapa detail khas Jeep® dipertahankan di Jeep Gladiator Rubicon ini

Sebelum tim Cintamobil.com mulai mencobanya, kami ingin ajak Anda mengetahui lebih dalam mengenai Gladiator. Karena merupakan model Jeep yang punya sejarah panjang, ia memiliki beberapa detail khas mobil merek Jeep. Seperti terdapat tujuh slot grille, pengunci kap mesin di luar, tombol power window di tengah dashboard, pintu yang bisa dilepas pasang demikian juga dengan atapnya dan interior yang didesain water proof.

Mesin V6 Tangguh

Dapur pacu pada Jeep Gladiator sebenarnya masih menggunakan unit yang sama dengan yang digunakan pada Jeep Wrangler berkode bodi JK, yaitu mesin berkode PENTASTAR dengan konvigurasi V6 3.600 cc yang mampu menghasilkan tenaga 289 PS pada putaran mesin 6.450 rpm serta semburan torsi mencapai 353 NM pada putaran mesin 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut lantas disalurkan ke semua roda menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan.

Gambar Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 sedang bermanuver

Dimensi bongsor Jeep Gladiator Rubicon agak menyulitkan saat hendak bermanuver

Saat kami coba, mesin ini terasa halus ketika idle dan mampu menghasilkan deruman yang gahar khas mesin 6-silinder ketika pedal gas diinjak. Deruman ini bikin gairah berkendara melonjak. Pindahkan tuas transmisi ke posisi D (Drive) lalu injak pedal gas, maka mobil akan langsung melaju dengan effortless. Memang, harus diakui, akselerasinya tak sebaik mesin berkode HURRICANE yang tersemat di balik kap mesin Wrangler JL yang juga sudah kami coba.

Gambar First Drive Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Meski torsinya lebih kecil 47 NM tapi respon mesin yang baik memudahkan ia melaju

Sebab mesin HURRICANE dibantu sistem pemampat udara paksa alias turbo yang berkolaborasi dengan sistem eTorque yang mampu mengkail torsi lebih besar di putaran mesin yang lebih rendah. Defisit 47 NM cukup terasa, mesin membutuhkan usaha ekstra untuk memboyong bodi Gladiator JT yang lebih besar dan panjang dibandingkan dengan Wrangler JL. Namun demikian, tenaganya masih kami rasa mumpuni untuk menghela bodinya yang cukup bongsor di jalan raya.

>>> Begini rasanya nyetir Jeep Wrangler Rubicon langsung di medan off-road

Fitur Penunjang Off-Road Lengkap

Kenyamanan berkendara pada kendaraan double cab ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan. Seperti fitur Selec-speed control yang bisa membantu pengemudi dalam bermanuver di medan off road. Berbekal teknologi ini pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal gas dan rem, mereka hanya perlu mengontrol mobil agar tetap berada di jalurnya.

Gambar Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 di trek off-road

Meski kami tak diizinkan mencoba off-road secara lengkap tapi kami yakin deretan fitur off-roadnya akan membantu

Lalu ada lagi fitur Command Trac 4X4 yang merupakan sistem untuk kemampuan off-road di segala cuaca. Dengan dukungan sistem shifton-the-fly part time ini dapat membagi torsi 50:50 antara as roda depan dan belakang agar lebih mudah bergerak di trek off-road. Transfer case pada Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 ini dapat bekerja dengan mulus untuk peralihan dari mode 2WD ke mode 4WD hingga kecepatan 45 mph atau sekitar 72,5 km/jam.

Foto shockbraker FOX Shock di Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Suspensi lansiran FOX yang punya aura balap

Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 ini juga menghadirkan fitur OFF-ROAD+, di mana sistem lanjutan ini mampu menyesuaikan secara otomatis mengenai parameter kinerja untuk medan ketika Anda sedang berkendara baik di medan 4-HI (Pasir / Lumpur) atau 4-LO (Rock Crawling). Apalagi ia juga menggunakan suspensi Fox Shock dengan bodi aluminium berdiamter 2 inch yang sangat kental dengan aura balap off road tapi mampu memberikan kenyamanan saat digunakan di jalan raya.

Foto ban dan velg Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Ban racikan BF Goodrich punya traksi memadai di berbagai kondisi

Pengendalian mobil juga kian baik berkat ditopang dengan penggunaan ban berteknologi tinggi yang sudah sesuai dengan karakter Jeep Gladiator. Empat buah ban BF Goodrich Mud Terrain T/A dengan ukuran 225/75 R17 di masing-masing sisinya yang mampu memberikan performa terbaiknya saat berada di jalan raya atau off road dan tentunya di segala cuaca.

Gambar first drive Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Fitur Rock-Track® di Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 jadi obat sakti mobil ini di trek off-road

Dalam meningkatkan jumlah torsi yang ada saat melakukan off road, Jeep Gladiator juga sudah dibekali dengan Rock-Track 4X4 yang memungkinkan mobil ini dapat berjalan pelan untuk lebih mengontrol dan meningkatkan torsi yang tersedia dari ruang mesin untuk menapaki medan off road. Fitur ini bekerja sama dengan Tru-lok Differential yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan penguncian secara elektronik pada bagian depan dan belakang untuk meningkatkan torsi yang maksimum. Bahkan, fitur ini juga mampu memaintain terbaik saat fitur 4WD digunakan pada kondisi tertentu.

>>> Jeep Gladiator resmi meluncur di Indonesia

Beberapa Kelemahan Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Meskipun hadir dengan fitur off-road yang lengkap dan juga tampilan yang gagah tapi Jeep Gladiator tetaplah buatan manusia yang tidak sempurna. Ada beberapa kelemahan yang bisa diperbaiki kedepannya. Di antaranya adalah mesin V6 PENTASTAR yang sudah jadul, sebaiknya digantikan dengan mesin berkode HURRICANE yang lebih bertenaga karena mengadopsi turbocharger. Atau sekalian saja masukkan varian diesel.

Foto mesin V6 PENTASTAR Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Mesin V6 Pentastar ini memang legendaris, namun kini lebih pas pakai mesin Hurricane turbo seperti di Jeep Wrangler

Lantas, Jeep Indonesia juga ada baiknya memasukkan trim lain dari Gladiator yakni Sport dan Overland agar pilihan konsumen penggemar Jeep di Tanah Air menjadi semakin luas. Terakhir, meskipun Gladiator hadir di sini nyaris tanpa pesaing, ada baiknya jika kabin belakang agak diperluas untuk legroomnya. Sebab, Gladiator hadir dengan spesifikasi wheelbase mencapai 3.487 mm yang seharusnya memberikan kelegaan kabin belakang yang mumpuni.

Kesimpulan

Gambar kesimpulan First drive Jeep Gladiator Rubicon JT 2021

Ia layak Anda miliki jika...

Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 adalah mobil yang ikonik dan mencerminkan karakter pekerja tangguh dari negeri Paman Sam. Didukung dengan fitur off-road yang canggih serta ciri khas Jeep yang tidak luntur membuat Anda makin bangga di jalan. Memang, mesin Pentastar V6-nya sudah dirasa uzur dan tak sesuai lagi dengan perkembangan zaman, namun deruman mesin khas 6-silindernya cukup mampu menghibur Anda saat di jalan. Sayangnya, harga yang ditawarkan mobil ini cukup mahal, untuk harga on-the road Anda harus mengeluarkan uang hingga Rp 2,1 milliar. Tapi setidaknya, mobil ini lebih ready stock bila dibandingkan dengan rivalnya seperti Ford F-150 dan Land Rover Defender D-Cab.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top