First Drive Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021: SUV Powerful Penantang Fortuner Dan CR-V

29/04/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021 ini memiliki fitur dan performa mesin yang memukau serta sanggup menjadi penantang Toyota Fortuner bahkan Honda CR-V

PT Hyundai Motors Indonesia selaku agen pemegang merek Hyundai di Tanah Air, mengajak awak media untuk merasakan langsung performa SUV besar andalan mereka yakni Hyundai Santa Fe. Varian yang kami coba pertama kali adalah Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021. Lantas, apakah dengan menawarkan performa mesin yang buas dan fitur yang diusungnya ia sanggup jadi penantang berat Toyota Fortuner atau melibas kelas di bawahnya yakni Honda CR-V?

Desain Menawan

Foto tampilan depan Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Ubahan eksterior terbesar Hyundai Santa Fe ada di bagian depan

Mencoba mobil baru tentunya tak lengkap jika tak membahas singkat mengenai tampilan eksteriornya. SUV racikan negeri Ginseng ini menggunakan bahasa desain yang mewah dan prestisius. Hal ini terlihat dari penggunaan lampu depan dengan desain T-Shaped yang terintegrasi dengan cascading grille berwarna brushed aluminium yang memancarkan aura unik tanpa meninggalkan kesan elegan.

Foto tampilan samping dan belakang Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Kesan mewah juga terlihat di bagian buritannya

Berlanjut ke bagian samping, velg 18 inchi yang berkesan premium makin memperkuat kesan elegan sekaligus mewah pada SUV yang punya panjang total 4.785 mm ini. Sementara di bagian buritan stoplamp-nya menyiratkan kesan mobil mahal dengan lampu sein yang terpisah diletakkan pada bagian bumper belakang. Secara umum, desain seperti ini seharusnya mudah dicerna konsumen SUV besar di Indonesia.

Kabin Akomodatif

Foto layout dashboard Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Corak CAMEL TWO-TONE hanya ada di trim Signature

Masuk ke bagian kabin, interior berkelir CAMEL TWO-TONE yang hanya ada di trim Signature juga kian menambah aura mewah SUV besar Hyundai ini. Mendapatkan posisi pengemudi yang ideal juga mudah, berkat fitur pengaturan jok elektris yang dapat diatur delapan arah ditambah dengan pengaturan setir yang sudah bisa tilt dan telescopic membuat postur tubuh apapun dapat dengan mudah mendapatkan posisi yang nyaman saat mengemudi.

Foto kursi belakang Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Ruang kaki dan kepala cukup lega

Wheelbase yang tercatat 2.765 mm membawa dampak positif saat kami duduk di kursi baris kedua. Ruang kaki yang lega begitu juga headroom yang lapang membuatnya pas juga dipakai menggunakan jasa pengemudi. Apalagi fitur Pass Seat Walk-in Switch mempermudah penumpang saat hendak memperluas ruang kaki. Ditambah lagi Rear Side Window Curtain menambah privasi penumpang di belakang.

Foto bagasi Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Bukaan pintu bagasi otomatis menambah kepraktisan

Saat hendak membawa barang pun fitur 2nd Row Seat Folding juga mempemudah pelipatan kursi baris kedua. O ya bicara soal memasukkan barang ke bagasi, fitur Smart Power Tailgate yang hanya tersedia di tipe Signature pun mempermudah kami untuk membuka pintu bagasi saat kedua tangan sedang memegang barang. Anda tinggal kantungi saja kunci dan berdiri beberapa detik di depan pintu bagasi, maka secara otomatis pintu akan terbuka.

 

Pembaharuan Mesin Bikin Performa Makin Gahar

Foto kunci Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Kunci hanya perlu dikantungi

Oke, kunci pintar sudah kami kantungi, kini saatnya mencobanya berjalan. Pasang dan kencangkan sabuk pengaman, lalu injak rem sembari menekan tombol START/STOP di bagian belakang kiri kemudi, maka mesin Diesel berkode R2.2 ini akan menderu dengan halus. Kami merasa getaran dan suara mesin diesel ini lebih halus bila dibandingkan dengan yang ada di Hyundai Santa Fe sebelum facelift.

Foto mesin R2.2 Hyundai di Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Mesin mampu menghasilkan output tenaga 202 PS dan torsi 440 NM

Setelah dikulik ternyata memang ada beberapa ubahan yang dilakukan oleh insinyur mesin Hyundai di Korea terhadap mesin ini. Pertama adalah sistem Common Rail Direct Injection (CRDi) mesim ini lebih disempurnakan, rail pressure kini lebih tinggi dari sebelumnya tekanan injektor ada di angka 2.000 bar kini ditingkatkan ke 2.200 bar. Blok mesin bawah juga bahannya berbeda, dari sebelumnya casr iron kini pakai bahan aluminium yang mampu menekan berat 20 kilogram lebih ringan.

Foto knop pengatur mode berkendara dan tombol transisi Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Via knop ini Anda bisa pilih empat pilihan mode berkendara, yakni COMFORT, NORMAL, SPORT, dan SMART

Transmisi yang dipakai pun lebih baik dari sebelumnya, yakni transmisi otomatis kopling ganda 8-percepatan tipe basah. Salah satu keunggulan transmisi DCT (Dual Clucth Transmission) tipe basah adalah agar ada pelumasan dan pendinginan. Meskipun kalau tipe basah oli yang digunakan harus spesial, dan tentunya unit transmisinya menjadi lebih berat karena ketambahan oli. Yang jelas secara umur, dan kemampuannya menerima torsi besar lebih baik pakai yang tipe basah.

Foto panel instrumen Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Panel instrumen sudah full TFT dengan resolusi tinggi membuatnya asyik dilihat

Makin detail, tim Cintamobil.com juga menemukan perbedaan kapasitas mesin meskipun hanya sedikit, jika mesin diesel R2.2 lawas kapasitas bersihnya ada di angka 2,199 cc maka yang baru ini turun sebanyak 48 cc atau tepatnya menjadi 2,151 cc. So, dengan kombinasi pembaharuan mesin ditambah dengan kesigapan transmisi kopling ganda membuatnya semakin menyenangkan untuk dikemudikan.

Foto Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021 di jalan

Mesin dieselnya yang perkasa membuatnya mudah melaju

Karena keterbatasan waktu pengetesan, kami belum sempat mengetes akselerasi 0-100 km/jam sesuai standar seperti yang biasa tim kami lakukan dengan alat bernama Racelogic. Namun diklaim ia mampu menuntaskannya dalam waktu 9 detik. Torsi sebesar 440 NM juga membuat Hyundai Santa Fe ini terasa effortless saat dikendarai. Injak pedal gas sedikit saja speedometer sudah melewati angka 100 km/jam.

Foto tim Cintamobil.com di balik kemudi Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Pengendaliannya juga baik dan feedback setir cukup terasa

Bantingan suspensinya pun terasa dewasa, artinya set suspensinya tetap mempu memberi rasa mantap tanpa terasa memantul atau bahkan keras. Kestabilannya juga terbilang baik, menikung di atas kecepatan 150 km/jam di tikungan parabolik jalan tol mobil Hyundai Santa Fe bermesin diesel ini terasa menempel di permukaan jalan. Lantas bagaimana dengan konsumsi BBM-nya? Kami yakin akan irit saat nantinya dilakukan pengetesan total, sebab untuk berjalan 100 km/jam putaran mesin hanya butuh 1.600 rpm saja.

>>> First Drive Hyundai Palisade Signature 2021: Lawan Tangguh SUV Mewah Dari Korea

Kekurangan Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Foto Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021 berjalan di jalan tol

Untuk banderolnya yang mencapai Rp 729.000.000 fiturnya kurang lengkap

Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021 ini juga tak luput dari kekurangan. Beberapa hal yang kami rasakan antara lain misalnya fitur safetynya. Meski sudah dilengkapi dengan serangkain fitur canggih seperti Forward Collision-Aviodance Assist, Blind-Spot Collision-Aviodance Assist, Blind-Spot View Monitor, Lane Keep Assist, Safe Safety Assist, Driver Attention Warning, High Beam Assist, dan tiga tambahan fitur safety untuk parkir tapi untuk harganya ia masih kurang lengkap.

Foto tombol Cruise Control Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021

Jika sudah ada fitur Adaptive Cruise Control dan Low Speed Follow pasti makin baik dan value for money

Tidak adanya fitur Adaptive Cruise Control dan Low Speed Follow membuat fitur-fitur tadi terasa kurang lengkap. Dengan adanya fitur Adaptive Cruise Control pengemudi bisa lebih rileks saat berjalan di jalan tol karena mobil bisa menyesuaikan diri dengan kecepatan di tol. Demikian juga dengan fitur Low Speed Follow yang bisa membuat mobil memperlambat dan mempercepat kecepatan secara otomatis. Jika dua fitur ini ditambahkan di Hyundai Santa Fe, maka sempurna-lah mobil ini.

Kesimpulan

Foto Hyundai Santa Fe Diesel 2021

Mesin dieselnya yang modern membuat Anda haram mengisinya dengan solar 'busuk'

Meskipun Hyundai Santa Fe terbaru ini hanya sebatas facelift saja, tetapi jika melihat ubahannya yang banyak dan hampir menyeluruh membuatnya tak sekadar melakukan penyegaran saja. Bila Anda mencari SUV bersasis monokok besar maka kami tak ragu untuk merekomendasikan Anda untuk meminang Hyundai Santa Fe 22D Signature AT 2021 ini. Apalagi ia juga mendapat layanan purna jual Warranty 3 tahun atau 100.000 kilometer dan saat perawatan Anda bisa menikmati gratis jasa selama 5 tahun atau 75.000 kilometer (mana yang tercapai lebih dahulu). Pesona mesin diesel bertenaga, dan kabin nyaman membuatnya susah untuk berpaling.

>>> Hyundai New Santa Fe 2021 Resmi Meluncur, Harganya Mulai Rp 569 Juta

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top