First Drive: Hyundai Ioniq Electric, Mobil Listrik Paling Terjangkau di Indonesia

27/01/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
First Drive: Hyundai Ioniq Electric, Mobil Listrik Paling Terjangkau di Indonesia
Hyundai Mobil Indonesia tak main-main menawarkan mobil listrik pertamanya di Indonesia, Hyundai Ioniq Electric. Impresi pengendaraannya cukup menyenangkan, dipuncaki banderol harga yang mengejutkan.

Tak ada keramaian saat PT Hyundai Mobil Indonesia memperkenalkan model unggulannya di segmen mobil listrik, Hyundai Ioniq Electric. Bahkan kami hanya berencana untuk meliput penyegaran salah satu SUV unggulan Hyundai, ketika kemudian kesempatan untuk melihat, bahkan mencobanya langsung itu datang. Sosok Ioniq sebagai sebuah hatchback listrik langsung mengingatkan saya pada dua buah mobil hybrid yang pernah saya coba sebelumnya, Toyota Prius dan Chevrolet Voltz.

Hyundai Ioniq Electric, mobil listrik paling murah di Indonesia

Hyundai Ioniq Electric memberikan respon akselerasi yang spontan khas mobil listrik umumnya

>>> Mobil Listrik Termurah Di Indonesia, Pemesanan Hyundai Ioniq Dibuka

Salah satu alasan bentuk hatchback ini dipilih sebagai mobil dengan jantung penggerak energi terbarukan jelas nilai aerodinamikanya yang optimal, sehingga setidaknya mampu mereduksi hambatan udara. Ioniq juga mengaplikasikan bentuk ini dengan sangat jelas, membuat tubuhnya seakan berdimensi panjang karena atapnya yang melandai dan menjadi satu dengan bukaan bagasi belakang.

Ciri khas unik dari Hyundai Ioniq Electric ini hadir dari fascia depan, dengan grille yang tertutup sepenuhnya oleh plastik, yang disebut turut memberikan nilai aerodinamika lebih baik. Lampu depan LED tampil futuristik, dan velg yang digunakan memiliki bentuk unik layaknya baling-baling yang disebut aero spoke. Lalu bagaimana impresi berkendaranya?

Masuk ke dalam kabin, nyaris tak ada kesan yang kental bahwa mobil ini adalah mobil listrik. Tampilan dashboardnya memang modern, dengan bagian tengah dashboard yang didominasi layar sentuh berukuran 7 inci yang menjadi pusat informasi dan hiburan. Pada bagian konsol tengahnya juga terdapat panel pengaturan penyejuk kabin (AC) dengan layar sentuh yang mudah dioperasikan. 

Interior Hyundai Ioniq Electric didominasi warna hitam berkesan mewah

Tampilan dashboard Hyundai Ioniq Electric berkesan modern dengan layar 7 inci di bagian tengah sebagai pusat informasi dan hiburan

>>> Review Hyundai Ioniq EV 2020: e-Taksi Ramah Lingkungan

Kesan paling futuristik hadir di bagian transmisi yang tak lagi menggunakan tuas, namun diganti tombol-tombol P-N-R-D untuk mengoperasikan mobil. Injak pedal rem dan tekan tombol start-stop, tak ada suara apapun yang menandakan mobil ini siap dikendarai, kecuali Anda memperhatikan bahwa di layar panel instrument terdapat tulisan “Ready to Drive” atau diwakili logo mobil kecil berwarna hijau dengan panah di bawahnya.

Impresi Berkendara

Begitu pedal gas diinjak, Ioniq bergerak senyap dan responsif. Saat dicoba berakselerasi, motor listriknya memberikan respon yang spontan untuk berakselerasi. Torsi setara 295 Nm yang disuguhkan memang istimewa, namun sayang kami hanya memiliki ruang dan waktu terbatas untuk mencobanya. Pada impresi awal ini, nyaris tak ada perbedaan signifikan yang dapat dirasakan dari perubahan mode berkendara Eco, Normal  maupun Sport. 

Mode Sport memberi akselerasi paling responsif bagi Hyundai Ioniq Electric

Mode Sport memberi akselerasi paling responsif bagi Hyundai Ioniq Electric 

O’ya layaknya mobil listrik atau hybrid umumnya, rem regeneratif memberikan respon deselerasi yang cukup agresif bagi Ioniq. Saat Anda mengangkat kaki dari pedal gas, mobil ini juga seakan memberikan ‘engine brake’. Bahkan Anda bisa melakukan deselerasi hanya dengan menggerakan tuas paddle shift yang di sebelah kiri. Sayangnya rasa berkendara sebenarnya belum dapat dirasakan jika mobil ini tak kami kendarai lebih jauh.

Secara umum di dalam kabinnya memiliki kesan modern, terutama dengan adanya ambience light berwarna biru yang memberikan kesan lebih ramah lingkungan. Interior dibalut material kulit berwarna gelap, memberikan kesan mewah. Dashboardnya memiliki material dengan sentuhan yang lembut, namun pada beberapa tombol di konsol ada beberapa bagian yang memberikan kesan plastik murah. Ruang kaki dan depan bisa diatur selapang mungkin, namun di belakang akan menjadi dikorbankan. Dalam kondisi normal, penumpang dewasa dapat duduk nyaman di belakang, namun ruang kakinya cukup terbatas. Di bagian belakang, ruang  bagasi cukup luas, mampu mencapai 350 liter. Nah, salah satu kekurangan yang juga dapat langsung dirasakan adalah visibiliitas ke belakang melalui kaca spion tengah, karena kaca belakang yang kecil dan juga terhalang oleh spoiler di bagasi.

Tampilan belakang Hyundai Ioniq Electric

Hyundai Ioniq Electric memiliki model liftback yang memberikan ruang bagasi lapang di baliknya

>>> Mobil SUV Korea Rasa Amerika, Inilah 3 Kelebihan Hyundai Santa Fe 2019

Memutuskan Membeli

Jadi apakah Hyundai Ioniq Electric ini pantas untuk segera dipinang? Jika yang Anda butuhkan adalah kendaraan komuter untuk dipakai harian di Jakarta, dengan kemampuan menempuh 373 km dari kondisi baterai terisi penuh, mobil ini dapat dengan aman digunakan sehari-hari sebelum kemudian pulang kembali ke rumah dan mengisi ulang baterainya. Soal keleluasaan kabin tak perlu menjadi pertimbangan berarti mengingat Anda hanya gunakan untuk keperluan harian, sehingga keleluasaan kabin jelas lebih dari cukup.

Soal harga jualnya, banderol sebesar Rp 569 juta (off the road) jelas menjadikan Hyundai Ioniq ini sebagai mobil listrik dengan harga paling murah di Indonesia. Pada kisaran harga yang sama, Anda masih bisa mendapatkan sebuah sedan ramah lingkungan lainnya yaitu Toyota Corolla Hybrid yang berbanderol sama, Rp 569 juta (on the road, DKI Jakarta). Yang membedakan, berkat adanya Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 3 Tahun 2020, konsumen mobil listrik akan mendapatkan pembebasan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Selain itu, pengguna mobil listrik juga mendapatkan keistimewaan untuk dapat melewati jalan raya yang memiliki aturan Ganjil-Genap di wilayah DKI Jakarta.

Motor listrik Hyundai Ioniq diletakkan di bagian depan

Mobil listrik berhak mencapatkan pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di wilayah DKI Jakarta

Untuk pemakaian sehari-hari, Ioniq bisa menjadi opsi yang menarik, terutama di wilayah DKI Jakarta dengan dukungan aturan pemerintah yang mendukungnya. Lokasi pengisian listrik juga sudah tersedia di beberapa fasilitas umum, dan karena minimnya jantung mekanis, artinya pemeliharaan mobil ini pun seharusnya lebih mudah. Hyundai Ioniq bisa jadi merupakan gerbang terdepan memasuki era mobil listrik massal di Indonesia.

>>> Dapatkan mobil baru dan bekas Hyundai terbaik hanya di sini


 

Share this post:
Penulis
Sarjana Teknik Sipil ini menjadi jurnalis otomotif sejak 2003. Ia sudah pernah melesat di atas single seater di sirkuit hingga off-road di padang salju bersuhu -15 derajat. Saat ini Ia bertugas sebagai Managing Editor Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Komparasi Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020: Basis Sama, Wajah Beda, Fitur Makin ...

24/01/2020

Mobil baru

3 menit

Hyundai Tucson mengalami facelift signifikan di awal tahun 2020. Apa saja perbedaan antara Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020 dengan Hyundai Tucson XG CRDi 2017?

Lihat juga

Mobil Listrik Termurah Di Indonesia, Pemesanan Hyundai Ioniq Dibuka

23/01/2020

Mobil baru

2 menit

Hyundai Ioniq resmi diperkenalkan di Indonesia dan sudah bisa dipesan. Mobil listrik penuh termurah di Indonesia dengan tampilan futuristik dan fitur berlimpah.

Lihat juga

Review Hyundai Ioniq EV 2020: e-Taksi Ramah Lingkungan

29/12/2019

Editor rate:

Hyundai Ioniq EV 2020 menjadi model ramah lingkungan unggulan milik Hyundai yang akan bekerjasama dengan Grab yang bisa Anda coba mulai awal tahun depan.

Lihat juga

Review Hyundai Tucson GLS 2012: Alternatif SUV Kompak Dengan Harga Terjangkau

12/12/2019

Editor rate:

Kehadiran Hyundai Tucson mampu memberikan warna baru di segmen SUV kompak Indonesia. Simaklah review Hyundai Tucson GLS 2012 yang kami hadirkan berikut ini.

Lihat juga

Daftar Harga Hyundai Kona & Promo terbaru Oktober 2020

01/10/2020

Hyundai

Peluncuran di Indonesia International Auto Show 2019 melengkapi jajaran SUV Hyundai di Indonesia. Harga Hyundai Kona cukup menarik di jajaran SUV Tanah Air.

Lihat juga