First Drive Hyundai Palisade Signature 2021: Lawan Tangguh SUV Mewah Dari Korea

01/02/2021

Mobil baru

5 menit

First Drive Hyundai Palisade Signature 2021: Lawan Tangguh SUV Mewah Dari Korea
Setelah puas membahas mengenai review mengenai mobil ini, kini saatnya tim tester Cintamobil.com lompat ke balik kemudi Hyundai Palisade Signature 2021

Mazda CX-9 dan Mazda CX-8 kini memiliki pesaing baru yang tak kalah tangguh dari Korea Selatan. Sebab, tahun lalu PT Hyundai Motors Indonesia selaku agen pemegang merek Hyundai di Tanah Air meluncurkan Hyundai Palisade yang dipercaya akan memalingkan perhatian konsumen di kelas ini. Akankah Hyundai Palisade Signature 2021 menjadi lawan yang kuat? Untuk membuktikannya tim Cintamobil.com langsung lompat ke kursi pengemudi pada SUV besar ini.

Foto tampak depan Hyundai Palisade Signature 2021

Benarkah Palisade mampu 'menggetarkan' para rivalnya?

Kenyamanan Kursi Penumpang Maksimal

Tak seperti biasanya, kami lebih dahulu mencoba Hyundai Palisade tipe Signature lansiran 2021 ini di kabin bagian belakang. Sebab, ia memiliki kursi jenis captain seat yang kami yakini akan cukup sering diduduki oleh pemilik mobil ini. Dan seperti yang kami duga, dimensi panjang total yang nyaris mencapai 5 meter plus wheelbase 2.900 mm membuat ruang kaki, lengan, serta kepala di mobil ini begitu berlimpah.

Foto duduk di kursi baris kedua Hyundai Palisade Signature AT 2021

Duduk di kursi penumpang tak kalah menyenangkan

Meskipun di trim Signature ini sudah mendapatkan fitur double sunroof, tetapi fitur tersebut seolah tak mengurangi ruang kepala di mobil ini. Tester kami yang punya postur tinggi badan 173 cm tak merasa kesempitan. Malahan, fitur ini membuat aura lega pada kabin Hyundai Palisade ini kian terpancar. Untuk berpindah ke kursi baris ketiga juga kami tak mengalami kesulitan sedikitpun, sebab hanya tinggal menekan tombol saja kursi baris kedua ini langsung tergeser ke depan.

Foto AC Climate Control Hyundai Palisde Signature 2021

Pemanas kursi dan suhu kabin dapat diatur secara individual untuk penumpang belakang

Privasi penumpang belakang pun makin terasa maksimal, karena masing-masing kaca di pintu belakang ini sudah terdapat tirai yang bisa dioperasikan secara manual. Demikian pula dengan fitur pengaturan AC Climate Control yang juga sudah tersedia untuk penumpang belakang berikut dengan heated/cool seat-nya. Duduk di kursi captain seat mobil ini terasa sangat mewah dan nyaman untuk perjalanan jauh, karena busa joknya juga empuk.

>>> Dipakai Selebgram Karin 'Awkarin' Novilda jadi mobil harian, begini rasanya nyetir Jeep di medan off-road

Tenaga Besar Namun Dewasa

Lanjut ke kursi pengemudi. Pengaturan kursi untuk disesuaikan dengan postur badan kami pun kian mudah, berkat pengaturan kursi elektrik ke delapan arah plus memory seat sebanyak dua buah yang bikin pengaturan posisi duduk ergonomis tak perlu dilakukan dengan susah payah. Setirnya juga memiliki diameter yang pas dan ketebalan yang cukup serta dapat diatur secara tilt and telescopic.

Foto kursi pengemudi dan penumpang depan Hyundai Palisade Signature 2021

Kursinya nyaman dan sudah elektrik untuk pengemudi

Injak pedal rem sembari menekan tombol START/STOP Engine di baik kemudi sebelah kiri. Anda akan langsung merasakan bahwa peredaman kabin di mobil ini terasa baik. Saat putaran mesin stasioner, baik vibrasi maupun suara mesin dieselnya hanya minim sekali terdengar dan terasa. Hal ini dimungkinkan berkat engine mounting canggih serta peredaman di firewall dan pintu yang tebal.

Foto engine mounting Hyundai Palisade Signature 2021

Hyundai Palisade Signature ini pakai engine mounting canggih

Hyundai Palisade menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc dengan konvigurasi 4-silinder 16 katup. Mesin berkode R2.2 CRDi ini pakai turbocharger jenis variable geometry turbo yang sudah dikontrol secara elektris sehingga mampu menyesuaikan tekanan boost sesuai yang dibutuhkan oleh mesin. Injak pedal gasnya sedikit saja, torsi sebesar 440 NM dengan mudah melajukan mobil ini.

Foto tim Cintamobil.com test drive Hyundai Palisade Signature 2021

Torsi 440 NM-nya membuat ia mudah melaju dan menyesuaikan diri dengan kondisi lalu lintas

Tak heran, karena torsi sebesar tadi sudah mulai terasa sejak putaran mesin 1.750 rpm dan dapat terus terasa hingga 2.750 rpm. Memang akselerasinya tak seberingas Hyundai Santa Fe yang menggunakan mesin serupa. Tetapi, kami merasakan penyaluran tenaganya lebih halus dan dewasa bila dibandingkan dengan Santa Fe yang punya rival langsung Honda CR-V Turbo dan Nissan X-Trail itu.

Foto ban dan velg Hyundai Palisade Signature 2021

Ban Bridgestone ini mampu memberi traksi dan grip yang baik

Justru penyaluran tenaga yang lebih sopan ini menurut kami lebih pas dengan karakter Hyundai Palisade Signature 2021 ini. Sebab, mayoritas pembeli mobil ini tak hanya mengemudi sendiri, tetapi juga mengandalkan jasa sopir. Sehingga, dengan karakter tenaga yang tidak meledak-ledak membuat mobil ini terasa lebih nyaman saat ditumpangi. Ia pun tak pernah terasa kehabisan tenaga, di jalan menanjak nan berliku dengan elevasi menanjak mudah saja dilibas olehnya.

Foto mesin R2.2 Hyundai

Mesin R2.2 ini haram meminum solar 'busuk'

Konsumsi BBM di mobil ini juga cukup hemat, dengan gaya mengemudi bervariasi angka 14 kilometer per liter mudah saja dicapainya. Tapi, perlu diingat angka tersebut belum sesuai standar pengetesan Cintamobil.com, karena total jarak yang kami tempuh saat sesi first drive Hyundai Palisade Signature 2021 ini hanya berkisar 90 kilometer saja, untuk standar pengetesan kami minimal jaraknya adalah 300 hingga 500 kilometer.

Foto emblem 22D Hyundai Palisade Signature 2021

Melaju hingga di atas kecepatan 170 km/jam terasa mantab

Mesin ini juga istimewa karena sudah mengusung Common Rail Direct Injection (CRDi) yang injektornya mampu memberi pengabutan yang lebih baik sehingga pembakaran jadi lebih optimal. Tapi, 64 liter kapasitas tangkinya haram diisi BBM solar yang tidak berkualitas, sebab kandungan sulfur yang tinggi bisa menyumbat injektornya di kemudian hari. Secara umum mobil ini nikmat untuk dikendarai, bahkan saat kami melaju hingga kecepatan di atas 170 km/jam suspensi mobil ini juga mampu memberikan rasa percaya diri dan tetap terasa stabil.

Handling Cukup Lincah

Satu hal yang membuat kami takjub adalah pengendalian mobil ini yang terasa baik. Dimensi besar dan perawakannya yang tinggi seakan bukan menjadi penghalang kelincahan mobil ini. Kami sudah membuktikan sendiri, saat melaju di kecepatan 60 km/jam tiba-tiba ada lubang jalanan, kami membelokkan mobil ini secara mendadak. Mobil pun langsung berpindah lajur dengan cukup sigap tanpa membuat panik penumpang di belakang.

Gambar test drive Hyundai Palisade Signature 2021

Pengendaliannya terasa menyenangkan dengan feedback setir baik

Kontrol traksi dan kontrol kestabilan di mobil ini yang tidak langsung 'bermain' dan mengurangi tenaga mesin, menjadi bukti bahwa mobil ini masih undercontrol. Pasti ceritanya akan berbeda apabila SUV ini menggunakan sasis tangga bukan sasis monokok. O ya, putaran setirnya juga ringan berkat penerapan teknologi Motor Driven Power Steering (MDPS) yang bersumber energi dari listrik mobil bukan lagi digerakkan secara hidrolik.

Beberapa Kekurangan Hyundai Palisade Signature 2021

Tentunya tak ada gading yang tidak retak, tak terkecuali dengan Hyundai Palisade Signature 2021 ini. Kenyamanan mobil ini akan makin baik jika sistem cruise control di Palisade dilengkapi dengan fitur adaptif yang dapat mengatur seberapa dekat jarak dengan kendaraan di depan. Lalu panel instrumen akan lebih asyik dilihat jika sudah menganut full digital seperti yang ada di Hyundai KONA EV dan Hyundai IONIQ.

Foto panel instrumen Hyundai Palisade Signature 2021

Akan lebih baik jika panel instrumen ini sudah full digital

Lantas, ada baiknya jika paddle shift yang terdapat di balik kemudi 'diatur' agar lebih sigap dalam memindahkan posisi gigi, sebab jika putaran mesin lebih dari 2.500 rpm, gigi tidak akan mau berpindah ke posisi yang lebih rendah kendati paddle shift sudah ditarik untuk melakukan downshift. Ini akan menyebabkan pengemudi banyak memainkan pedal rem terutama saat melalui jalan turunan yang agak panjang dan curam. Karena menggunakan engine brake akan lebih baik jika diturunan

Kesimpulan

Foto tampak belakang Hyundai Palisade Signature 2021

Lawan tangguh asal negeri ginseng ini patut diwaspadai kompetitornya

Hyundai Palisade Signature 2021 mampu menjadi lawan tangguh di kelas SUV besar saat ini. Kombinasi antara fitur yang cukup lengkap, kabin mewah dan lega, serta performa dari mesin dieselnya cukup bisa menggoda pemain-pemain lainnya di kelas ini. Kendati akselerasinya tak sehebat Mazda CX-9 yang punya tenaga dan torsi lebih besar, tetapi keseimbangan antara performa dan kenyamanan di mobil ini cukup sukar dicari tandingannya.

>>> Simak juga review lengkap Hyundai Palisade Signature di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa Harga Hyundai Palisade?
Hyundai Palisade dijual dengan rentang harga Rp 777 juta hingga yang termahal trim Signature berpenggerak empat roda (AWD) dengan harga Rp 1.078 milliar
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top